Selasa, 28 Desember 2010

Year-End Note: My 10 Top Songs of 2010 (International)

Tanpa perlu yang panjang2 dan lebar2 lagi, berikut senarai maksa 10 lagu internasional tahun 2010 yang paling gw inget =). Dalam urutan abjad:

1. “Break Your Heart” - Taio Cruz feat. Ludacris
Catchy sekali lagu ini *gak ada alasan lain*.

2. “The Catalyst” - Linkin Park
Pertama kali denger lagu ini bikin bingung, apalagi buat gw yang penggemar Linkin Park dari zaman awal dekade 2000-an. Lagu apa ini? Penuh sesak dengan bunyi2an instrumen mesin dan lirik yang diserukan lantang. Namun, lama kelamaan “The Catalyst” terdengar anthemic apalagi di paruh akhirnya. Epic!

3. “I Am” - Mary J. Blige
Basian 2009. Bobot vokal Mary J. ternyata juga cocok dalam lagu pop R&B ringan semacam ini. Biar gw bilang ringan, tapi jangan salah, lagu ini bukan ecek2. Meskipun catchy dengan beat asoy, vokal emosional khas Mary J. masih terpamerkan dengan baik dan tidak berlebihan atau kekurangan.



4. “Just The Way You Are” - Bruno Mars
Salah satu lagu tergombal tahun 2010, tapi mnurut gw melodinya dan aransemennya asik banget. Tahun ini memang breakthrough nya Bruno Mars: sukses sebagai produser, juga tampil dalam berbagai kolaborasi bersama artis lain, karya perdana yang mengusung namanya sendiri ini pun sangat layak disimak. Suaranya mantep sekali orang ini =). When I see your face…face…face…*gema*

5. “King of Anything” - Sara Bareilles
Lagunya gak terlalu catchy untuk ukuran lagu pop, tapi aransemennya—yang tanpa mesin itu—sangat menarik. Diawali pake permainan vokal, keseluruhan lagu ini diiringi irama yang nggak pasaran yang terdengar menyegarkan dan bikin pengen ikut tepuk tangan.

6. “Let's Just Fall in Love Again” - Jason Castro
Santai dan liriknya lucu. Tadinya gw nggak nyangka lagu pop akustik ala USA ini dinyanyiin sama si peserta American Idol yang paling cengengesan itu, ternyata suara dan lagunya enak juga =).

7. “Misery” - Maroon 5
Maroon 5 nggak pernah gagal dalam menelurkan lagu yang menghentak setiap kali mengeluarkan album. “Misery” yang (masih) berlirik sakit hati dikemas dengan musik funk cerah ala Maroon 5, mudah diterima kuping banyak orang termasuk kuping gw. Asik lah pokoknya.

8. “Nothin' On You” - B.O.B feat. Bruno Mars
Alasan sama dengan nomer 1 *nggak kreatip*.

9. “Pyramid” - Charice feat. Iyaz
Pertama kali gw liat si Charice ini dulu di sebuah episode Oprah, memang sangat menjanjikan. Ngeliat performa doi di acaranya David Foster menyanyikan “I Will Always Love You” dan “I Have Nothing” nya Whitney Houston…wow sangat sangat menjanjikan gadis remaja aseli Filipin ini. Kalo gak salah single “Pyramid” adalah karya debut internasionalnya. Meski terdengar “pop Amerika” sekali, tapi dengan bantuan dari vokal/rap dari Iyaz, “Pyramid” bukanlah usaha yang sia-sia: lagunya enak, vokal dahsyat Charice pun cukup terakomodasi.

10. “Sign of a Victory” - R. Kelly feat. The Soweto Spiritual Singers
Dibandingkan “Waka Waka”, gw yakin gak ada yang inget sama lagu ini. “Sign of a Victory” adalah official anthem FIFA World Cup 2010 South Africa kemaren (entah apa beda statusnya dengan “Waka Waka” yang official song) yang dinyikan pas upacara pembukaannya. Label “anthem” pun ternyata tidak asal2an, “Sign of A Victory” memang mengalir megah, mencampurkan style R&B ballad ala R. Kelly dengan bunyi2an khas Afrika, terutama bagian chorus yang hanya berisi seruan “heee” dari Soweto Spiritual Singers yang bikin merrinndinng.



Honorable Mention: Guilty Pleasure of The Year
“Alejandro” - Lady Gaga
Perpaduan antara Ace of Base dan telenovela, “Alejandro” sangat sering terngiang-ngiang di benak gw…sedikit banyak gara2 ringtone SMS salah seorang rekan kantor adalah lagu ini u_u”. Dongkolmaning, dongkolmaning…alehandro…


Next: My 10 Top Songs of 2010 (Japan)

2 komentar:

  1. Buat saya yang tahun ini tidak terlalu mengikuti perkembangan musik Indonesia & internasional, pastinya 10 top Japanese Song versi Pak Ajirenji yang paling saya nantikan =). Kira-kira ada tidak lagu di daftar ini yang turut serta:
    Hata Motohiro - Ai, Moumoon - Sunshine Girl, Exile - Motto Tsuyoku, Kobukuro - Ryusei, Hama Takeshi - Himawari no Kioku, Monkey Majik - Sakura, D.W. Nichols - Harukaze (itu sharing lagu Jepang favorit saya sepanjang 2010 =p)

    BalasHapus
  2. woh..4 lagu diantaranya masuk lho..silakan disimak di postingan My 10 Top Songs of 2010 (Japan) =)

    BalasHapus