Minggu, 27 Januari 2019

This Blog Is 10 Years Old

Alkisah tahun 2009, lima bulan sejak lulus kuliah dan sama sekali nggak ngapa-ngapain, gw memberanikan diri meneruskan hobi mengulas film (dan musik) dengan membuat blog sendiri. Ini masih dalam masa-masa tren sebagian warga internet menuangkan tulisan yang diterbitkan sendiri dalam bentuk blog. Kenapa gw sebut memberanikan diri, ya karena awalnya tulisan-tulisan yang gw buat itu hanya konsumsi pribadi, palingan gw posting di Friendster dan Facebook, meski dibuatnya sambil bermimipi juga akan dimuat di majalah-majalah. Lalu dibuatlah Ajirenji Mindstream Reviews yang begitu sederhana, dengan postingan perdana pada 26 Januari 2009. Untuk pertama kalinya, tulisan-tulisan gw terkekspos ke "dunia luar".

Sepuluh tahun kemudian, Januari 2019, blog ini masih ada. Total postingan sudah (atau baru hanya) 882, dilihat sebanyak total 1,9 juta kali. Blog ini masih sederhana, masih nggak ada canggih-canggihnya. Namun, banyak juga yang berubah. 

Dinamika kehidupan si penulis di dunia nyata terbukti berpengaruh pada cara blog ini dikelola. Dalam satu periode kadang bisa posting banyak banget, kadang malah nggak sama sekali. Tulisannya ada yang dipikirin baik-baik dan disusun cakep-cakep, tapi nggak sedikit juga yang sembarang dan bikin malu. Berbagai upaya untuk terus menulis secara berkala sudah dicoba. Dari yang mewajibkan diri untuk semua film yang ditonton dan album yang didengarkan harus diulas, kemudian ulas film yang ditonton di bioskop saja dan stop mengulas album musik, lalu ke pilih-pilih ulas film yang di atas rata-rata saja, hingga yang terkini hanya memberikan komentar singkat beberapa film sekaligus. Alasannya standar, makin sibuk, makin sempit waktu, makin lelah.

Meski demikian, di sisi lain, blog ini juga mengubah kehidupan nyata gw, dan gw nggak akan melupakan itu. Lewat blog ini gw bisa bertemu banyak sekali orang dengan minat serupa, yang pada perkembangannya benar-benar bisa berteman di dunia nyata sampai sekarang. Sebagai pribadi yang tidak hobi berinteraksi sosial, ini sesuatu yang gw akan selalu anggap berharga. Yang nggak kalah penting, karena blog ini gw dihantar untuk menjadikan menulis sebagai bagian dari profesi, dan cakupan bidangnya pun persis sama dengan yang selama ini gw bahas di blog. Ini adalah masa gw menjadi jurnalis untuk Muvila.com--yang beberapa tulisan gw di sana juga gw posting di sini. Saat itu gw harus belajar menulis lebih "bener", dan mengenal lebih dalam dunia yang selama ini gw cuma lihat luarnya saja, ya asyiknya, ya boroknya. Ajaibnya, pengenalan tersebut nggak membuat gw hilang rasa pada bidang ini. Saat ini pun gw masih berada di bidang film, walau lebih di sisi bisnisnya, yang ternyata nggak kalah drama ;).

Menulis di blog ini tetap jadi satu kebanggaan gw, yang isinya bisa gw klaim sebagai "hasil karya" dari tangan dan pikiran gw. Apalagi sekarang sudah mencapai 10 tahun, yang artinya inilah hal terlama yang gw "kerjakan" dalam hidup gw. Kadang kala gw berandai, bisa kali ya gw menjadikan blog ini lebih terlihat profesional, mungkin bikin domain sendiri, dimonetisasi, atau bikin versi video? (sementara nggak sampai berandai bikin ini jadi situs portal atau aplikasi gaya majalah, pengalaman membuktikan yang satu ini masih sangat rentan, hehe). Itu masih banget jadi harapan gw, namun gw pikir saat ini masih harus jalan selangkah demi selangkah, supaya nggak terlalu beban. Lagi-lagi karena tuntutan kehidupan dunia nyata, konsentrasi dan energi gw belum bisa terpusat ke blog ini semata. Sekarang cita-cita gw adalah konsisten aja dulu bikin konten di sini. Mohon doanya ya.

Di momen ini, gw mau ucapkan terima kasih pada semua teman-teman dan para pengunjung blog Ajirenji atas dukungannya. Terima kasih sudah mau membaca tulisan-tulisan gw yang isinya sangat subjektif dan belum tentu bermanfaat ini, mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan. Terima kasih untuk komentar-komentarnya yang membuat blog ini lebih hidup dan semangat gw untuk blog ini tetap ada. Terima kasih atas sepuluh tahun ini.

Mari gerak ke tahun-tahun selanjutnya.



4 komentar:

  1. Salam kenal, sebenarnya saya pengunjung blog ini sdh sangat lama 5 thn lebih tepatnya lupa cuma waktu itu masih kerja di kelapa gading jakut dan suka nonton di mkg sama lapiz, nah kalo sebelum nonton saya baca2 dulu refrensi film apa yg layak tonton, dan yg saya suka dari blog ini bocornya halus . Boleh di kata kalo ganti hp di browser pasti bookmark ajirenji, sukses selalu , tra berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, terima kasih banget atas kunjungan dan dukungannya selama ini *terharu*.
      Semoga dengan format yang sekarang ini tetap bisa diterima ya.

      Hapus
  2. Sebetulny pengen bgt blog ini update film bagus bru rilis baik itu box office atau kelas festival, tpi krn keadaan pasti gk mkin ksi scor semua film yg rilis ya hehhehe..krena analisis penilaianny sbgai acuan sy layak atau tdk nonton film2 tsb, krn jujur klo nonton film jelek ya kecewa buang2 wkt, kesel sm sutradarany knp sampai bkin film jelek kok brani2ny bkin karya ya asal2an, mkin gk niat asal tpi ketajaman rasa dan ilmu sang sutradarany yg kurang ya,  blog ini sy anggap sbgai barometer film bermutu krn analisisny cukup tajam dr berbagai sudut pandang kdang anti mainstream, bbrp film sy anggap bgus ,tpi di imdb dan bbrp blog film nilainy jelek tpi di blog ini memiliki pemikiran yg sama dgn saya, seneng ada frekuensi yg sama makanya sudah kurleb 5thn sy selalu jadikan blog ini sebagai acuan referensi memilih film2 bagus layak atau wajib tonton, inilah apresiasi saya mohon maaf bahasany berantakan heheh trimakasih ajirenji

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sekali atas apresiasinya dan support-nya selama ini yaa. sekalian mohon maaf atas perubahan pola postingan blog ini, tapi mudah-mudahan tetap bisa bermanfaat ya *tangan terkatup*

      Hapus