Kamis, 07 Juli 2011

[Album] Adele - 21


Adele - 21
(2011 - XL Recordings/Columbia)

Tracklist:
1. Rolling In The Deep
2. Rumour Has It
3. Turning Tables
4. Don't You Remember
5. Set Fire To The Rain
6. He Won't Go
7. Take It All
8. I'll Be Waiting
9. One And Only
10. Lovesong
11. Someone Like You


Adele Adkins, atau Adele tok, penyanyi wanita asal Inggris yg masih muda (kelahiran 1988) tetapi sudah menggebrak industri musik dunia dengan suara emas dan karakternya yang jelas. Gw tau Adele dari single debut "Chasing Pavements" yang fenomenal itu pada tahun 2008, single yang juga memberinya sepasang piala Grammy untuk vokal pop wanita terbaik DAN artis baru terbaik. Awalnya gw merasa oh mungkin ini satu lagi penyanyi bule yang *maaf agak rasis* trying to be black dengan vokal khas musik soul dan R&B sebagaimana dilakukan Joss Stone dan si teler Amy Winehouse—eh berbarengan Adele muncul juga Duffy yg agak sejenis. Tetapi di antara nama2 yg gw sebut, menurut gw Adele lah yang sanggup memenangkan minat kuping gw, karena vokalnya terdengar paling sungguh2, tulus dan nggak maksa *masalah selera saja*. Sayangnya gw tidak terlalu terkesan ketika mencoba mendengar album debutnya yang bertajuk 19, yang didominasi warna pop-soul akustik syahdu minimalis itu.

Untungnya, atas rekomendasi dari beberapa orang, gw masih bersedia mencoba denger album keduanya yang kali ini berjudul 21 (ini angka usia Adele ketika merekam lagu2 untuk album ini, katanya Wiki), dan kali ini gw suka, suka banget malah. Musiknya sepertinya nggak bedah jauh sama album 19 (agak lupa2 inget sih, hehe), masih berkutat pada pop, soul, R&B, ada sedikit gospel juga, dengan instrumen akustik, dan liriknya kayaknya masih sendu karena seluruh lagu di album ini bertema patah hati. Namun, sepertinya album 21 ini lebih ngepop dan lebih santai juga, pokoknya gw sangat menikmati album ini dari track awal sampai akhir. Nada2 nya lebih catchy dan aransemennya pun beragam, tetapi vokal agak serak berat nan mantap Adele masih terakomodasi dengan sangat baik. Akan tetapi, yang bikin gw salut adalah dalam nuansa musik yang berbeda-beda, karakter Adele tidak bergeser atau tenggelam, malah semakin menonjol kemampuannya dan tereskpos semestanya. Kesemua lagu ini, bahkan "Lovesong" yang cover dari The Cure, menjadi kepunyaan Adele, terima kasih kepada vokalnya yang superb itu—mungkin juga karena pengaruh mbak ini ikut ambil terlibat mencipta lagu di semua track (kecuali "Lovesong" tentu saja) =).

"Rolling In The Deep" mengawali album 21 dengan megah, lagu jeritan "galau" tidak cengeng yang melodinya mudah diingat ini telanjur populer karena selain dijadikan single utama album ini, juga sudah sering dinyanyikan ulang oleh artis lain (dan di "American Idol" dan serial "Glee"), memang lagu ini keren. Tetapi, bukan berarti "buntut2" yang mengikuti track ini jadi biasa2 saja, sebaliknya, semakin mengalir semakin ketahuan kualitas album ini nggak cuma jago di lokomotifnya doang. Track "Rumor Has It" membawa atmosfer R&B yang lebih modern dan beat-nya bikin goyang2, diikuti "Turning Tables" (my personal favorite) yg ber-nuansa "pop galau" (bahasa anak sekarang banget sich, hehe, udah gak jaman pake "emo" =P) dibarengi string section dan piano saja—kedua lagu ini ditulis bareng Ryan Tedder-nya One Republic. Nuansa instrumen minimalis kembali muncul di lagu "Take It All" dan "Someone Like You" yang mengeksplorasi maksimal sisi emosional Adele.

Sisanya ada ballad dengan aransemen lebih komplet di "Don't You Remember", nuansa R&B kalem nan groovy namun tak kalah emosional di  "He Won't Go" (2 lagu ini juga my personal favorites =)), yang agak semangat di "I'll Be Waiting", dan sentuhan gospel di "One and Only". Bahkan Adele berani memasukan "Lovesong" yang didominasi gitar akustik yang intens, dan warna khas Britpop di lagu "Set Fire ToThe Rain", both far from failure. Setiap lagu memiliki pesona tersendiri, baik dari melodi, lirik yang lirih, juga dari aransemen yang sangat rapih dan terasa soulful, bunyi2an yang digunakan nggak itu2 aja dan tidak pernah terasa salah pilihan instrumennya. Jadi meski secara lirik temanya serupa, album ini tidak lantas jadi hambar, malah lebih beraneka rasa. Baik yang instrumennya rame, maupun yang cuma 1-2, semua terasa berbobot, dan bobot ini bagi gw adalah berkat sinergi dari lagu, musik dan vokal yang sama bagusnya.

Inilah bagusnya album Adele yang baru ini. Menurut gw 21 adalah contoh album vokal yang baik, karena tidak cuma bertumpu pada bagusnya vokal, tetapi juga karena kekuatan lagu dan musik yang disajikan yang nge-boost talenta dan karakter Adele sebagai seorang artis—kalau vokal bagus lagu jelek itu nggak enak, lagu bagus vokal jelek pun agak2 gimanaa gitu, mnurut gw ya. Bagusnya lagi, kesebelas lagunya disusun dengan susunan tepat, sehingga gw nggak bosan mendengarkan album ini tanpa skip, malah nagih. Gampang sekali mendaulat album ini sebagai salah satu bakal calon terbaik tahun ini, karena setiap mendengarnya tak kuasa gw untuk turut larut dalam suara yang muncul setiap detik durasinya. Berbagai jenis ekspresi sakit hati dirangkai dalam kata2 yang smooth nan dalem, namun diramu dalam musik yang lezat sehingga tetap mengasyikan sebagaimanapun galaunya (#eaa "galau" lagi). Sebuah album yang solid dan anggun, pembuktian bahwa Adele tidak terlena pada kesuksesan yang sudah diraih pada effort perdananya, melainkan terus mengerahkan energi untuk membuat karya yang bagus. In this case, 21 adalah karya yang bagus DAN keren DAN enjoyable. Mari menggalau secara elegan...



My score: 8,5/10


Adele


Previews
Courtesy if YouTube

Rolling In The Deep


Someone Like You


Set Fire To The Rain


Turning Tables


Lovesong

2 komentar:

  1. ooooh... i really love her voice... !! adele adalah galauers sejati.. hehe...
    nice range, nice lyrics...

    BalasHapus
  2. @Rheta, iya, ini baru "artis" yang sesungguhnya. Hidup Adele! *antusias* =)

    BalasHapus