Rabu, 14 Juli 2010

[Album] Tokyo Incidents - Sports



東京事変 - スポーツ
Tokyo Incidents (Tokyo Jihen) - Sports

(2010 - Virgin Music/EMI Music Japan)


Tracklist:

1. 生きる (
Ikiru / Vivre)
2. 電波通信 (
Denpa Tsuushin / Put Your Antenna Up)
3. シーズンサヨナラ (Season SAYONARA)

4. 勝ち戦 (
Kachiikusa / Win Every Fight)
5. FOUL
6. 雨天決行 (
Utenkekkou / Life Will Be Held Even If It Rains)
7. 能動的三分間 (
Noodouteki Sanpun-kan / 3 min.)
8. 絶体絶命 (
Zettai Zestumei / Life May Be Monotonous But The Sun Shines)
9. FAIR

10. 乗り気 (
Noriki / Ride Every Wave)
11. スイートスポット (SWEET Spot)

12. 閃光少女 (
Senkou Shoujo / Put Your Camera Down)
13. 極まる (
Kiwamaru / Adieu)


Mengharapkan Tokyo Incidents membuat musik “normal” adalah hal aneh. Mereka sudah sukses dan diterima khalayak pecinta musik Jepang dengan bunyi2an berbasis jazz yang liar nan tak terikat, yang dimainkan dengan semangat rock nan keras, tapi bukan eksperimental—yup, you read that right, bingung kan loe?—jadi tentu tidak salah bahwa mereka tetap konsisten dengan ciri yang demikian dalam album ke-4 mereka, Sports. Sebagai perkenalan, Tokyo Incidents (atau bahasa Jepangnya, Tokyo Jihen) adalah band yang dibentuk pada tahun 2004 oleh vokalis Shiina Ringo yang sebelumnya sukses sebagai penyanyi solo di blantika J-Pop dengan suara sengau nan annoying-kayak-kucing-kawin-nya (a.k.a berkarakter ^o^) itu. Kesuksesan Shiina bersama 4 personel yang sama gilanya dalam Tokyo Incidents pun tak kalah dari karir solonya, musik mereka yang unik dan (sangat) tidak biasa nyatanya tetap disambut hangat oleh masyarakat, bahkan tetap bisa sering tampil di TV nasional di sana.

Keanehan
sound Tokyo Incidents kemungkinan besar akan banyak ditolak oleh telinga pendengar musik awam, namun bagi gw charm terkuat dari band ini justru di situ, terutama aransemen yang…kayak tidak terencana. Setiap instrumennya ber-“suara” lantang (komposisinya tetap: gitar listrik oleh Ukigumo, keyboard/piano oleh Ichiyo Izawa, bass oleh si “dewa bass” sembahan gw Seiji Kameda, drum oleh Toshiki Hata, kadang Shiina juga pegang gitar), dimainkan seakan lepas dan random tapi anehnya selalu terdengar pas pada hasil akhirnya. Liar tapi familiar (<< hey, that’s a rhyme =)). Oh, lagu2nya sebenernya tidak se-ajaib deskripsi gw tentang Tokyo Incidents, melodinya simpel, ringan, dan manis, pop dengan sentuhan jazz di sana-sini, dan tampaknya inilah yang jadi perekat musik Tokyo Incidents sehingga masih bisa dinikmati—in my case, setelah mendengar 3-4 kali hehehe.

Kesan gw terhadap album Sports yang bercover brilian ini serupa dengan kesan gw ketika mendengar album2 Tokyo Incidents sebelumnya. Kesan pertama: ya ampun ini orang2 aneh banget sih. Kesan kedua: eh
track yg ini enak ternyata. Kesan ketiga: eh asik musiknya ternyata. Kesan keempat dan seterusnya: orang2 gila! Keren banget! Sulit juga bilang album ini bagus atau jelek, ataupun lebih bagus atau lebih jelek dari yang sebelumnya, alih-alih dibandingin sama musisi lain, wong jelas mereka tidak tertandingi. Bagi gw kualitasnya tetap sama, mereka tetap pada “kebiasaan lama”, yaitu tidak pernah mengecewakan dalam menawarkan kejutan lewat track demi track sehingga tidak membosankan. Mereka pandai mengatur mood urutan track, atmosfernya nggak monoton, nggak selalu digeber tensi hentakannya, tapi ada juga yang lembut sehingga yang denger bisa tetap bernapas lega =). Meski sudah album ke-4, nyatanya mereka tidak kendor dalam berkarya dengan tetap memberikan warna dinamis dan excitement dalam keseluruhan albumnya.

Dibuka dengan track ganjil “Ikiru” yang separuh awal lagunya hanya ada vokal Shiina dan mungkin vokal dari personel lainnya—tapi kedengeran kayak mode suara “choir” di keyboard =P— dan separuhnya lagi langsung
full band, Sports mengalir lancar dengan bunyi2an khas Tokyo Incidents yang unpredictable tapi teteup asik meski dihasilkan dari vokal dan 4 instrumen yang sama—yah ada sih sentuhan techno di beberapa lagunya. Track-track yang paling cepat (tidak langsung =P) jadi favorit gw adalah “Utenkekkou” yang easy listening nan menyegarkan, serta “SWEET Spot” yang manis dengan lirik berbahasa Inggris yang agak “provokatif”. “Senkou Shoujo” dan “Nodouteki Sanpun-kan” (yang durasinya pas 3 menit sesuai judulnya) pun juga jadi mudah gw nikmati karena sebelumnya sudah pernah dirilis sebagai single. Lagu-lagu lainnya tidak bisa gw bilang jelek karena…ini Tokyo Incidents, dude, ketika batas bagus dan jelek tersamarkan oleh kata “unik”.

Yang jelas Sports adalah album yang pantas didapatkan oleh penggemar, dan sangat direkomendasikan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pengalaman musik yang berbeda dari biasanya.
Another incomparable work by the one and only Tokyo Incidents.



My score:
8/10


PS: Tokyo Incidents kerap iseng dengan mengurutkan judul2
track dalam setiap albumnya dengan simetris, tak terkecuali di Sports ini. Keterangan lengkap boleh dilihat di sini. Gw kasih clue: “garis simetri”nya adalah track 7 “Noudouteki Sanpun-kan” ^_^.



東京事変 / Tokyo Incidents



Previews, courtesy of YouTube:

能動的三分間 (
Noodouteki Sanpun-kan / 3 min.)




閃光少女 (
Senkou Shoujo / Put Your Camera Down)




勝ち戦 (
Kachiikusa / Win Every Fight) (live on Music Japan)




シーズンサヨナラ (Season SAYONARA)
(live on Music Japan)




スイートスポット (SWEET Spot) (audio)




雨天決行 (Utenkekkou / Life Will Be Held Even If It Rains) (audio)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar