Selasa, 13 Desember 2011

[Album] Kahitna - Cerita Cinta 25 Tahun Kahitna



Kahitna - Cerita Cinta 25 Tahun Kahitna
(2011 - Musica Studios)

Tracklist:
CD 01:
1. Aku Punya Hati
2. Pastikan
3. Untukku
4. Tiamo
5. Cerita Cinta
6. Setahun Kemarin
7. Seandainya Aku Bisa Terbang
8. Aku, Dirimu, Dirinya
9. Andai Dia Tahu
10. Lajeungan
11. Lebih Dari Sekedar Cantik
12. Dirantau
13. Merenda Kasih
14. Bintang

CD 02:
1. Suami Terbaik
2. Mengapa Terlambat
3. Tentang Diriku
4. Cinta Sudah Lewat
5. Tak Mampu Mendua
6. Tak Sebebas Merpati
7. Permaisuriku
8. Cantik
9. Engga Ngerti
10. Sampai Nanti
11. Cinta Sendiri
12. Menanti
13. Takkan Terganti
14. Soulmate


Nah, gini dong. Album kompilasi atau "the best of" atau "greatest hits" atau apalah seharusnya ya seperti ini. Kahitna adalah band besar, lagu-lagunya banyak dikenal dan disukai khalayak sejagad Nusantara. Tidaklah sepantasnya mereka merilis album kumpulan lagu-lagu terbaik dengan sifat pelit nan irit ala artis-artis Indonesia lainnya selama ini. Kalau punya banyak hits, kenapa tidak dikeluarkan semuanya? Dan itulah yang exactly dilakukan oleh Kahitna lewat Cerita Cinta 25 Tahun Kahitna. Rasanya hampir seluruh lagu terkenal Kahitna sepanjang karir rekaman mereka hadir di album ini, dirangkum dalam dua keping CD, disajikan dalam rekaman asli, tanpa rekam ulang, tanpa aransemen ulang atau semacamnya (benar, kita akan masih dengar suara mantan vokalis Ronni Waluya di lagu "Cerita Cinta").

Jadi ceritanya album ini merayakan 25 tahun Kahitna terbentuk *wow, my age*, kayaknya sekaligus pelengkap konser mereka tahun ini yang bertema sama. Meski udah setua selama itu, sebenarnya Kahitna baru mengeluarkan karya rekaman milik mereka pada tahun 1994 dalam bentuk album berjudul Cerita Cinta, yang memuat (tentu saja) "Cerita Cinta" yang heiittss banget itu. Meski sering bongkar pasang personel (bahkan sebelum punya album, Trie Utami sempet jadi vokalisnya lho), Kahitna tetap dikenal sebagai salah satu artis Indonesia yang selalu bisa menelurkan karya-karya yang hit setiap mengeluarkan album. Mungkin orang akan menganggap itu biasa, karena Kahitna terkenal karena lagu-lagu romansa dan musik pop yang easy listening, kalem dan syahdu (kalo bahasa sononya: adult contemporary), dan lirik yang mudah sekali dicerna (untungnya nggak murahan), semua orang (Indonesia) suka yang seperti itu. Namun bertahan hingga dekade ke-3 tentu bukan perkara mudah. Gw yang hanya suka lagu-lagu Kahitna, nggak sampe nge-fans (belum pernah denger albumnya satupun), jadi sadar akan kelebihan band besutan Yovie Widianto ini hingga bisa bertahan begitu lama tanpa benar-benar flop. Kahitna itu ternyata punya musik yang kaya.

Jelas kita akan menemukan lagu-lagu sejuta umat dari Kahitna dalam album ini, mulai "Cerita Cinta" *masterpiece indeed*, "Cantik", "Andai Dia Tahu", "Seandainya Aku Bisa Terbang", "Tak Sebebas Merpati", "Setahun Kemarin", hingga "Aku, Dirimu, Dirinya", hit after hit. Namun setelah gw mendengarkan lebih saksama, Kahitna ini memang punya kecenderungan meramu musik yang berbeda-beda tiap lagunya. Bukan sekadar pop enak aja, tetapi ada jazz (yang sepertinya adalah basis musik sang pentolan Yovie Widianto), hingga etnik kontemporer. Dan gw baru sadar juga, lagu breakthrough mereka "Cerita Cinta" mengandung 3 jenis musik itu. Jadi nggak cuma yang kalem-kalem piano aja ("Andai Dia Tahu", "Seandainya Aku Bisa Terbang", "Tak Sebebas Merpati", "Cinta Sudah Lewat", "Cinta Sendiri") atau balada galau ("Aku, Dirimu, Dirnya", "Engga Ngerti", "Tak Mampu Mendua"), tetapi ada yang jazz (lagu baru "Pastikan"), bernuansa kedaerahan ("Lajeungan", "Dirantau"), pop yang santai ("Cantik", "Sampai Nanti", "Setahun Kemarin", "Permaisuriku"), ada juga yang lebih up-beat ("Lebih Dari Sekedar Cantik", "Mengapa Terlambat", "Tentang Diriku"), sampe ada yang pake bahasa Itali  segala ("Tiamo"), semua dimainkan sangat effortless. Dengan aransemen yang rapi, lantunan melodi dan irama yang nggak basi, asyik dan enak didengar (banyaknya personel dan instrumen rupanya nggak sia-sia ^_^), album Cerita Cinta 25 Tahun ini dengan sukses menunjukkan dan mengingatkan kembali identitas Kahitna dengan sangat baik, bahwa mereka band pop yang punya bobot dan dinamika, yang jarang sekali ditemukan dalam artis lain .

Dari komposisi albumnya sendiri, sebagaimana gw singgung, sepertinya hampir semua hits signifikan dari Kahitna dihadirkan di dalamnya. Maksud gw adalah lagu-lagu yang bahkan non-fans pun kenal. Pasti bagi fansnya ada aja yang kurang (mungkin salah satunya adalah recent hit mereka "Mantan Terindah" yang absen di sini), tapi menurut gw album ini sudah cukup komplet, efektif dan representatif. Ada 28 track yang terbagi dalam 2 keping CD, tak hanya terdiri dari lagu-lagu lama milik mereka sendiri, termasuk beberapa "self-cover" dari lagu-lagu karya Yovie Widianto yang tadinya dinyanyikan artis lain lalu dinyanyikan ulang oleh Kahitna dalam versi yang nggak kalah okenya ("Menanti", "Untukku", "Takkan Terganti", "Merenda Kasih"), juga ada 3 lagu baru ("Aku Punya Hati", "Pastikan", "Suami Terbaik"), yang semuanya enjoyable menurut gw, kecuali "Permaisuriku" dan "Cinta Sendiri" yang emang dari dulu nggak suka sih =P. Urutannya agak acak kecuali lagu-lagu baru yang memang agak "disekat", namun gw cukup menikmati lagu demi lagu yang bergulir dari awal sampai akhir, pas-pas saja dan tidak membosankan, itu tadi yang membuat gw sadar bahwa Kahitna itu nggak cuma slow ballad saja bisanya. Bolehlah mereka disebut band pop kalem, but they very good at it.

Bisa jadi Cerita Cinta 25 Tahun Kahitna adalah album kumpulan hits paling bagus yang pernah gw dengar dari artis Indonesia. Kahitna mungkin bukan band yang paling bagus di industri ini, namun harus diakui mereka sangat appealing, meski dari segi olah vokal tidaklah istimewa (tapi berkarakter kok), dari segi fisik juga tidak menonjol (ih main fisik ih), Kahitna tetaplah band Indonesia yang sangat recognizable, berkarakter  jelas terlebih dari musikalitas yang berwarna cakep dan lagu-lagu melodik yang sangat ramah telinga. Bagi yang masih ragu kenapa Kahitna bisa nga-hit-na, album ini mungkin bisa jadi gambarannya.



My score: 8/10

Kahitna
[kiri ke kanan: D. Bambang Purwono (keyboard); Heidi Yunus (vokal); 
Carlo Saba (vokal); Budiana Nugraha (drum); Yovie Widianto (piano, 
keyboard); Dody Isnaini (bass); Harry Suhardiman (perkusi); 
Andrie Bayuajie (gitar); Mario Ginanjar (vokal)]
NB: sengaja nambahin keterangan nama personel, soalnya dari dulu gw kalo inget Kahitna taunya cuman Yovie dan pada vokalis doangan =P.




Previews from YouTube

Aku Punya Hati


Cerita Cinta


Cantik


Andai Dia Tahu


Aku Dirimu Dirinya


Menanti


Soulmate

4 komentar:

  1. itu isi CD-nya dalam format Audio CD atau Video CD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya beli ini CD Audio saja =)

      Hapus
  2. Pastikan bukan lagu baru, tapi masuk kategori daur ulang -- pernah dinyanyiin Imaniar dulu banget -- mungkin elo blun lahir waktu itu =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dong, kan usia saya persis kayak Kahitna, hehe

      Hapus