Sabtu, 21 Juni 2014

[Movie] Edge of Tomorrow (2014)


Edge of Tomorrow
(2014 - Warner Bros.)

Directed by Doug Liman
Screenplay by Christopher McQuarrie, Jez Butterworth, John-Henry Butterworth
Based on the novel "All You Need Is Kill" by Hiroshi Sakurazaka
Produced by Erwin Stoff, Tom Lassally, Jeffrey Silver, Gregory Jacobs, Jason Hoffs
Cast: Tom Cruise, Emily Blunt, Bill Paxton, Brendan Gleeson, Noah Taylor


Terlepas dari lelah atau tidaknya kita menyaksikan Tom Cruise berakting menjadi Tom Cruise dalam pose-pose dan nada suara ala Tom Cruise dalam setiap filmnya, Tom Cruise tak pernah lelah bekerja dan menjual kebintangannya dalam film-film yang besar dan mahal, and we have to deal with it. I have to deal with it. Biarlah dia selalu jadi jagoan, biarlah dia selalu berbicara dengan tone rendah sok wibawa, biarlah kamera harus meng-close-up wajahnya sesering mungkin, toh itu tanda bahwa ia seorang bintang dan banyak orang masih tertarik pada daya gravitasi kebintangannya itu. Biarin lah. *suara hati penonton yang bosan dengan ego Tom Cruise =P*

Tahun ini, Cruise tampil di Edge of Tomorrow yang punya premis menarik, setidaknya buat gw, yaitu mengulang hari yang sama dalam mengalahkan para alien yang menyerang bumi, dengan cara mati dulu. Film ini cukup promising karena 1. Cruise itu jarang main di film yang jelek banget, dan 2. sutradaranya Doug Liman lumayan teruji sama film action yang entertaining, semacam The Bourne Identity dan Mr. & Mrs Smith. Dan, mungkin ini cara Tom Cruise menebus tipikal peran-peran sepanjang karirnya yang 90% nggak pernah (benar-benar) mati di akhir film. I'm sold.

Edge of Tomorrow ternyata tampil sebagai sebuah film hiburan yang seriously sangat pas buat gw. Ceritanya menarik, tokohnya menarik, dan yang penting disajikan dengan sangat, sangat menghibur. Adegan action dan visual effect-nya ya udah lah ya Hollywood gitu lho, cuma menurut gw Liman berhasil membawakan cerita yang berpotensi rumit jadi sangat fun dengan kelincahan, humor, dan energi yang sangat oke dalam penceritaannya, dan tidak terjebak jadi bodoh dan brainless. Gw sih seneng bahwa premisnya gak terlalu dibawa serius: kalau gagal, harus mati dan ngulang lagi, gagal, mati lagi, ulang lagi. Kayak main video game setelah safe mode ketika nyawa dan senjata udah tinggal dikit ya mati aja terus ngulang lagi, hehe.

Tetapi di balik itu film ini juga masih bisa memuat beberapa momen emosional dan secara cerdas bisa membuat gw membayangkan betapa melelahkannya jadi tokohnya Tom Cruise--ngulang hari yang sama puluhan bahkan mungkin ratusan kali--tapi tanpa membuat yang nonton merasa lelah. Beberapa momen mungkin predictable dan cheesy, tetapi setidaknya film ini masih sanggup terus membawa gw ke dalam ceritanya sampe akhir....yah, mungkin bagian paling akhirnya gw kurang sreg, tetapi dalam sekitar 100-an menit gw sudah merasa terhibur, jadi bisa dimaafkan. Oh, dan gw rasa oke juga nonton ini berulang-ulang, toh nggak beda sama isi filmnya yang adegannya diulang-ulang, =P.




My score: 7,5/10

1 komentar:

  1. Hihi reviewnya sesingkat padat fiLmya ^^
    Keren sih, surprisingLy gwe Lebih suka ini daripada X-Men.. And oh Rita Vrataski is a queen.

    BalasHapus