Sabtu, 03 Februari 2018

My Movie Picks of January 2018

Percobaan pertama =D. Sepanjang Januari 2018 gw berkesempatan menonton beberapa biji film, dan berikut di antaranya yang paling berkesan buat gw, dalam urutan preferensi.




1. Logan Lucky
(2017 - Bleecker Street/Fingerprint Releasing)
Dir. Steven Soderbergh
Cast: Channing Tatum, Daniel Craig, Adam Driver, Riley Keogh, Seth MacFarlane


Comeback dari Soderbergh di layar lebar yang bukan hanya nggak mengecewakan, tetapi juga menggembirakan. Ia memilih materi yang sangat fun, laga komedi tentang perampokan perbendaharaan sebuah arena balap mobil, dihiasi karakter-karakter "dodol" beraksen Southern. Mungkin bisa dianggap sebagai "mini-Ocean's Eleven", namun sesantai dan semenyenangkannya film ini, tetap kelihatan kejelian artistik yang khas dari Soderbergh, yang menurut gw belakangan agak criminally underappreciated.
My score: 7,5/10



2. Along with the Gods: The Two Worlds
(2017 - Lotte Entertainment)
Dir. Kim Yong-hwa
Cast: Ha Jung-woo, Cha Tae-hyun, Ju Ji-hoon, Kim Hyang-gi, Lee Jung-jae


Seperti mimpi basah para production designer, film ini sukses besar mengejawantahkan sebuah konsep akhirat yang diadaptasi dari kepercayaan khas Asia, lalu menuturkannya menjadi sebuah adventure yang fantastis. Tentu sebagai produk blockbuster Korea, film ini juga berjalan beriringan dengan sisi drama yang menyentuh, entah itu tentang keluarga, maupun soal eksaminasi apa itu definisi "orang baik" yang sesungguhnya. Dan, film ini nggak tampak susah payah untuk meramu dan menyajikan semua unsur tadi sehingga jadi tontonan yang mengasyikkan.
My score: 7,5/10



3. Darkest Hour
(2017 - Focus Features)
Dir. Joe Wright
Cast: Gary Oldman, Kristin Scott Thomas, Lily James Stephen Dillane, Ben Mendelsohn


Film ini ingin menyelami sosok perdana menteri Inggris, Winston Churchill khususnya ketika dia dilantik tepat saat Perang Dunia II mengancam negerinya. Wright dan timnya berhasil mengekstraksi satu hal yang mencegah film ini dari kebosanan, yaitu karakter Churchill yang memang rather comical, yang dimainkan dengan heart, body, and soul oleh Gary Oldman. Sehingga, di balik intrik-intrik politiknya, baik itu kebijakan Churchill menghadapi ancaman Nazi Jerman maupun manuver para pesaingnya di pemerintahan dalam negeri, film ini tetap tersaji light dan bahkan banyak momen lucunya.
My score: 7/10



4. Surat Cinta untuk Starla the Movie
(2017 - Screenplay Films)
Dir. Rudi Aryanto
Cast: Caitlin Halderman, Jefri Nichol, Ramzy, Dian Nitami, Rianti Cartwright, Ricky Cuaca


Gw punya firasat baik sejak adegan pertama film ini. Ada perlakuan yang beda dari film-film Screenplay Films lainnya, baik itu pengadeganan yang nggak berisik, karakterisasi yang lebih likeable, dan terutama visualnya yang lebih vibrant. Well, bahkan mungkin ini adalah the best-looking film from Screenplay. Walau pada akhirnya cerita film ini masuk pada ranah overdramatisasi yang terlalu familier, gw sudah cukup senang bahwa film ini mau sedikit mengarah ke penyajian yang nggak template.
My score: 6,5/10



5. Si Juki the Movie
(2017 - Falcon Pictures)
Dir. Faza Meonk
Cast: Faza Meonk, Bunga Citra Lestari, Indro Warkop, Jaja Miharja, Babe Cabiita, Pandji Pragiwaksono


Pertama-tama yang harus bisa diapresiasi dari film ini adalah keberhasilan mengatasi salah satu masalah besar dalam film-film animasi (panjang) kita: storytelling. Mengikuti petualangan absurd Si Juki di film ini ternyata cukup enak, gw nggak kehilangan grip tentang apa yang mau dicapai, dan konsep-konsep adegan yang mau ditampilkan juga oke. Demikian pula pengarahan para aktor pengisi suara yang lebih natural ketimbang gaya dubbing. Nah, bagian teknisnya yang mungkin harus banyak dimaklumi, ketika gw merasa banyak bagian animasi yang tidak seekpresif voice-nya. Namun, buat gw kalau dari storytelling udah lumayan oke, teknisnya mah akan lebih mudah untuk di-escalate ke depannya.
My score: 6,5/10

1 komentar:

  1. Waduh, semua list film di atas keskip euy. Tapi emang bulan Januari ga ke bioskop sama sekali sih. Wekeke..

    Ditunggu list review film di bulan Februari nya

    BalasHapus