Year-End Note: My Top 10 Songs of 2015 (International)

Akhir tahun telah tiba, libur telah tiba, dan "kewajiban" untuk meluncurkan daftar top10-top10-an tahunan pun tiba, so here it is. Gw akui bahwa blog ini belakangan jadi semacam eksklusif review film, tapi untuk senarai favorit akhir tahun, gw akan meneruskan tradisi membuat pula senarai untuk musik. Toh, sepanjang tahun gw tak berhenti memerhatikan blantika musik, jadi ya dalam benak gw akan lumayan wajar kalau gw tetep maksa bikin senarai untuk musik, hehehe.

Seperti biasa, gw akan memulai dengan menggelontorkan senarai lagu-lagu, yang gw akan bagi jadi lagu internasional (non-Jepang), lagu lokal, dan lagu Jepang, masing-masing 10 lagu. Kayaknya gw nggak perlu berpanjang lebar lagi kasih pendahuluan, yang pasti lagu-lagu ini dengan rajin duduk manis di ingatan gw, dan gw selalu nikmati setiap lagunya muncul di radio ataupun gw kulik di YouTube (you know, karena MTV is so last decade). 


Mari kita mulai dari 10 lagu internasional terfavorit gw sepanjang tahun 2015, dalam urutan mundur.


10. "Party" – GIRLS' GENERATION

Well, it is catchy. Lupakan video musiknya yang menurut gw kok malah kelihatan agak men-downgrade keanggunan girlband yang juga dikenal dengan singkatan SNSD ini, yang penting bisa bikin goyang dengan campursari lagu pop Amerika kekinian dengan...err...bahasa Korea.






9. "Powerful" – Jussie Smollett & Alicia Keys

Demam serial Empire dengan lagu-lagu hiphop kekinian yang disajikannya sebenarnya nggak terlalu menghinggapi gw, sampai akhirnya lagu duet ini muncul. Bisa dibilang ini lagu paling pop dari deretan lagu lonjak-lonjak yang ada di serial ini, tapi sesuai judulnya, lirik dan melodi lagu ini begitu powerful.





8. "FourFiveSeconds" – Rihanna and Kanye West and Paul McCartney

Kalau inget Rihanna masih secupu zaman-zaman "Pon the Replay" kayaknya nggak nyangka dia bakal bisa kolaborasi sama artis sebesar Paul McCartney. Tapi, itulah yang terjadi di awal tahun ini. Lagu dengan melodi yang mudah diingat, hangat, dan cukup anthemic, walaupun hanya diiringi kocokan gitar McCartney.





7. "Nearly Forgot My Broken Heart" – Chris Cornell

Dengan suaranya yang dahsyat itu, Cornell bisa aja bikin lagu American rock standar dan he'd still sound great. Tapi, tahun ini doi muncul dengan sebuah lagu yang sangat terkonsep, acoustic rock yang ada unsur folk, country, dan susunan melodi minor yang mengikat liriknya yang mantap. Dramatis dan nancep dengan mudahnya.





6. "Can't Sleep Love" – Pentatonix

Akhirnya ada juga bintang YouTube yang sanggup bikin karya orisinal, DAN industry-worthy. Lagu gaya R&B kekinian diberi sentuhan unik lewat konsep a cappella dari grup ini. Liriknya juga lucu. Terkadang emang kedengaran agak cheesy tapi tak kuasa bikin goyang-goyang kepala.





5. "Like I'm Gonna Lose You" – Meghan Trainor feat. John Legend

Makin ke sini makin susah mencari lagu dan performance duet sekuat ini. Lagu dengan nada-nada menggugah dan dinyanyikan dengan soulful oleh dua penyanyinya, dan untungnya masing-masing bisa menunjukkan kebolehan vokalnya dalam sebuah harmoni yang asyik dan heartfelt sekali.





4. "Hello" – Adele

Adele selalu punya daya magis. Lagu ini mungkin terdengar sangat Adele, atmosfer-nya sendu, dinyanyikan dengan penuh perasaan tanpa improvisasi berlebihan, "galau", tapi kini dengan lirik yang lebih tegar. Entah mungkin ini karena kerinduan akan lagu baru dari Adele, atau memang lagunya yang sangat merasuk dengan mudahnya sejak 'hello' pertama.





3. "Love Me Like You Do" – Ellie Goulding

Simpel, karena lagunya catchy mampus. Agak gombal liriknya, dan pengulangan suku kata di chorus-nya itu harusnya konyol, soundtrack film yang premisnya konyol pula (yang konon adalah fanfiction Twilight versi jorok).Tapi somehow inilah lagu cinta masa kini yang sanggup mengolah itu semua jadi sebuah anthem. Dan bahwa lagu ini tidak menuntut Ellie Goulding mengeluarkan suara falcetto nyelekitnya terlalu sering juga jadi nilai plus =D.





2. "Shots" – Imagine Dragons

Band rock ini dikenal dengan sound gado-gado, kadang folk, elektronik, sampai dubstep. Kali ini mereka menampilkan semangat new wave dan pop 80-an lewat lagu ini. Dari beat-nya yang bikin semangat, ada suara synthesizer, masih ada petikan gitar yang atraktif dan tentu saja melodi yang catchy. Layer-layer suara yang agak kompleks nggak membuat lagu ini jadi terlalu aneh, malah dengan gampangnya dinikmati di keadaan apa pun.








1. "Can't Feel My Face" – The Weeknd

True story, gw baru tahu lagu ini setelah lihat video Lip Sync Battle-nya Tom Cruise. Gw pun belakangan jadi mengerti kenapa bapak itu pilih lagu ini, dan lagunya juga cukup sukses di chart internasional. Sebuah lagu urban pop R&B dengan instrumen electronic dance music, tapi tetap andalkan vokal unik si penyanyi. Ada pergantian suasana sound di setiap bagiannya yang bikin chorus-nya jadi 'pecah'. That, dan satu line di chorus-nya yang maut itu bikin lagu ini jadi yang paling nempel di tahun 2015.



Komentar