Minggu, 22 Oktober 2017

[Movie] It (2017)

It ini termasuk dalam jenis film yang jadi alasan gw nggak suka nonton horor, tetapi sekaligus juga jenis film yang bikin gw nggak sepenuhnya menjauhi genre ini. Buat gw, film horor itu 'berhasil' kalau seram, tapi film horor itu 'bagus' kalau isinya lebih daripada sekadar parade penampakan dan kengerian--gw benci banget ditakut-takutin oleh film horor tanpa alasan valid *uhuk Ju-on*. Saat nonton It, jujur, hampir nggak kehitung gw ketakutan dan berusaha look the other way ketika ekspektasi gw dipermainkan oleh film sialan ini (adegan OHP slide itu ya Gustii....). Namun, It juga tetap bisa bikin perhatian tak terpecah ketika bagian drama, karakter, bahkan humornya juga digarap dengan serius.

Dasar kisahnya memang dikondisikan "rapuh" supaya sense ngerinya lebih berasa, bertumpu pada sekelompok anak-anak kecil/praremaja dalam menghadapi teror supranatural di sebuah kota kecil, dilakukan oleh semacam jin pemangsa nyawa anak-anak yang mampu bergonta-ganti wujud tapi favoritnya adalah badut. Untungnya film ini terus menggali dan menonjolkan karakter-karakter ini plus hubungan antarmereka, sehingga gw yang nonton emang benar-benar peduli sama nasib mereka, bukan sekadar kasihan karena masih bocah. Di satu sisi gw memang masih punya beberapa pertanyaan tentang mitologi yang coba dibangun lewat sosok "it" di film ini, pun merasa filmnya agak tertatih dalam bagian perkenalan berhubung tokoh-tokohnya banyak banget. Hanya saja, karena kadung penggarapan keseluruhannya sudah bagus, dan horornya juga berhasil, gw rela menyatakan tidak ada sesal--atau pun kesal-telah menonton film ini.


It
(2017 - New Line Cinema/Warner Bros.)

Directed by Andy Muschietti
Screenplay by Chase Palmer, Cary Fukunaga, Gary Dauberman
Based on the novel by Stephen King
Produced by Dan Lin, Roy Lee, Seth Grahame-Smith, David Katzenberg, Barbara Muschietti
Cast: Jaden Lieberher, Jeremy Ray Taylor, Sophia Lillis, Finn Wolfhard, Chosen Jacobs, Jack Dylan Grazer, Wyatt Oleff, Bill Skarsgård, Nicholas Hamilton, Jake Sim, Logan Thompson, Owen Teague, Jackson Robert Scott
My score: 7,5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar