Minggu, 30 April 2017

[Movie] Get Out (2017)


Get Out
(2017 - Universal)

Written & Directed by Jordan Peele
Produced by Jason Blum, Jordan Peele, Edward H. Hamm Jr., Sean McKittrick
Cast: Daniel Kaluuya, Allison Williams, Catherine Keener, Bradley Whitford, Caleb Landry Jones, Marcus Henderson, Betty Gabriel, Lakeith Stanfield, LilRel Howry


Kalau lihat poster dan nama produser Jason Blum, kentaranya Get Out ini pasti horor-thriller. Namun, sepertinya film ini punya "kelonggaran" dalam menentukan genre. Sutradaranya aja selama ini dikenal sebagai komedian, bikin film seram, dan menyinggung persoalan ras. Formula tersebut buat gw sudah cukup bikin penasaranuntuk menyaksikannya, nggak perlu tahu sinopsisnya lebih lanjut karena biasanya itu akan menghambarkan pengalaman nonton film beginian. Well, berita bahwa ini salah satu film horor-thriller tersukses di Amerika tahun ini juga jadi penguat alasan untuk nonton sih, pengen tahu what the fuss is about, hehe.

Chris (Daniel Kaluuya) diajak pacarnya, Rose (Allison Williams) ke rumah orang tuanya di sebuah kota kecil. Yang bikin nggak biasa, walaupun ini latarnya masa kini yang katanya sudah lebih "toleran", Chris itu berkulit hitam, dan keluarga Rose berkulit putih dan tinggalnya bukan di kota besar, wajar dong Chris sempat nanya, "Emang keluarga kamu tahu aku berkulit hitam?". Tapi, pas ketemu sih nggak kenapa-kenapa. Bahkan, ada dua orang berkulit hitam yang kerja di rumah mereka. Cuma, Chris merasakan kejanggalan pada dua orang tersebut. Mungkin gambaran termudahnya adalah mereka nggak berperilaku seperti orang berkulit hitam, atau simply nggak seperti manusia normalnya. Misteri ini ternyata akan terus mengejar Chris selama ia berada di tempat tersebut.

Berhubung gw jarang nonton horor, gw sepertinya mengerti kenapa cerita yang diangkat film ini "kena" buat penonton di Amerika sana. Ketegangan antarras di sana rupanya belum sepenuhnya hilang--bahkan saat-saat ini makin mengemuka lagi seperti berbagai kasus penembakan polisi terhadap orang-orang berkulit hitam yang masih sering dicurigai sebagai penjahat. Topik ini diolah oleh Jordan Peele menjadi bahan-bahan untuk memunculkan kejanggalan dan kengerian perilaku manusia, and took it to the extreme. Dan menurut gw penempatan-penempatannya terbilang cermat, contoh ketika Chris di-"pamer"-kan di sebuah pesta yang mengundang pandangan dan perlakuan yang aneh banget kepada Chris dari orang-orang, lama-lama jadi creepy juga, seperti menunjukkan batas tipis antara penasaran sama orang dari latar belakang "berbeda" atau menganggapnya semacam objek eksotis yang musti dikorek-korek. Kedengarannya lucu emang, tapi yang menganggap ini lucu berarti juga menganggap ngesuitin mbak-mbak yang lagi nunggu angkot di pinggir jalan itu menyenangkan. Freak.

Buat gw Get Out adalah perpaduan menarik antara topik yang penting dengan dark comedy dan juga horor-thriller. Memang sih, film ini nggak bikin ketakutan gimana gitu, melainkan lebih ke permainan misteri yang gw akui cukup menegangkan. Ketakutannya bukan pada emosi, tapi pada pikiran. Untungnya itu sama sekali nggak melunturkan nilai hiburan film ini. Dalam perjalanan ceritanya sih sempat kepikir juga ke gw bahwa beberapa ide-ide-nya itu agak terlalu khayal, namun gw masih bisa terima setelah menempatkan pada konteksnya tadi, ada statment yang ingin disampaikan dengan cara yang bisa dibilang kreatif. Film yang menarik, lajunya juga asik, ringkas, aktingnya tepat, dan disajikan dengan sangat komunikatif. Sebuah film yang bisa juga dipandang sebagai cara elegan untuk protes terhadap rasisme modern tanpa perlu berbusa-busa. 





My score: 7,5/10

1 komentar: