Sabtu, 02 Mei 2009

[Movie] X-Men Origins:Wolverine (2009)


X-Men Origins: Wolverine

(20th Century Fox - 2009)

Directed by: Gavin Hood

Screenplay: David Benioff and Skip Woods

(Based on the characters from Marvel Comics)

Produced by: Ralph Winter, Lauren Shuler Donner, Hugh Jackman, John Palermo

Cast: Hugh Jackman, Liev Schreiber, Danny Huston, Will.i.Am, Lynn Collins, Ryan Reynolds


Semacam prekuel dari film X-Men. Sekedar informasi, Wolverine adalah salah satu manusia mutan (yg DNA nya mengalami mutasi sehingga memiliki kemampuan fisik melebihi manusia biasa, bisa banget yats nghayalnya ^_^) dengan spesialisasi menyembuhkan diri, jadi dia bisa panjang umur, dan punya cakar metalik di kedua tangannya. Konon, Wolverine adalah salah satu karakter dari dunia X-Men yg paling populer, maka nggak heran asal usul si Wolvie ini yg duluan dibuat spin-off dari trilogy film X-Men.


Gue akan membuat review dengan urutan: Sinopsis, bagian yg gue suka, dan bagian yg gue gak suka. Perhatikan panjang paragrafnya:

James Logan lahir di taun 1800-an, waktu masih kecil cakarnya udah bisa numbuh (tanpa lapis logam), ngebunuh bapak aslinya yg telah membunuh bapak yg dikiranya bapak kandung (ribet yah, tapi adegan ini gak sampe 2 menit kok). Terus dibawa kabur sama Victor Creed yg notabene kakak satu bapaknya (mutan juga, nanti jadi Sabretooth). Dengan kemampuan sebagai mutan, mereka "eksis" bener di Civil War, PD I, PD II, dan Perang Vietnam (adegan ini juga cuman opening, paling 1,5 menit). Seorang kolonel bernama William Stryker tertarik untuk merekrut mereka berdua utk dijadikan pasukan khusus bersama mutan2 lainnya (Wade Wilson/Deadpool, Fred Dukes/The Blob yg masih kurus, Chris Bradley/Bolt, John Wraith, Agent Zero). Karena aksinya terlalu kejam, Logan mangkir dan memulai kehidupan baru di Kanada bareng pacarnya, Kayla Silverfox, yg nantinya dibunuh Victor. Dengan motif ingin menghajar Victor, Logan setuju dijadikan Weapon X, proyek Stryker untuk membuat "the perfect soldier", yaitu melapisi seluruh tulang Logan dengan logam terkuat (namanya "adamantium", dari luar angkasa katanya), dan meminta nickname baru: Wolverine, yg asal usulnya sumpah basiiiii banget. Lalu Logan baru tau "ditipu" oleh Stryker yg ternyata bekerja sama dengan Victor, krn ternyata Stryker punya proyek menangkap mutan2 dalam satu lokasi untuk diambil kemampuannya dan membuat mutan multi-power Weapon XI. Oh ya, Kayla juga mutan, punya adik disekap Stryker bernama Emma Frost. Oh ya, ada Gambit juga. Eh, ada Scott Summers/Cyclops juga waktu masih muda. Wah rame ya, padahal filmnya cuman 1.5 jam loch.

Yg gw suka adalah opening kreditnya, keren, sayang cuman bentar. Gue juga suka adegan pertarungan three-some antara Wolverine-Sabretooth vs Weapon XI, keren, sayang cuman bentar juga. Pamer kekuatan Gambit juga lumayan menyegarkan.

Tapi sebenernya gw udah ada perasaan nggak enak dengan film ini waktu liat klip2 dan trailer yg sama sekali gak meyakinkan. Film apa ini? bukannya ini harusnya jadi semacam biografi Wolverine? tapi jatoh2nya mau dimiripin dengan X-Men, harus ada misi yg diselesaikan, harus ada tindakan kepahlawanan, harus ada tragedi cinta, harus ada parade banyak tokoh mutan meskipun perannya gak penting. Okelah kalo itu X-Men yg harus menampung sekian banyak karakter dalam satu film (dan hasilnya bagus), tapi untuk sebuah film yg berfokus pada Wolverine, Wolverinenya sendiri kemana? Mana Wolverine yg kasar, brutal dan buas yg jadi alasan dia poluler? Selain bahwa ia orang bersosok gagah dengan cakar logam dan nggak bisa mati, kita nggak tau apa2 lagi. Tanpa film ini pun, kita bisa kenal Wolverine yg begini dari 3 film X-Men kemaren. Malah gue lebih simpati sama Wolvie di trilogi X-Men daripada di film ini, karakterisasinya gagal, gak manusiawi. Jika dari segi naskahnya udah nggak penting, maka cara penyampaiannya pun kayak dikejar setan, cepet banget, nggak ngeresep. Visual dan adegan actionnya masih kurang heboh untuk menutupi kekurangan di cerita, apalagi visual effectnya kayak kurang dana, malah jika mengutip kata seorang temen gue, konyol. Boro-boro mau dibandingin ama X-Men, apalagi Iron Man dan The Dark Knight...sebenernya film ini cocok jadi FTV aja deh.

Di luar itu, gue hakul-yakin film ini akan lebih laku daripada Watchmen misalnya. Faktor utamanya adalah poulernya tokoh Wolverine (meskipun diperlakukan seadanya), ekspektasi dari merek "X-Men", dan Hugh Jackman serta badan kekarnya (untuk kasus seorang lagi temen gue: brewoknya). Faktor bahwa film ini hanya ditonton pake mata, nggak perlu pake otak juga pasti menarik bagi orang banyak (padahal kalo pake mata aja juga ternyata nggak bagus2 amat). Hanya sayangnya bagi gue, film ini jauuh banget dari yang seharusnya.

Vonis: nggak penting >_<




4,5/10

4 komentar:

  1. Cool! Komentar gw ttg film ini emang ga jauh beda ma elo. Tp paling engga, gw ngasih 7/10. 4.5/10?? SUADIS BANGET!! wkakkaakaka

    BalasHapus
  2. blm SemPt Nonton 333

    hahahahaha.....

    BalasHapus
  3. setuju. ceritanya parah, cheesee abis. gak dapat ponten item nih pelem. layak dapat nilai rapor merah...

    BalasHapus