Sabtu, 11 Agustus 2012

[Album] Tompi - Sedari Awal 03-12


Tompi - Sedari Awal 03-12
(2012 - E-Motion Enterntainment/Royal Prima Musikindo)

Tracklist:
1. Intro (Dengarkan Suaraku) feat. Wizzow
2. Menghujam Jantungku
3. Selalu Denganmu
4. Lulu dan Siti
5. Cinta Yang Kucari - Salahkah
6. Tentang Kamu feat. Ras Muhamad
7. This Way
8. Kesalahan
9. Takkan Terlekang
10. Waktu Takkan Mampu
11. Sedari Dulu


Well, this is a bit misleading. Kirain album "best", ternyata berbeda dari perkiraan. Mana di kotak/sampul luarnya nggak ada keterangan apa-apa pula. Iiih sengaja yaa.....=p. Judulnya memang menggoda, dan memang album Sedari Awal 03-12 berisi lagu-lagu hit milik Tompi sejak album solo pertamanya (rilis tahun 2003). Gw pun tanpa pikir panjang langsung membeli album ini waktu pertama kali lihat di toko kaset. Gw termasuk suka dengan Tompi, bagi gw dia adalah artis (solo) yang kualitas performa dan karyanya paling bisa dipertanggungjawabkan dari semua yang ada di industri musik Indonesia yang muncul di era y2k, nyanyinya jago dan berkarakter, lagu-lagu bikinannya pun bagus dan mudah disukai dalam balutan musik berkelas. Dari dulu pengen beli albumnya Tompi (yang sangat produktif tiap tahun pasti ngeluarin album, entah itu jenis pop, Islami, maupun album berkonsep), tetapi selalu terhalang faktor harganya yang di atas rata-rata harga CD album artis Indonesia *kere*. Mengira Sedari Awal adalah album kumpulan hits Tompi, meski dengan harganya yang (masih lebih) mahal, Rp 75.000, gw pun rela membelinya. But, then again, Sedari Awal rupanya bukanlah album kompilasi "best", atau setidaknya album ini tidak berisi lagu-lagu rekaman lama yang dikumpulkan jadi satu.

Kecele sih, tetapi menarik. Dalam album ini, Tompi mempersembahkan lagu-lagu hit-nya yang direkam ulang, direkam secara live-in-studio (penyanyi dan band main langsung barengan) dengan aransemen yang mendekati peforma panggung. Pendeknya, beda lah dengan yang versi rekaman yang sudah ada di album-album sebelumnya. 8 lagu yang direkam ulang tersebut adalah signature hits Tompi mulai dari "Selalu Denganmu", "Lulu dan Siti", "Sedari Dulu", "Menghujam Jantungku", medley "Cinta Yang Kucari" dan "Salahkah", lalu lagu-lagu album seperti "This Way" dan "Tentang Kamu". Kecuali "Tentang Kamu" yang dibuat reggae dibantu vokal tamu Ras Muhamad, genre dari lagu-lagu lama ini tidak banyak berubah,   tetap pop jazz, namun tetap saja perbedaannya terlihat, dengan instrumen-instrumen yang lebih ramai (brass section-nya canggih =)), dan aransemen yang nggak kalah cihuy dari versi biasanya. Bukan sekadar direkam live saja, tetapi memang terasa lebih hidup, lebih organik, persis sebagaimana semangat jazz yang kental dalam musikalitas Tompi yang penuh improvisasi tepat guna. Jadi Tompi seakan berusaha menghadirkan live house experience bagi pendengarnya di mana saja lewat album ini. Sebuah konsep yang cerdas, merayakan perjalanan karir, tetapi sekaligus memberi sesuatu yang baru, tidak mengulang-ulang semata.

Selain rekam ulang lagu-lagu hit-nya selama 9 tahun terjun di industri rekaman, Tompi juga memasukkan 3 lagu rekaman baru (yang ini memang rekaman normal, bukan live-recording), termasuk di antaranya yang jadi single di radio-radio, "Waktu Takkan Mampu", lagu karya Tompi yang sebelumnya pernah dibawakan Shanty. Jika membandingkannya dengan lagu-lagu terkenal Tompi, sepertinya ketiga lagu rekaman baru ini belum mampu menyamai. Namun, tetap saja ketiganya digarap serius dan punya keunikan masing-masing. "Kesalahan" adalah lagu R&B nan smooth dengan beberapa aksen efek elektronika dan diawali serta diakhiri sayup-sayup gamelan Bali yang terasa pas dengan notasi vokal di chorus yang nylendro. "Takkan Terlekang" juga merupakan lagu cinta berbungkus R&B kalem, agak forgettable tapi masih asik saja tiap didengarkan. Dalam "Waktu Takkan Mampu" terasa ada energi santai dari Tompi yang tidak terlalu berusaha keras menggapai big notes, membuat lagu ini terasa lebih menyenangkan dan groovy.

Sedari Awal 03-12 lebih mendekati concept album berisi lagu-lagu yang self-covered, ketimbang album "best", namun masih tetap saja nyempil sedikit kekecewaan di gw. Dengan konsep merekam ulang hits lama, perasaan kenapa yang terbaru seperti "Tak Pernah Setengah Hati" atau "Bukan Pacarmu" (meskipun yang ini juga sudah self-cover dari versi Bibus) tidak termasuk masih mengganjal cukup keras, jadi kesannya ya agak kurang komplet aja. Nevertheless, gw suka ide album ini, cukup suka sama lagu-lagu barunya, dan tetap suka lagu-lagu lama yang direkam ulang itu. Highlight dari album ini sendiri mungkin track penutup "Sedari Dulu" yang masih punya level excitement yang sama dari versi biasanya, juga "Lulu dan Siti" yang dikasih prolog curhatan dari (katanya) teman Tompi. Etapi "Menghujam Jantungku" juga asik..."Selalu Denganmu" juga..."Tentang Kamu" juga...ya begitulah =). Awalnya kecele, akhirnya tetap bisa menikmati.



My score: 7/10


Previews



Waktu Takkan Mampu, video musiknya disutradarai Tompi sendiri.



Lagu-lagu lama Tompi versi album Sedari Awal 03-12 kira-kira seperti ini kedengarannya:
Lulu dan Siti (Live)


Selalu Denganmu (live)


Sedari Dulu (live)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar