Selasa, 17 Agustus 2010

[Movie] The Expendables (2010)


The Expendables
(2010 - Lionsgate/Millennium Films)


Directed by Sylvester Stallone
Story by Dave Callaham

Screenplay by Dave Callaham, Sylvester Stallone

Produced by Kevin King Templeton, John Thompson, Kevin King, Avi Lerner

Cast: Sylvester Stallone, Jason Statham, Jet Li, Dolph Lundgren, Eric Roberts, Randy Couture, Terry Crews, Steve Austin, David Zayas, Giselle Itié, Mickey Rourke, Charisma Carpenter, Bruce Willis,
Arnold Schwarzenegger


Tak perlu kaget kalo The Expendables rame penontonnya di bioskop. Sejak dulu
kan orang Indonesia suka nonton film action, lagipula film ini dipenuhi oleh bintang2 laga dari zaman dulu hingga sekarang yang cukup dikenal masyarakat kita. Siapa gak kenal Sylvester Stallone si Rocky dan Rambo, siapa gak kenal Jet Li si Wong Fei-hung, Jason Statham si Transporter dan Crank juga pasti banyak yang tau, Dolph Lundgren dan film2 martial arts kelas B-nya cukup sering wara-wiri di TV kita di era 90-an, “Stone Cold” Steve Austin sempat sering terdengar namanya waktu tayangan gulat boongan WWE jadi fenomena, tambah lagi Bruce Willis dan si governator Schwarzenegger yang ikut mejeng sebentar, ini sudah cukup alasan untuk menonton The Expendables.

So the idea is, opa Stallone ingin mengumpulkan pemain2 bintang dalam sebuah film action yang akan memuaskan masing2 penggemar mereka maupun penonton awam. Ceritanya mah gak masalah, yang penting bisa mengakomodir ide di atas. Maka dibuatlah plot standar yang mudah dan cukup efektif. Bukan, bukan balas dendam lewat turnamen bela diri, yang standar satunya lagi: sekelompok tentara bayaran berkeahlian tinggi bertugas menjatuhkan pemimpin diktator sebuah negara. Diwarnai dengan sedikit drama yang kurang penting, keraguan dan pengkhianatan instan, jadilah kisah ini sebagai lem adegan2 aksi yang jadi porsi utama. Memang pasti akan ada pertanyaan “lha, bisa gitu” atau “lho, kok begini”, tapi semua dipatahkan oleh sebuah penggalan dialog antara Stallone dan sang damsel in distress Giselle Itié:
Sandra (Itié): “how did your get in here?” (kok bisa masuk ke sini?)
Barney (Stallone): “I just…in” (pokoknya sampe aja)
Jadi kalo merasa ada yang janggal dengan detailnya, ya sudahlah, terima saja. ^0^

Di luar itu, The Expendables adalah film yang menepati janji. Dengan cerita yang sangat klise, opa Stallone berhasil menyajikan adegan demi adegan film ini dengan tepat takarannya tak terkecuali untuk masing2 bintangnya. Adegan aksinya nendang cuy! Nggak terlalu lebay namun gak ragu2. Klasik, tapi tetap mengundak decak kagum karena eksekusi yang baik. Dari aksi pembukaan di kapal bajak laut Somalia, Stallone dan Statham lawan belasan tentara, nembak2in dermaga dari pesawat, kejar-kejaran mobil, masang bom, hingga ke adegan klimaksnya, hell yeah! Drama gak pentingnya bisa aja dirasa kelamaan (karena gak penting), cuman itu jadi selingan yang pas agar kenikmatan menyaksikan adegan2 aksinya jadi meningkat. Cara ini justru lebih efektif ketimbang model non-stop action.

Pemasangan aktor2 ternama juga rasanya tidak terlalu mubazir. Opa Stallone bermain begitu-begitu aja tapi tetep nggak bisa dikomplain, demikian juga Jet Li yang aksi khasnya muncul juga walau singkat, sedangkan Lundgren tampil nggak banyak tapi cocok juga dengan peran kasar dan telernya itu. Jason Statham on the other hand adalah pahlawan gw di film ini, selain pembawaannya yang asik,
gaya dan gesturnya waktu berlaga tuh keren banget ya *jempol*, manteph. Porsi aksi juga diramaikan oleh mantan peserta Ultimate Fighting Championship Randy Couture serta si Stone Cold Steve Austin yang sedikit dialog tapi banyak banting2an, sedangkan mantan bintang American football NFL Terry Crews tampil cerewet tapi dengan persenjataan yang lebih “bawel” lagi, membuat film ini makin hingar bingar tapi anehnya bagi gw tidak terkesan bising. Bagusnya lagi, penampilan non-laga dari Mickey Rourke sebagai mantan anggota Expendable dan Eric Roberts sebagai villain utamanya menambah nyawa film ini dengan akting yang baik. Khusus oom Rourke, gw kebanyakan gak ngerti sih dia ngomong apa (=_=”), tapi cara dia ngomong itu sangat meyakinkan, nice job Sir *iyalah kelas Oscar*.

Dengan dialog2 yang singkat tapi lucu2 juga, sinematografi dan sound yang tidak mengganggu, walaupun visual effectnya justru agak mengganggu (untung gak banyak), tapi The Expendables adalah film yang nikmat ditonton sebagai hiburan yang tidak mencelakakan. “Isi”nya sih dangkal dan kosong, tapi tetap saja film ini tidaklah rugi jika ditonton, apalagi buat yang gemar brantem2an, tembak2an, kejar2an, perang2an, ledak2an, darah2an, serta wanita seksi berkaos 1 lapis sedang berlari (@_@), The Expendables jauh dari kata mengecewakan. Eh dari tadi gw nggak nulis jalan ceritanya ya? Halah, who cares…




My score: 6/10


6 komentar:

  1. @filemovie-update, lumayan, kesukaan penonton Indonesia =__=

    BalasHapus
  2. pokoknya kayak film Commando dan Rambo jaman dulu lah.... Gak pusing cerita, ambil senapan, dar der dor sana sini, lempar granat, jagoan menang.
    Simple, gak pake vampir! Ha.ha...

    BalasHapus
  3. @semuareview...yaah, vampir ^_^;, itu kalo ada Wesley Snipes baru bisa pake vampir, =D

    BalasHapus
  4. Gua setuju banget. Jason Statham adalah starnya film ini.

    BalasHapus
  5. @Bang Mupi, hehe, keren ya, bintang action jaman sekarang banget lah.

    BalasHapus