Selasa, 24 Januari 2012

[Album] No Regret Life - Discovery


No Regret Life - Discovery
(2011 - spiral-motion)

Tracklist:
1. Heart is Beating 62
2. The Sun
3. Wonderful World
4. Clocks
5. ハローグッバイ (Hello Goodbye)
6. interlude
7. Tonight Is The Night
8. Suggestion
9. スローモーション (Slow Motion)
10. 夢のあと (Yume no Ato)
11. Life is a Symphony


No Regret Life adalah salah satu contoh band yang berpotensi, musiknya cukup mudah dicerna dan berkarakter, tapi nggak laku. Gw curiga, antara merekanya yang nggak berkembang, atau karena di tengah-tengah industri musik Jepang yang memang selalu memunculkan sesuatu yang baru dan kinclong (baik bunyi maupun gaya tampilan) sebagai prasyarat agar bisa "ngangkat", No Regret Life ini mungkin dianggap terlalu sederhana. Tampilan mereka memang biasa dan "normal", musik-nya yang hampir pure post-grunge rock pun bukanlah jenis musik terlaku di negeri sana. Gw dan mungkin segenap generasi "anime 2000-an" mengenal band 3 orang ini saat single mereka "Nakushita Kotoba" digunakan sebagai lagu penutup kesekian dari anime ternama Naruto, dan menurut gw adalah salah satu lagu terbaik yang pernah muncul di anime itu. Pada efeknya, meskipun sudah masuk major label asuhan Sony Music Jepang, bintang No Regret Life tidak sampai melesat, 3 album yang mereka rilis dari tahun 2006 hingga 2008 tidak sampai mengangkat nama mereka dengan penjualan yang sangat sangat modest. Pada akhirnya mereka melepas (atau dilepas?) oleh label besar, namun No Regret Life dengan "tanpa penyesalan" kembali ke jalur independen seperti awal karir  mereka, terus merilis karya di bawah label milik mereka sendiri, spiral-motion. Discovery adalah full length album pertama yang dirilis label mereka itu.

Gw termasuk cukup mengikuti rilisan No Regret Life selama ini. Gw suka musiknya yang meskipun agak keras tetapi memperhatikan melodi, juga warna vokal khas Kazusou Oda yang serak-serak laki banget gitu deh. Tak sedikit single-single mereka memang gw sukai. Interestingly enough, gw sebenarnya pernah mendengar ketiga album major label mereka, tetapi tidak sampai merenggut perhatian gw sebegitunya (gw jadi cukup ngerti lah kenapa nggak terlalu laku). Namun, berbeda dengan Discovery, bahkan ketika didengarkan pertama kali sambil lalu, gw langsung pingin memutar ulang. Terdiri dari 11 track, 2 di antaranya berupa intro dan interlude intstrumental singkat (track 1 dan 6), gw merasakan ada energi dan bobot berbeda dari album ini dibandingkan album-album No Regret Life sebelumnya, bahkan menurut gw jauh lebih matang. Mungkin karena nggak ada lagi pressure dari pihak label? Bisa jadi. Distorsi gitar dan gebukan drumnya terdengar lebih lugas dan nggak neko-neko. Vokal Oda pun terdengar lebih sincere dan nggak maksa—gw nggak bilang teknik nyanyinya bagus ya, pokoknya sangat berkarakter dan enak. Rangkaian lagu dari awal hingga akhir sangat enjoyable, dinamis, menghentak, dan yang penting melodinya yang catchy.

Pengaturan track album ini asyik sekali, bagaikan setlist sebuah live performance/konser. Diawali intro "Heart is Beating 62" yang kalem sebagai pemanasan, tensi mulai menanjak lewat "The Sun" yang menghentak enak, serta menarik ketika lirik bait pertamanya diawali dengan kata "hisashiburi" (lama tak jumpa), seakan menyapa pendengarnya yang telah menanti album mereka selama tiga tahunan ini. "Wonderful World" yang lebih kencang adalah rekam ulang dari salah satu mini-album awal mereka dahulu menjadi kelanjutan yang menyenangkan. Lagu "Clocks" dengan nuansa serupa (tapi verse-nya lebih kalem) kemudian muncul sebagai track yang menonjol karena begitu catchy melodinya, dan otomatis jadi salah satu track terfavorit gw di album ini, khas No Regret Life dengan energi lebih dan terkesan full. "Hello Goodbye" adalah penutup 'babak pertama' yang lebih medium iramanya, tetapi lebih emosional akibat distorsi gitar yang masih kencang. Setelah disela "interlude" yang agak random jamming session, lagu "Tonight Is The Night", "Suggestion", dan "Slow Motion" kembali menggeber maksimal musik dan vokal. 

Selepas 3 track kenceng itu, barulah keistimewaan kedua album ini muncul, yaitu track akustik "Yume no Ato". Bukan pertama kali No Regret Life menyematkan lagu akustik di album mereka, namun "Yume no Ato" bisa jadi lagu bukan rock mereka yang pertama, benar-benar kalem dan tenang, permainan biola dari musisi senior Neko Saito pun menambah warna melankolis lagu ini. Di lagu ini juga ketahuan bahwa vokal Oda terlalu terbiasa nyanyi kenceng sehingga agak kagok ketika toned-down begini, tapi warna suaranya tetap terjaga oke. Akhirnya album ini ditutup dengan megah lewat track rock ballad "Life is a Symphony", melodinya apik dan range vokal Oda dipamerkan dengan keren di sini. Ini juga lagu yang mengkonfirmasi kesukaan gw akan album ini. 

Discovery memang album yang ringkas, lagu-lagunya rata-rata singkat dan padat durasinya, namun rasanya pas sekali. Gw senang dengan No Regret Life yang tetap berkarya meski harus berjuang "sendirian", dan ternyata hasilnya lebih bagus daripada masa-masa major-label mereka dahulu. Sebuah usaha yang sama sekali tidak sia-sia. Semangat dan energi baru mereka terpancar dengan baik lewat album ini. Terutama bagi yang pernah menyukai lagu-lagu band ini terdahulu, pasti akan dipuaskan lewat album ini. Sebuah album yang akhirnya menunjukkan bahwa No Regret Life adalah artis yang perlu mendapat perhatian lebih.


My score: 8/10

No Regret Life


Previews:



The Sun



Clocks



Tonight Is The Night



Life is a Symphony

10 komentar:

  1. q ska.,.,
    klo mw download lgu.n dmna gan.,.,??

    BalasHapus
  2. @anonim: keliling gugel juga dapet kok =)

    BalasHapus
  3. gan yg rarnya gak ad kah....satu album begitu gua kliling gak dapeet...yg discovery...linknya pada, not found semua...???#thank gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wo iya, kayaknya udah jsusah banget, saking band ini juga nggak terlalu terkenal dan albumnya udah lama rilis juga.
      coba cari lagi deh pelan-pelan kali aja sekarang ada yg rar atau zip =)

      Hapus
  4. I provide link below.
    https://www.box.com/s/85an2hm1buw5pqmkxxy8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks.

      ^ silahkan dicek, guys =)

      Hapus
  5. play lagunya di sini guys.!! http://soundcloud.com/uchiha-supri-yadi
    dia selalu update lagu2 No Regret Life
    kalau mw download minta ajh langsung ke FB (Uchiha Supri Yadi) atau twitternya (@supriyadi_kun)

    nb. kalau cari d google lagu2 nrl free download. maka jangan pernah berharap

    --- good luck guys ---

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. http://j-giie.blogspot.com/2013/01/no-regret-life-j-band-download-mp3.html

    BalasHapus