Minggu, 08 Mei 2011

[Movie] The Hangover (2009)


The Hangover
(2009 - Warner Bros.)

Directed by Todd Phillips
Written by Jon Lucas, Scott Moore
Produced by Todd Phillips, Daniel Goldberg
Cast: Bradley Cooper, Ed Helms, Zach Galifianakis, Justin Bartha, Heather Graham, Sasha Barrese, Jeffrey Tambor, Ken Jeong, Mike Tyson, Mike Epps


Komedi khas Amerika dan gw kurang punya chemistry yang cocok. Bukannya gw anti-komedi lho, toh terakhir gw ngakak kok waktu nonton 3 Idiots tahun lalu. Tapi mungkin dulu gw terlalu sering liat di TV atau gimana, pokoknya gw tuh nggak pernah bisa tertawa tulus kalo nontonnya film2 komedi romantis Hollywood atau film2nya Adam Sandler alih2 Ben Stiller, dan sudah lama gw tidak berminat pada yang begituan, liat trailernya pun nggak tertarik. Gw nggak bilang bahwa film2 semacam itu semuanya jelek, namun untuk sebuah karya yang memang bertujuan "mengajak tertawa", kasusnya adalah gw lebih banyak tidak tertawanya. Palingan nyengir atau ketawa kecil pake napas *you know what I mean lah*. The Hangover, yang muncul pada tahun 2009 dan mendapat pujian di sana sini selain punda-pundi keuntungan, sebenarnya juga nggak terlalu menarik perhatian gw. Namun apa daya, ketika laper mata melihat tulisan "diskon" menggoda iman, gw pun membeli DVDnya, yah mumpung diskon, toh film ini juga mendapat review2 yang positif, menang Golden Globe Award pula, jadi mungkin saja gw akan menyukainya dan mungkin akan tertawa enak.

Ternyata nggak tuh.

Ceritanya sih memang gw akui cukup memikat. 3 sahabat: Phil (Bradley Cooper), Stu (Ed Helms), dan Doug (Justin Bartha) ditambah calon kakak ipar Doug, Alan (Zach Galifianakis) liburan bareng ke Las Vegas dalam rangka "bachelor party" untuk Doug yang dalam dua hari akan menikah. Malam sesampainya di sana mereka langsung mulai "jalan"...dan pagi keesokan harinya, masih setengah sadar dari mabok, Phil, Stu dan Alan terbangun di suite hotelnya yang berantakan, Phil bonyok, Stu giginya copot 1, nemu bayi di lemari, dan ada harimau di kamar mandi...dan Doug hilang! Jadi pertanyaannya, dimana Doug? Trus semalem tuh mereka ngapain aja sampe ada benda2 aneh di kamar? Dan lagi, kok bisa2nya mereka nggak inget sama sekali apa yg terjadi semalaman? Mereka bertiga memutuskan untuk melacak keberadaan dan harus menemukan Doug dari petunjuk2 yang ada sebelum hari pernikahan Doug keesokan harinya, yang membawa mereka pada fakta2 mengejutkan tentang apa yang mereka lakukan semalam sebelumnya.

Secara struktur plot *kayak gw ngerti aja* film ini cukup bikin terpaku karena gw penasaran juga pada ngapain aja tuh orang2 teler, dan memang yang bergulir tidak mudah disangka-sangka. Menarik lah. Tapi eksekusinya itu lho, yang sangat khas komedi bodoh2an ala USA, lagi2 gw kurang sreg. Pertanda paling kentara adalah tokoh nyebelin dari Alan, tokoh yang dirancang untuk jadi nyebelin dan memang nyebelin. "Pumping" baby? What the hell? Mungkin bagi orang "sono" adanya tokoh nyebelin adalah lucu, tapi buat gw, si Alan ini terlalu nyebelin sehingga jadinya nggak lucu. Tindakan mereka sudah bodoh dan itu saja (mudah2an) bisa mengundang tawa, lalu kenapa juga harus nambah tokoh yang dirancang bodoh lagi? *sigh* Pun beberapa dialog, situasi dan aksi-reaksi yang dirancang lucu, hanya beberapa saja yang bikin gw nyengir. So in short, The Hangover lumayan punya taring di jalan cerita, tapi nggak di komedinya, biasa aja...atau mungkin karena selera humor gw aja yang nggak ke situ.

The Hangover bisa jadi menghibur bahkan mengesankan bagi sebagian orang. Selain ceritanya yang agak berbeda, serta gambar2nya yang cukup menyegarkan, akting pemainnya juga baik sesuai kebutuhan, apalagi ada Bradley Cooper yang akan jadi magnet kaum wanita dan remaja putri, dan ya mungkin saja ada yang selera humornya klop dengan para pembuat filmnya sehingga ngakak dengan lelucuan2 yang dieksebisi di film ini. Gw sendiri sepertinya masuk ke sebagian lain yang tidak terlalu menyukai film ini. Nggak terlalu bikin kesal sih, cuma nggak terlalu spesial dan bagi gw nggak lucu2 amat. Biasa ah. But then again, mungkin karena culture-gap, atau gwnya yg aneh *berdiri di pojokan*.



My score: 5,5/10

2 komentar:

  1. Hmm.. film ini aku tonton kira-kira setahun lalu-lah.
    Aku cuma suka bagian awal-awal aja, cukup bikin ketawa lah. Namun, tengah-tengah udah gak lucu lagi dan membosankan (itu yang aku rasain). tapi ya emang kebanyakan tipe film hollywood begini.

    Aku sih lebih suka film komedi Inggris, walaupun lucunya kadang-kadang agak kaku, tapi lebih berkesan aja. hehehe...

    BalasHapus
  2. @Sulhan, ya seperti saya singgung, kayaknya saya udah kembung sama komedi ala hollywood, jadi film ini nggak terasa istimewa buat saya.

    Komedi Inggris sih saya jarang nonton jadi nggak bisa nilai juga, palingan Shaun of the Dead, itu lucu =D

    BalasHapus