[Movie] Paranormal Activity: The Marked Ones (2014)


Paranormal Activity: The Marked Ones
(2014 - Paramount)

Written & Directed by Christopher Landon
Produced by Oren Peli, Jason Blum
Cast: Andrew Jacobs, Jorge Diaz, Gabrielle Walsh, Carlos Pratts, Richard Cabral, Renee Victor, Gloria Sandoval, Molly Ephraim


Well, akhirnya gw ulas film horor di blog ini. Bagi yang rajin mampir pasti bisa notice bahwa blog ini jarang bahas horor, karena yang nulis juga jarang nonton horor. Film horor terakhir yang gw tonton dan ulas tuh The Cabin in the Woods lebih dari setahun lalu, yang juga nggak horor murni. Ya gimana ya, penakut nggak seneng ditakut-takutin sih. Lalu kenapa Paranormal Activity: The Marked Ones ini gw tonton? Well, karena ada hubungannya dengan kerjaan sih, jadi rada mau-nggak-mau gitu. And no, gw memang belum pernah menonton seri Paranormal Activity yang heeits banget itu. Jadi gw nggak punya modal apa-apa dalam menonton film yang katanya spin-off ini, gw cuma tahu apa yang ada di sini.

But to my surprise gw cukup bisa mengikuti jalan cerita dari The Marked Ones ini. Masih dengan model found footage ala-ala Cloverfield dan Chronicle, kisahnya berangkat dari keseharian khas anak-anak remaja yang diawali main-main dan iseng-iseng, kemudian berujung pada hal-hal klenik yang cukup membahayakan hidup mereka. What actually works dari film ini, menurut gw, adalah pilihannya untuk memakai karakter utama berlatar belakang kebudayaan Hispanik atau keturunan Amerika Latin yang tingga; di Amerika Serikat. Jika ada yang bertanya-tanya "kok mereka langsung percaya aja sama gitu-gituan?", jawabannya sesimpel bahwa mereka datang dari kebudayaan yang percaya hal-hal demikian, mirip-miriplah sama orang Indonesia. Tokoh-tokoh utama kita tidak merasa ada yang nggak masuk akal dengan hal hantu-hantuan atau ritual-ritual sihir, mereka cuma bereaksi "this is crazy, man!" karena kagum, bukan karena nggak percaya. Si pembuat filmnya gw bilang sih cukup pinter, karena ini mempermudah laju jalan ceritanya.

Nah, tapi, untuk urusan status "film horor", The Marked Ones ini, bukannya gw belagu ya, sebenarnya nggak terlalu serem. Beneran. Cuma kaget-kaget aja palingan. Bagi orang-orang yang somehow merasa ada kepuasan lahir batin jika sedang ketakutan amat sangat, pasti bakal merasa film ini melempem. Payah lah. Di sisi lain, bagi yang lebih perhatian sama cerita, The Marked Ones setidaknya punyalah sesuatu untuk diceritakan, khususnya tentang pengungkapan adanya konspirasi klenik yang mengancam dunia *tentu saja*. Mungkin nggak tuntas, tetapi gw merasa penjelasan yang ada di film ini sudah lumayan cukup....Oke baiklah "nggak tuntas"-nya itu mungkin agak nyebelin karena gw seperti harus korek-korek informasi tentang apa hubungan film ini dengan seri-seri Paranormal Activity yang utama, plus pengakhiran filmnya yang emang penonton harus tebak sendiri, atau harus dilengkapi dengan menonton seri Paranormal Activity terbaru yang "kebetulan" akan tayang beberapa bulan lagi. Tapi gw bisa lihat bahwa para kreator seri ini sedang berusaha membuat sebuah skema besar yang maunya jadi benang merah yang menyatukan semua filmnya. I don't think it's a great scheme, tapi yah setidaknya ada usahanya.

Jadi menurut gw The Marked Ones ini lumayanlah, khususnya jika diposisikan sebagai film mandiri. Kelemahannya mungkin ada di jalan cerita yang sebenarnya cukup familiar, serta horornya yang mungkin nggak serem-serem amat, dan pemilihan tata suara mendem dari sononya seakan kamera video yang katanya "baru dan bagus" itu nggak bisa stereo *aneh banget*. Gw juga nggak tahu gimana memposisikan film ini di antara film-film Paranormal Activity 1 sampe 4 plus 5 nanti, tapi mungkin karena itulah gw lebih bisa menerima film ini dengan apa adanya. Yah, sempet kepikiran juga sih itu kok kameranya dipake teru ke mana-mana walaupun udah dikejar-kejar apaan tauk. Tapi, kalau harus mikir "masuk/nggak-masuk akal" terus ya nggak jadi film lah *alasan yang malas*.



My score: 6/10

Komentar