Minggu, 15 Februari 2015

[Movie] Annie (2014)


Annie
(2014 - Columbia)

Directed by Will Gluck
Screenplay by Will Gluck, Aline Brosh McKenna
Based on the musical book by Thomas Meehan
Based on the comic strip "Little Orphan Annie" by Harold Gray
Produced by Will Smith, Jada Pinkett Smith, Caleeb Pinkett, Tyran Smith, Will Gluck, James Lassiter, Jay Brown, Shawn "Jay Z" Carter
Cast: Quvenzhané Wallis, Jamie Foxx, Cameron Diaz, Rose Byrne, Bobby Cannavale, Adewale Akinnuoye-Agbaje


Pertunjukkan dan film musikal Annie mungkin jadi klasik di Amerika, tapi kayaknya di sini agak kurang (well, semua jenis musikal Amerika di sini sih emang gitu, kecuali The Sound of Music). Gw sendiri cuma kenal sama lagu "Tomorrow" entah bagaimana, mungkin pernah diputer di radio Sonora or something. Sementara lagu "It's a Hard Knock Life" taunya pas dijadiin hook lagunya Jay Z. Untungnya di era sewa VCD gw pernah menemukan FTV Annie yang digarap Rob Marshall (sutradara Chicago dan Memoirs of Geisha), jadi lumayan familiar sama ceritanya, soal anak yatim piatu miskin yang menemukan keluarga baru di seorang oom-oom kaya baik hati *wait, that's sounds wrong*.

Lalu hadirlah Annie versi 2014 yang dimodernkan, dan sosok anak yang tadinya bule berambut merah jadi berkulit hitam, pun lagu-lagunya dijadiin urban pop gitu. Gw sih tidak menolak gagasan itu, cuma apakah ini bakal membuat Annie versi ini sejajar dengan status judul Annie yang terbilang klasik, gw nggak yakin. Sekarang tinggal masalah pembuatnya untuk bikin versi alternatif ini minimal menghibur. Nah, kalau soal itu, Annie 2014 berhasil.

Tapi memang cara menghiburnya berbeda dengan versi-versi sebelumnya. Gw melihat Annie ini lebih ke sebuah film komedi keluarga yang cukup oke dalam menampilkan unsur komikalnya dengan gaya zaman sekarang. Malah film ini bisa dibilang semi parodi dengan beberapa gurauan yang self-conscious, baik dari karakternya maupun keadaannya. Mungkin yang paling kelihatan ketika format "musikal" itu dipertanyakan salah satu karakternya, hahaha. Bagian itulah yang menurut gw paling menghibur dari film ini. 

Ceritanya tidak persis seperti musikal Annie, tetapi lebih menekankan pada proses penyatuan Annie (Quvenzhané Wallis) dan Will Stacks (Jamie Foxx) oleh kasih sayang dan kepedulian. Terdengar sweet dalam bentuk kata-kata tapi saat ditampilkan di film prosesnya agak lama. Mungkin karena diselingin nyanyi-nyanyi. Nah, satu hal yang mungkin mengusik gw adalah pemodernan lagu-lagunya. Lagu-lagu klasiknya mungkin nggak masalah, tetapi ketika itu harus bersanding dengan lagu-lagu baru (atau lagu lama yang ditambahin bagian baru), kelihatan jomplangnya. Lagu-lagu itu nggak bisa setara sama lagu-lagu yang sudah klasik, bedanya kelihatan banget. Dan rasanya, itulah yang membuat film ini agak uneven.

Tapi sekali lagi, menghibur sih menghibur. Film ini mengingatkan gw bahwa sesengak-sengaknya Foxx, dia itu aktor yang oke banget. Dan juga mengingatkan gw bahwa Cameron Diaz adalah aktris yang tidak takut terlihat konyol--bahkan di film ini kayaknya terlalu konyol. Film ini juga merepresentasikan adegan musikalnya sebagian besar tidak out-of-place, cukup menyatu dan menyenangkan, sekalipun kalau diperhatikan cerita film ini tuh agak sedih sebenarnya. Tapi ya film ini cuma sampe situ aja. Boro-boro mau jadi klasik.




My score: 6,5/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar