Rabu, 06 Januari 2010

[Movie] Zodiac (2007)



Zodiac

(2007 - Warner Bros./Paramount)

Directed by David Fincher
Screenplay by James Vanderbilt

Based on the book by Robert Graysmith

Produced by Mike Medavoy, Arnold W. Messer, Bradley J. Fischer, James Vanderbilt, Ceán Chaffin

Cast: Jake Gyllenhaal, Mark Ruffalo, Robert Downey Jr., Anthony Edwards, Brian Cox, John Caroll Lynch, Chloë Sevigny



Cuti yg gw ambil di awal tahun 2010 akhirnya bisa membuat gw nonton DVD yg gw beli udah lama tapi masih terlantar. Yg pertama gw sentuh adalah Zodiac, ini kali kedua gw nonton setelah lebih dari setahun sebelumnya gw nonton lewat VCD sewaan. Aneh sekali, meskipun udah pernah nonton, gw masih ketakutan sama beberapa adegan >_< . Diangkat dari kejadian beneran, Zodiac bertutur mengenai penyelidikan pembunuhan berantai heboh yg terjadi di San Francisco dan sekitarnya pada akhir 1960-an sampe 1970-an. Saking hebohnya hingga menginspirasi pembuatan film Dirty Harry (1971) yg dibintangi Clint Eastwood. Akan jadi kasus biasa saja, kalau saja setiap pembunuhan punya pola tertentu, dan kalau saja si pembunuh, yg menamakan dirinya Zodiac, nggak mengirim pesan berupa kode2 ke koran2 dan minta dipublikasikan, lewat itulah ia berhasil menebar teror ke masyarakat. Banci tampil...


Si Zodiac yg secara resmi tidak pernah ketahuan pasti siapa hingga sekarang, mengirimkan pesan beserta kode2 ke koran2 di San Francisco, berkali-kali. Ia mengaku (bahkan ia sendiri yg melapor ke 911) sebagai pelaku pembunuhan sepasang kekasih pada Desember 1968 di wilayah kota Benicia, lalu sepasang kekasih pada hari kemerdekaan AS 1969 di Vallejo--setelah ini dia baru mulai mengirim surat2, sepasang kekasih di siang bolong di Danau Berreyss di Napa tak lama kemudian, dan seorang supir taksi di tengah kota San Francisco. Nggak cuma itu, si Zodiac juga pernah nge-klaim sebagai pelaku berbagai kecelakaan serta meminta "tolong" sama pengacara terkenal Melvin Belli secara
on air di TV lewat telepon. Kasus2 yg diselidiki oleh Ins. David Toschi (Mark Ruffalo) dan Ins. William Armstrong (Anthony Edwards) ini menarik perhatian publik karena memang publikasinya cukup heboh. Si Zodiac sukses menebar ketakutan bagi warga. Wartawan San Francisco Chronicle, Paul Avery (Robert Downey Jr.), punya perhatian besar terhadap penyelidikan yg selalu menemukan jalan buntu dan tanpa tersangka ini, di film ini dia memperoleh petunjuk asal muasal nama dan lambang Zodiac, sampai selanjutnya setelah sekian lama kasus ini bergulir (ampe bertahun2), Avery bahkan menerima pesan langsung dari Zodiac, hingga akhirnya dipecat dari kantor karena dinilai produktivitasnya menurun. Tapi rekan satu kantor Avery, Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal) yang cuma seorang kartunis, adalah yg paling gigih menyelidiki bahkan ketika polisi udah jenuh dengan berlarutnya kasus ini.

Robert, seorang duda
single father yg suka main teka-teki, dialah yg berhasil mereka-reka gambaran pelaku dibalik nama Zodiac. Robert berhasil menemukan bahwa Zodiac terinspirasi buku atau film "The Most Dangerous Game" yg berkisah tentang seseorang yg gemar memburu manusia sebagai pengganti berburu binatang. Ia yg berhasil menemukan dari mana saja Zodiac mendapatkan sumber sehingga bisa menyusun kode2 yg dikirimkan ke koran2. Ia juga yg berhasil merangkum bukti2 yg selama ini terlewatkan akibat kekurang-kompakan antar polres zaman itu (kan blum ada internet). Ia menyimpan data, mengumpulkan kliping, bahkan berani mencari saksi2 kunci. Kegigihan yg cenderung obsesif yg menahun ini pulalah yg membuat kehidupan pribadinya dengan istri barunya, Melanie (Chloë Sevigny) jadi tak menentu.

Film ini konon mengikuti betul kejadian2 yg melibatkan Zodiac berdasarkan bukti penyelidikan dan kesaksian yg dikumpulkan Robert Graysmith (yg beneran) lewat bukunya. Beberapa kejadian pembunuhan ditampilkan dengan detail dan menegangkan padahal tidak tampak didramatisir...adegan2 ini yg bikin gw ketakutan, hehe. Film ini tidak menampilkan si "Zodiac" secara pribadi dari awal seperti film2 bertema kriminal lainnya, tapi berdasarkan penyelidikan. Hingga akhir pun tidak diungkapkan pelaku pastinya karena kenyataannya tidak ada yg pernah dijadikan tersangka apalagi didakwa sebagai Zodiac, namun dalam cerita disodorkan kuatnya petunjuk kepada 2 orang. Seorang mantan guru, Arthur Leigh Allen (John Carroll Lynch), sangat besar kecocokan profilnya dengan pelaku, tapi perbedaan tulisan tangannya dengan surat2 Zodiac menggugurkannya. Lalu ada Rick Marshall, yg diketahui Robert lewat telepon misterius, yg dicurigai sebagai Zodiac karena tulisan tangannya di poster2 film sebuah bioskop tempat dia bekerja sangat identik dengan surat2 kiriman Zodiac. Robert hanya berhasil bertemu dengan mantan bos Rick Marshall pemilik bioskop, Bob Vaughan, yg ternyata memberikan informasi yg simpel tapi...
sh*t, adegan ini yg paling bikin gw freak out, T-T'.

Sumpah, film ini megang banget, nggak cuman dari segi
suspense, tapi juga hampir semua segi lainnya. Sutradara David Fincher (yg juga berhasil membuat gw gregetan di Panic Room) memang berusaha me-reka ulang kejadian2 serealistis mungkin, dan justru dengan cara inilah ketegangannya makin menjadi. Tanpa dramatisasi berlebihan dan berjalan mengalir, lengkap dengan timeline--yg menunjukkan betapa panjangnya kasus ini berjalan, adegan2nya bener2 thrilling to the max tanpa kedodoran di sisi drama, pace-nya nggak mboseni dan rapih, bikin gw terpaku ngikut terus terutama dari pencarian fakta oleh polisi dan Robert, penokohannya lancar, akting para aktor bagus2 dan simpatik, visualnya bagus dengan sinematografi yg bercitarasa tinggi dan editing yg mantap, soundtrack oke, visual efek (untuk merealisasikan gambaran San Francisco zaman baheula) nggak mengganggu, berlalunya rentang waktu pun tidak membingungkan, poko'e maknyusss!

Cerita yg menarik,
intriguing, dengan kemasan yg ciamik membuat Zodiac film yg buat gw keren dan bagus banget, sayang award2an bergengsi menutup mata terhadap film ini, bahkan dari segi pendapatan film juga termasuk nggak laku, nasibnya lebih naas daripada Children Of Men, salah satu film favorit gw sepanjang masa yg berkualitas tinggi tapi kurang "dipandang" (walaupun masih dapet "beberapa" nominasi Oscar). Sayang! Zodiac adalah salah satu film crime thriller paling bagus yg pernah gw tonton (padahal gw nonton yg jenis ini juga kayaknya jarang banget kok, hehehe). Gw sarankan teman2 penggemar film dilarang keras melewatkan film ini.


my score:
9/10


2 komentar:

  1. Suka banget dengan tampilan visual film ini yang mantap.Dulu juga sempat heran kenapa film ini "ditolak" Oscar untuk kategori sinematografi atau artistik.

    BalasHapus
  2. @gilasinema, buzznya emang kurang siy kayaknya, jadi ketutup sama film2 unggulan Oscar tahun itu yg banyak yg jawara festival (Atonement, Juno, La Vie En Rose, etc)

    BalasHapus