Jumat, 01 Juli 2016

[Movie] One Way Trip (2016)


글로리데이 (Glory Day)
One Way Trip
(2016 - CJ Entertainment/Bori Pictures)

Written & Directed by Choi Jung-yeol
Produced by Lim Soon-rye
Cast: Ji Soo, Ryu Jun-yeol, Kim Jun-myeon, Kim Hee-chan, Kim Dong-wan, Kim Jong-soo, Choi Joon-yung, Moon Hee-kyung, Yoo Ha-bok, Lee Joo-sil, Lee Ji-yeon, Heo Joon-seok


Terlepas dari busana dan gaya rambut para pemain di posternya, One Way Trip bukan film soal boyband Korea. Gw pikir sih memang materi promo atau posternya memang agak menyembunyikan tone film ini yang sebenarnya cukup dark dan depresif. Tapi, untungnya dark dan depresif itu tidak diterjemahkan dengan cara melankolis dan emosi meledak ke mana-mana layaknya film-film mainstream Korea biasanya, atau jadi void dan sunyi seperti film-film ala "festival".

Premis ceritanya mungkin kelihatan simpel banget dan agak generik. Empat pemuda bersahabat melakukan perjalanan ke luar kota tanpa izin orang tua/wali masing-masing, sebelum salah satu dari mereka Sang-woo (Kim Jun-myeon)--yang somehow karakternya dibikin paling polos dan dikasihani dan kebetulan pemainnya juga anggota boyband EXO =p--gabung di militer, atau basically sebelum mereka pergi ke jalur masing-masing setelah lulus sekolah. Namun, premis yang kelihatan so sweet dan mengharukan itu kemudian dibelokkan dengan sebuah kejadian yang akan membuyarkan rencana masa depan mereka. Usai mencoba melerai pertengkaran suami istri, mereka malah dikejar pihak berwajib, dan Sang-woo jadi korban tabrak lari lalu koma di rumah sakit.

Dari sini dimunculkanlah berbagai isu menarik oleh sineas Choi Jung-yeol. Mulai dari proses hukum setempat, reaksi orang tua/wali terhadap anak-anak mereka yang dituduh melakukan pelanggaran, hingga persoalan politik korporasi--semuanya yang pada akhirnya menyudutkan ketiga pemuda yang tersisa, Yong-bi (Ji Soo), Doo-man (Kim Hee-chan), dan Ji-gong *hus jangan ketawain nama ini =D* (Ryu Jun-yeol), yang kini ditahan polisi. Menariknya, dengan persoalan-persoalan yang besar itu, film ini tetap kembali pada tema persahabatan yang mengawali cerita ini. Berniat baik malah dituduh sebagai penjahat, kini bukan lagi persoalan mereka membuktikan diri tak bersalah, tetapi bagaimana mereka bisa tetap bisa bersahabat bila keadaan menuntut mereka untuk saling menyalahkan atas peristiwa kacau ini.

One Way Trip adalah mungkin adalah salah satu drama "sederhana" yang paling powerful yang gw tonton tahun ini. Satu hal yang gw suka adalah film ini seolah bersifat "anti-CJ Entertainment blockbuster film" dengan menyajikan adegan klimaks tanpa ribut-ribut heboh, tetapi masih bisa sangat emosional. Pintarnya lagi, ada unsur misteri dari film ini yang tidak menggiring gw untuk cepat memihak--karena seriously anak-anak ini buat gw ngeselin sih kelakuannya--sehingga ikatan emosi kepada penonton harus benar-benar dibangun lewat keputusan-keputusan yang mereka ambil, bukan dengan jalan pintas absolut bahwa mereka anak-anak-baik-yang-difitnah. Ini yang bikin gw merasa ini film drama yang cukup beda, apalagi yang dari Korea.

Yang bikin cukup heran lagi adalah Choi Jung-yeol sanggup meramu film yang cukup depresif dengan kedalaman cerita berlapis ini tetap bisa menghibur, ada takaran humor dan kehangatan yang seimbang dengan kegelisahan dan kesenduannya. Konklusi film ini pun dibuat penuh ironi yang memperkuat kesan emosional tanpa harus serba nangis--walau serba teriak marah-marah masih ada juga sih, hehe. Well, setelah gw belakangan hanya kebagian film-film Korea skala akbar cenderung formulaic yang sering masuk bioskop sini, kehadiran One Way Trip jadi semacam penyegaran yang mengesankan.




My score: 8/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar