Year-End Note: My 10 Top Songs of 2010 (Japan)

Waktunya 10 lagu Jepang 2010 favorit gw. Ternyata mengalami beberapa minggu di negeri itu—dan saat kerja pun radio berkumandang—bukan berarti membuat gw menemukan lebih banyak lagu untuk dipertimbangkan untuk masuk daftar. Toh bikin 10 lagu top di bawah ini gak perlu pake pergolakan batin yang gimana gitu *halah*, lancar2 saja, karena memang sebagaimana gw nyatakan dalam postingan My J-Pop kemaren2, lagu2 J-Pop akhir2 ini lagi kurang yahud, lebih banyak lagu2 dari “artis2 idola” yang secara musikal kurang cocok buat gw. Namun, 10 lagu di bawah ini gw djamin yahoed dah. Dalam urutan abjad latin, ini dia senarai nya…


1. “Ai” Hata Motohiro (「アイ」秦 基博)
Great song from my favorite artist. Denger sekali langsung nusuk dalem sekali. “Ai” menurut gw adalah lagu terbaik Hata Motohiro bersanding dengan “Uroko” dan “Asa ga Kuru Mae ni”. Melodinya mudah diingat, aransemennya sangat intens dan melegakan, sebuah lagu ballad yang romantis dan powerful dalam waktu bersamaan, apalagi vokal maknyuss Hata semakin matang. Just listen.





2. “Baby I Love You” (「ベイビー・アイラヴユー」) – TEE
Nampaknya sudah jadi tradisi bagi artis rap/hiphop atau reggae Jepang untuk membuat setidaknya satu single love ballad—yang sebagian besar balada patah hati, and most of them worked well. Tahun 2010 adalah giliran penyanyi reggae, TEE yang menawarkan lirik gombal (maklum, namanya juga lagu cinta) dalam bentuk curhat sing-talk di setiap verse nya, plus hook yang sederhana tapi catchy nya minta ampun, dibungkus beat medium yang santai. Eh, untungnya vokal TEE cukup berkarakter dan enak didenger pula. Nice.





3. “Harukaze” – D.W. Nicols (「春風」D.W.ニコルズ)
Tradisi J-Pop juga untuk setidaknya menelurkan sebuah single bertema kelulusan a.k.a. perpisahan sekolah di musim semi. “Harukaze” ini kira2 berisi tentang penggalan2 kengangan di sekolah yang dirangkai manis lewat nada yang sangat easy-listening dan aransemen yang kalem—meski tidak lambat. Dari pertama kali denger udah langsung masuk ke ingatan, aransemen vokalnya pun cukup oke. Sebuah lagu yang sebenarnya agak sedih tapi dibawakan dengan enak dan “empuk”, maknyuss.





4. “Honto no Kimochi” – Yu Takahashi (「ほんとのきもち」高橋 優)
Yu Takahashi yang tampak seperti singer-songwriter berpenampilan nerd ternyata handal sekali dalam membuat lagu dengan melodi mantap dan vokal jujur yang merekatkan lirik2 yang sebenarnya sederhana tapi agak panjang ^_^;. Hal plus yang gw suka dari single ini adalah aransemen yang terdengar megah, terutama bagian string section serta drum yang rada “nanggung”, semua terdengar sempurna menghiasi lagu “tembakan” bawel Takahashi beserta gitar akustiknya itu.





5. “SAKURA” – MONKEY MAJIK
Lagu ini juga bertema “kelulusan” kayak “Harukaze” nya D.W. Nicols (see? Hampir semua artis J-Pop pasti pernah bikin lagu kayak begini). Dalam “SAKURA”, Monkey Majik tetap pada ciri khasnya membuat melodi (dan lirik) yang mudah diingat dengan musik yang simpel dan santai. Vokal utama dari Maynard pun menambah bobot lagu ini dengan penghayatan yang oke =).





6. “Sayonara Lost Generation” (「さよならロストジェネレイション」) – ASIAN KUNG-FU GENERATION
Ini dia track terfavorit gw dari album terbaru ASIAN KUNG-FU GENERATION yang bertajuk Magic Disk. Sedikit berbeda dengan gaya mereka yang lalu2, AKG tidak menggeber distorsi di lagu ini, malah cenderung santai, kecuali di bagian chorus yang maut sekali. Ditambah melodi catchy dan agak “main-main” di bagian sebelum chorus dan bagian bridge, everything sounds fresh and perfect. Good! Sayang gw gak bisa nemu preview online, jalan satu2nya ya harus mengunduh memiliki albumnya *agak promosi*.


7. “Sunshine Girl” – moumoon
Yaoloooh lagu ini enak skaali. Beat ringan, vokalnya pun manis. Gw belum pernah mendengar bunyi-bunyian mesin yang genit dan ceria tapi tepat guna seperti yang ditampilkan duo moumoon ini. Yang pasti lagu ini tetap renyah didegar dalam suasana apapun, terutama kalau sedang ingin menaikkan mood. Happy day summer day sunshine girl…=)





8. “Sweet Spot” – Tokyo Incidents/Tokyo Jihen (「スイートスポット」東京事変)
“Sweet Spot” adalah lagu yang paling cepet nempel di otak di antara semua lagu dalam album Sports milik Tokyo Incidents. Liriknya berbahasa Inggris dan agak saru kalo dipikir-pikir dengan akal tidak sehat, dibalut warna agak slow R&B namun tetap dengan permainan instrumen2 jenius khas Tokyo Incidents, secara keseluruhan terdengar begitu intens dan kadang “seksi” bikin pengen denger lagi dan lagi.





9. “Tatakau Kimi yo” (「戦う君よ」) – THE BACK HORN
Terdengar sangat anthemic setelah beberapa kali diputar, hentakan dan kocokan gitarnya yang cukup sangar—namun masih dengan melodi yang “bisa didengarkan”—benar2 mengajak gw untuk headbang kecil2an *maklum biasanya denger di dalem bus, malu kalo diliatin* Cadass!





10. “Wildflower” – Superfly
Lagi2 Superfly masuk list gw, menjadikannya satu2nya artis yang 3 kali berturut-turut ada di 10 Top Songs gw sejak tahun 2008 *penting*. “Wildflower” tetap membawa wewangian ala 60s-70s kali ini dengan unsur rock campur agak country dikit meski tetap dengan melodi minor ala pop Jepang *nah lho bingung kan*. Gw suka karena musiknya nggak digeber banget tapi tetap cukup menghentak…dan vokal si Shiho Ochi massih nembak benneerr.





Honorable Mention: Guilty Pleasure of The Year
“Gee” – Girl’s Generation a.k.a. SNSD a.k.a. Shojo Jidai (少女時代)
Yang gw maksud adalah versi Jepangnya. Pas gw dateng ke negeri itu, Girl’s Generation baru saja memulai debut Jepangnya sehingga lagi sering2nya promo di stasiun2 TV sana (barengan sama KARA, but somehow I prefer this one =P). “Gee” adalah single Jepang kedua mereka, dan jujur saja, hanya dengan melihat 2 kali performa 9 gadis Korea berbentuk tubuh sama ini di TV, lagu “jahat” ini seperti sudah meracuni gw sehingga gatel pengen cari lagunya dan melihat lagi dan terus menerus penampilan2 mereka yang lain untuk lagu yang sama di YouTube. Lagu jahat! Gee gee gee gee baby baby baby…u_u’





Next: My 10 Top Albums of 2010

Komentar

  1. hihi waktu gwe pertama kaLi dengerin Honto no Kimochi, pikiran pertama gwe adaLah: "orang ini mau ngomong apa sih?" tapi akhirnya jadi "oooh yaa yaaa"..
    Dan akhirnya Lagunya nempeL deh

    BalasHapus
  2. =D

    Waaaah! Ada Hata Motohiro, Moumoon, Superfly, D.W. Nichols, Monkey Majik =D. Jadi pingin tos nih Pak Ajirenji, pas banget dengan selera saya =P. Ahem, mungkin karena suasana hati yang sedang mellow, saya prefer "Eyes on Me" saja untuk lagu Superfly paling membekas di benak sepanjang 2010 TT__TT

    Oya, ini alamat blog saya:
    yanuar1319.wordpress.com (cuma blog curhat dan puisi, sih =P)

    BalasHapus
  3. @amadl...liriknya ditulis tuh di videoklipnya, hehehe

    @Yanuar: thanks juga sharingnya ya. Eyes On Me nya Superfly juga bagus cuman mungkin terlalu mellow buat saya.
    Nanti saya kunjungi curhat2nya =).

    BalasHapus

Posting Komentar