Minggu, 28 Mei 2017

[Movie] Kartini (2017)

Raden Ajeng Kartini adalah pahlawan nasional Indonesia paling terkenal, namun gw merasa bahwa beliau tidak pernah diperkenalkan secara komprehensif, termasuk dalam buku-buku sejarah. Selalu pokoknya dia bangsawati Jawa zaman kolonial yang bikin sekolah buat anak-anak pribumi, udah. Well, beliau identik juga dengan ide emansipasi wanita, tetapi apakah semua orang benar-benar tahu itu artinya apa, sampai-sampai perayaan Hari Kartini malah bikin lomba pakai baju daerah yang nggak ada kaitannya sama sekali? Dalam lautan gagasan-gagasan kurang lengkap itulah, gw senang dengan keberadaan film Kartini. Sederhana aja, baru lewat film ini gw diajak untuk "mengenal" apa dan siapa itu Kartini. Di zaman penjajahan Belanda, Kartini hidup di lingkungan yang mungkin dianggap lebih beruntung, kaya, punya akses pendidikan. Dan, ia memanfaatkan privilage itu untuk berkarya--membuat artikel budaya, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, dan transfer ilmu ke kaumnya sendiri. Bahwa sesungguhnya perjuangannya bukan melawan Belanda (yang ironically justru sangat membantunya dalam meraih cita-cita), melainkan melawan lingkungan rumahnya sendiri, tradisi-tradisi dan pemikiran-pemikiran yang membatasi terobosan-terobosan baik yang dilakukannya, hanya karena dia perempuan.

Di luar itu, film Kartini juga berfungsi baik sebagai sebuah film sejarah dengan dramatisasinya. Ya jelas selain nilai produksi apik dan jajaran pemain kelas wahid, visi film ini dalam menggambarkan Kartini yang rebel dan kaya imajinasi menurut gw sangat menarik. Itu bikin filmnya terasa hidup dan relatable untuk ditonton zaman sekarang--bukan soal otentik secara sejarah, melainkan interpretasi emosi yang riil. Konteks sejarah. sosial, dan budayanya juga bisa dikedepankan dengan mulus sehingga menyaksikannya jadi berasa utuh. Ada humor dan ada haru, sesuatu yang tak heran bila melihat nama Hanung Bramantyo selaku sutradara tapi, percaya deh, di sini beda sekali sensasinya. Somehow lebih tulus, tepat porsi, nggak serba bombastis, dan lebih kena dalam berbagai sisi. Gw berani bilang, ini film Hanung yang paling gw nikmati, tanpa komplain sedikit pun.


Kartini
(2017 - Legacy Pictures/Screenplay Films)

Directed by Hanung Bramantyo
Written by Bagus Bramanti, Hanung Bramantyo
Produced by Robert Ronny
Cast: Dian Sastrowardoyo, Christine Hakim, Deddy Sutomo, Acha Septriasa, Ayushita Nugraha, Djenar Maesa Ayu, Denny Sumargo, Giras Basuwondo, Nova Eliza, Rukman Rosadi, Dwi Sasono, Reza Rahadian, Rudy Wowor, Hans De Kraker, Barbara van Kooten, Rebecca Reijman
My score: 8/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar