Minggu, 22 September 2013

[Movie] You're Next (2013)


You're Next
(2013 - Snoot Entertainment/Lionsgate)

Directed by Adam Wingard
Written by Simot Barrett
Produced by Simon Barrett, Keith Calder, Kim Sherman, Jessica Wu
Cast: Sharni Vinson, Nicholas Tucci, Wendy Glenn, AJ Bowen, Joe Swanberg, Sarah Myers, Amy Seimetz, Ron Moran, Barbara Crampton, Ti West


You're Next secara tampak luar bukanlah film yang akan gw tonton dengan sukarela dan dari niat lubuk hati paling dalam. Tapi akhirnya sebuah kesempatan yang berhubungan dengan pekerjaan membuat gw dapat menontonnya, so deal with it, me. Jika dilihat setiap nama yang tertera di atas paragraf ini, You're Next sama sekali nggak punya nama yang gw kenal. Sama sekali. Rasanya juga mereka tidak dikenal di mana pun, kecuali khusus di lingkup horor independen. Tetapi beruntung, bahwa di Indonesia film Amerika ini diimpor oleh PT. Merantau Films yang didirikan Gareth Evans, si pembuat The Raid. Kalau pada percaya selera Gareth, maka harusnya dapat diyakini bahwa setidaknya You're Next ini bukan film yang sambil lewat.

Dalam rangka ulang tahun pernikahan ke-35, suami istri Paul dan Aubrey (Ron Moran, Barbara Crampton) mengundang keempat anak mereka di rumah tua di kota terpencil yang baru mereka beli dan tinggali. Keempat anak mereka ini pun berkumpul dengan pasangan masing-masing: yang sulung Crispian (AJ Bowen) dengan pacar Australi-nya Erin (Sharni Vinson), Drake (Joe Swanberg) dengan Kelly (Sarah Myers), Aimee (Amy Seimetz) dengan pacar hipster-nya Tariq (Ti West), dan si bungsu Felix (Nicholas Tucci) dengan pacar gotiknya Zee (Wendy Glenn). Tiba-tiba mereka terperangkap, diserang oleh oknum-oknum (yang tentu saja) misterius yang menagih nyawa. Siapa? Mengapa? Itulah yang harus dicari tahu.

Membaca judul You're Next lalu menjodohkannya dengan sepasang kata "horor slasher" sebenarnya sudah memberi petunjuk apa yang akan ditawarkan film ini. Pasti ada sekelompok orang di satu tempat, ada satu yang terbunuh, dan orang-orang lain akan kena selanjutnya. Terlalu jelas. Film ini isinya ya persis seperti itu. Sekarang tinggal masalah bagaimana "permainan" kematian demi kematian itu bisa "menghibur", bisa bikin tegang, takut, ngeri, ngilu, sampai akhirnya "terpuaskan". Dan gw bisa bilang, perihal unsur itu, You're Next sepenuhnya berhasil. Gw sendiri cukup sering merasa geregetan dan gelisah sepanjang film. Tetapi untuk membuatnya berkesan lebih dari itu, buat gw sih nggak cukup. Motivasi di baliknya seperti hanya excuse tempelan saja supaya kejadian-kejadian tersebut bisa dijadikan. Berasa lihat reka ulang salah satu berita kriminal. Kurang kuat aja. 

Namun, di sisi lain, who cares? Film berisi orang-orang (tampaknya) tak bersalah yang harus memutar otak untuk melindungi diri dari orang-orang bertopeng tak kenal iba dalam membunuh adalah sajian yang sudah cukup merangsang kepuasan...khususnya bagi penggemar hal-hal begituan. Sekali lagi gw bilang, untuk yang satu ini You're Next termasuk berhasil. Dan to be fair, sutradara Adam Wingard dan penulis Simon Barrett juga lumayan oke membangun karakternya secara smooth, terutama soal hubungan antarsaudara yang kompleks, meski hanya dalam waktu singkat. Beberapa situasi dan dialog yang lucu-lucu ngenes pun bisa memberi hiburan penyeimbang dengan kekejamannya. So, vonis gw, You're Next ini film yang diramu dan digarap cukup bagus untuk genrenya, tapi ya gw-nya tetep nggak selera aja. Ngomong-ngomong, You're Next ini juga termasuk film inspiratif lho. Di dalamnya memberi tips bagaimana memaksimalkan penggunaan alat-alat dapur yang biasa kita pakai selain untuk masak =p.



My score: 6/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar