My J-Pop 48

Bener-bener ternyata sudah mau habis tahun 2016 dan gw baru sadar belum nge-post My J-Pop satu pun. Entah apa yang menyibukkan gw sementara setengah tahun terakhir gw nggak kerja tetap *eh curhat*, dan sesungguhnya lagu-lagunya yang gw "kumpulin" juga udah cukup. Nah, mumpung inget, gw gelontorkan saja daftar rekomendasi lagu-lagu pop Jepang dari gw sekarang. Kali ini gw akan tawarkan 17 track yang menurut gw enak--itu supaya muat dalam satu CD audio 80 menit berhubung awalnya gw bikin daftar ini memang untuk itu, dan mungkin 10 di antaranya akan ada di Top 10 J-Pop Songs akhir tahun gw nanti.

Anyway, meski agak telat, perpindahan habit konsumsi rekaman musik dari fisik ke digital di Jepang lumayan cepat prosesnya, terbukti sekarang penjualan CD nggak bisa benar-benar mencerminkan popularitas lagu. Download serta menampilkan video di YouTube dan pasang di Spotify atau Apple Music mulai dihampiri oleh artis-artis sana, apalagi yang "kecil-kecil" dan belum berkesempatan dikenal lewat TV untuk jadi soundtrack anime atau dorama atau iklan. Dari situ pula gw jadi agak terbantu untuk keep-up sama J-Pop, dan sedikit juga dibantu sama acara Music Japan TV di WakuWaku Japan, haha. Yah, beberapa dari artis-artis ini masih malu-malu sih untuk naruh konten musik mereka di internet, ada yang kasihnya cuma cuplikan ataupun melarang akses dari luar Jepang (helloooo, Sony Music Japan!!!), tapi ya mungkin ini langkah awal untuk menyadarkan mereka bahwa mereka bisa lho jadi lebih besar lewat cara-cara ini terutama untuk luar Jepang.

Dengan rentang waktu selama lebih dari satu tahun sejak My J-Pop 47, lagu-lagu yang gw kumpulin di My J-Pop 48 ini bolehlah gw anggap sebagai sari terbaik dari J-Pop setahun belakangan ini berdasarkan pendengaran gw. Beberapa memang masih dihuni artis-artis yang udah gw kenal dan suka, can't help it, plus beberapa comeback (dalam artian udah lama nggak gw masukkan ke daftar) seperti GReeeeN dan comeback (dalam artian sebenarnya) dari Utada Hikaru. Tetapi ada juga beberapa tunes baru yang cukup menyegarkan. And no, gw nggak akan masukkan that "Pen-Apple-Pineapple-Pen" nonsense sekalipun durasinya muat buat jadi track ke-18 =\.




My J-Pop 48

1. 安室奈美恵 (Namie Amuro)– Mint
2. 秦 基博 – スミレ (Hata Motohiro – Sumire)
3. Brian the Sun – Maybe
4. 高橋 優 – 産まれた理由 (Yu Takahashi – Umareta Wake)
5. NakamuraEmi – YAMABIKO
6. back number – 僕の名前を (Boku no Namae wa)
7. ASIAN KUNG-FU GENERATION – ブラッドサーキュレーター (Blood Circulator)
8. 10-FEET – アンテナラスト (Antenalasto)
9. 平井 堅 (Ken Hirai) – TIME
10. LUCKY TAPES – レイディ・ブルース (Lady Blues)
11. サカナクション – 新宝島 (sakanaction – Shin Takarajima)
12. リリィ、さよなら。– 花びら (lily, sayonara – Hanabira)
13. Leola – Let it fly
14. GReeeeN – beautiful days
15. 雨のパレード (Ame no Parade) – You
16. 星野 源 – 恋 (Gen Hoshino – Koi)
17. 宇多田ヒカル – 花束を君に (Utada Hikaru – Hanataba wo Kimi ni)



Preview lagu-lagunya bisa disimak di bawah ini.


Namie Amuro - Mint



Hata Motohiro - Sumire



Brian the Sun - Maybe



Yu Takahashi - Umareta Wake



NakamuraEmi - YAMABIKO



back number - Boku no Namae wo



ASIAN KUNG-FU GENERATION - Blood Circulator



10-FEET - Antenalasto



Ken Hirai - TIME



LUCKY TAPES - Lady Blues



sakanaction - Shin Takarajima



lily, sayonara - Hanabira



Leola - Let it fly



GReeeeN - beautiful days



Ame no Parade - You



Gen Hoshino - Koi



Utada Hikaru - Hanataba wo Kimi ni



Komentar