Selasa, 30 November 2010

[Album] Endah N Rhesa - Look What We've Found



Endah N Rhesa – Look What We’ve Found
(2010 – demajors)

Tracklist:
1. Monkey Song
2. Remember Me
3. Midnight Sun
4. Kou Kou The Fisherman
5. Wish You Were Here
6. Mirror Spell
7. It’s Gone
8. The King
9. Waiting
10. Tuimbe (Let’s Sing)


Satu tahunan semenjak album perdana, Nowhere To Go, duo akustik Endah N Rhesa—yang kini sudah resmi jadi suami-istri *congrats*—tak terlalu berlama-lama untuk menelurkan album kedua mereka, bertajuk Look What We’ve Found. *hehe udah mirip resensi musik standar gak nih =P*. Endah N Rhesa itu bagi gw little geniuses: 2 orang, 2 instrumen utama, produksi album sendiri saja di studio/kamar rumah sendiri, tapi dengan modal yang terlihat kecil itu—plus cinta *ciailah*—menghasilkan karya yang berkualitas wahid, dan gw yakin banyak yang setuju dengan pernyataan itu. Album perdana mereka—yang sepertinya jadi sleeper hit karena konon naik cetak beberapa kali—sudah menunjukkan kualitas musik mereka yang di atas rata2 tanpa harus membuat jarak dengan pendengarnya terutama yang awam. Di album kedua ini, deskripsinya agak terbalik: begitu ramah pada pendengar terutama yang awam tanpa menelantarkan kualitas (kok agak sama aja yah, hehe).

Menarik sekali bahwa mendengarkan Look What We’ve Found hampir nggak ada yang serupa dengan Nowhere To Go. Sama2 pop akustik sih, dan sama2 “bercerita” dalam bahasa Inggris-tak-memalukan, tapi jika Nowhere To Go banyak terpengaruh pada blues (baca: sedikit agak berat), maka Look What We’ve Found seperti bernuansa soundtrack The Lion King =), agak2 ber-Afrika sedikit. Banyak lagu2 yang lucu bikin semangat dan kepala goyang2, ada juga pelan nan indah dan megah, tapi ingat tetap konteksnya mereka cuman pake gitar akustik dan bass plus vokal Endah. Overall sih buat gw Look What We’ve Found lebih ringan, lebih asik, tapi tetap bergizi.

“Tuimbe (Let’s Sing)” yang jadi lagu promo di radio2 hanyalah salah satu lagu dari album ini yang fun and catchy. Contoh lainya adalah di “Monkey Song”, “Midnight Sun” juga “Kou Kou The Fisherman” yang memaksa kepala bergeleng dan mengundang tangan untuk bertepuk mengikuti irama. “Remember Me” dan “Waiting” pun hampir bernuansa seperti itu, cuman lebih simpel dan kalem senada dengan liriknya yang bukan bertema gembira namun optimis (kalo ini bikin pengen jentik jari). Ada pula lagu yang agak mistis di “Mirror Spell”, serta yang ketahuan banget bernuansa The Lion King, berjudul “The King” yang melodi dan aransemen vokalnya menghangatkan jiwa ^_^. Lagu slow nggak terlalu banyak tapi tak kalah bertaji. Lagu yang agak sedih “It’s Gone” dibuat dengan aransemen yang mantap dan terdengar penuh. Sedangkan track yang jadi favorit gw adalah “Wish You Were Here” yang sangat kompak dari melodi indah, permainan instrumen yang skillful dan vokal Endah yang manis namun menggugah. O dear, gw barusan bahas semua track album ini ya? =D.

Itu tandanya, ini album memang juara. Nggak ada lagu jelek, lagu2nya diurutkan dengan tepat sehingga meminggirkan rasa bosan, bahkan pengen diulang-ulang terus, serta cocok didengar kapan saja. Kekompakan, talenta dan aura positif Endah N Rhesa masih terpancar dengan kuat lewat album yang CD-nya masih seharga Rp 25.000 ini (boleh jadi Endah N Rhesa adalah musisi Indonesia paling consumer-friendly =)). “Harga” boleh cuman 25rb, tapi “nilai” nya terbukti lebih dari itu. But anyway, gw sih nggak berani bilang Look What We’ve Found lebih bagus daripada album perdana mereka, cuman yang pasti dua2nya sama2 bagus dengan caranya masing2, toh seperti gw bilang tadi, nuansanya agak berbeda. Hey look what I’ve found: sebuah album yang sangat layak dimiliki+dinikmati.



My score: 8/10
Endah N Rhesa
Previews, courtesy of YouTube

Waiting




Tuimbe (Let's Sing) - Live



Remember Me

5 komentar:

  1. saya sangat dengan ulasan anda ini ^.^
    terima kasih. Semoga dapat berkarya lebih baik lagi,

    salam

    BalasHapus
  2. @Cormeus: aw jadi malu saya *blush*
    semoga nggak cuma ulasannya, tapi albumnya juga suka ya =).
    Terima kasih sudah mampir

    BalasHapus
  3. thank you for lovely appreciation :')

    BalasHapus
  4. @endah: *malu* terima kasih.
    Kami tunggu karya selanjutnya dari endahNrhesa =))

    BalasHapus