Rabu, 27 Oktober 2010

[Album] Angela Aki - LIFE



Angela Aki – LIFE
(2010 – Epic Records Japan/Sony Music Japan)

Tracklist:
1. 愛の季節 Ai no Kisetsu
2. 輝く人 Kagayaku Hito
3. Every Woman’s Song
4. サイン Sign
5. Remember Me
6. Unbreakable
7. What Are The Roses For?
8. 愛と絆創膏 Ai to Bansoukou
9. Mad Scientist
10. The Truth Is Like A Lie
11. Bop Bop Bop (Colors Of Your Soul)
12. 母なる大地 Haha Naru Daichi
13. LIFE


Baiklah, gw nggak akan meragukan lagi karya dari Angela Aki. Ketika gw menyukai 3 album pertama dari Angela—Home (2006), TODAY (2007), dan ANSWER tahun lalu, gw agak sangsi bakal suka pada album keempatnya ini, LIFE, apalagi single yang dirilis sebelumnya untuk album ini, “Ai no Kisetsu” dan “Kagayaku Hito” bukanlah termasuk karya Angela favorit gw. Namun、 mendengarkan keseluruhan album LIFE justru menempatkannya menjadi album Angela favorit gw, bahkan calon album terfavorit gw tahun ini. Jarang sekali ada artis J-Pop, apalagi yang model singer-songwriter, yang album pertamanya bagus dan laris, yang bisa menjaga kualitas musiknya meski harus “dikejar deadline” oleh perusahaan rekaman dengan musti bikin album paling lama 2 tahun sekali *ini asumsi saya belaka =)*.

Angela Aki “biasa”-nya mengusung musik pop easy listening tapi berbobot dan intim baik lewat aransemen komplet (dengan orkestra dsb) maupun hanya dengan pianonya saja, juga lewat lirik2 yang indah mendalam. Memang terlihat sekali pengaruh musik Amerika dalam karya2nya—yah nggak disalahin juga sih wong mbake blasteran Jepang-Amerika dan mulai bermusik di jalur independen di AS, namun itu bukan berarti jelek, malah harusnya Angela Aki lebih bisa diterima di pasar internasional dibandingkan J-Pop biasa2, apalagi dia punya vokal yang lembut dengan penjiwaan yang mantap. Album LIFE masih menunjukkan itu, untung saja, disertai beberapa hal baru yang masih sangat selaras dengan musik khas Angela Aki.

Salah satu hal baru yang dicoba oleh Angela adalah bermain gitar di lagu “Kagayaku Hito”. Meskipun sederhana, tapi depth khas Angela Aki masih terasa. Namun hal baru yang benar2 terlihat adalah fakta bahwa hampir separuh album, 6 dari 13 lagu yang ada ditulis full berbahasa Inggris dan direkam di Nashville, Tennesse, Amerika Serikat (“ibukota” musik country), malah 2 lagu di antaranya, “Every Woman’s Song” dan “Bop Bop Bop” ditulis Angela bareng Janis Ian, seorang artis folk pemenang Grammy dan salah satu artis favorit Angela—sebuah langkah besar melanjutkan album sebelumnya dimana Angela berkolaborasi dengan Ben Folds di lagu “Black Glasses”. Untungnya kesempatan ini dimanfaatkan oleh Angela dengan membuat lagu2 yang bagus dan cukup memorable. Namun, bukan berarti yang direkam di Jepang sendiri jadi terbengkalai. Contohnya adalah lagu “Haha Naru Daichi”, sebuah lagu “nasionalis” yang sebenernya simple namun terbungkus megah dengan orkestra lengkap plus alat musik tradisional Jepang, koto, menggugah sekali lagu ini =).

Secara keseluruhan gw suka bagaimana album LIFE mengalir dari awal hingga akhir. Meski cenderung kalem tapi iramanya beragam dan grafiknya nggak mbosenin, malah sangat enjoyable sekaligus timbul kekaguman akan musikalitas Angela Aki yang memproduseri sendiri album ini selain mengaransemen sebagian besar lagu2 yang ada. Mulai dari aransemen cuman 1 instrumen sampe yang super komplet pake orkestra dijajarkan secara cantik di sini. Nggak ada yang bisa gw cela…ada deing, di ending lagu “Remember Me” dia ngucapinnya “remembel us” XD, so Japanese. Tapi, ya, gw suka lagu2nya, nggak ada yang jelek. Yang perlu gw highlight adalah “Unbreakable” yang berchorus maut, “What Are The Roses For?” yang berlirik puitis dengan balutan piano dan cello saja, “Ai to Bansoukou” dan “The Truth Is Like A Lie” yang dalem banget, juga “Haha Naru Daichi” dan “Remember Me” tadi. “Every Woman’s Song” dan “LIFE” menghadirkan lirik inspiratif dalam nuansa khas Angela Aki seperti “biasa”nya, namun selalu sedap didengar. Track paling lucu adalah “Mad Scientist” yang agak centil dengan ending yang aneh, namun sama sekali nggak merusak album, lucu in a good way.

So, Angela Aki telah berhasil membuktikan kualitasnya sebagai seorang artis sejati lewat satu lagu karya yang bermutu. Dia nggak membiarkan kacamata, jeans dan rambut-ikal-panjang-nggak-pernah-dikuncir membuatnya diremehkan atau mengelabui kemampuannya membuat karya yang bisa dinikmati dan menyentuh pendengarnya. One fine work from one of Japan’s finest.




My score: 8/10


Angela Aki / アンジェラ・アキ

Previews, courtesy of YouTube

愛の季節 Ai no Kisetsu


輝く人 Kagayaku Hito


Every Woman's Song


Unbreakable


What Are The Roses For?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar