Senin, 08 Juni 2015

[Movie] Begin Again (2014)


Begin Again
(2014 - Exclusive Media Group/The Weinstein Company)

Written & Directed by John Carney
Produced by Anthony Bregman, Tobin Armbrust, Judd Apatow
Cast: Keira Knightley, Mark Ruffalo, James Corden, Hailee Steinfeld, Catherine Keener, Adam Levine, Yasiin "Mos Def" Bey, Rob Morrow, Cee Lo Green


Izinkan gw mengawali review ini dengan bilang bahwa Begin Again is a beautiful movie. Gw nggak bilang ini film sempurna atau terbaik sepanjang masa, tetapi mulai dari konsep sampai tampilan hasil akhirnya, indah banget buat gw. Setelah sekian bulan cuma tahu salah satu lagu soundtrack-nya--"Lost Stars" itu lho, akhirnya gw menonton juga filmnya, dan melihat bahwa film ini bukan cuma berisi soundtrack kece, tetapi bagaimana lagu itu benar-benar bagian dari film ini, sekalipun ini bukan film musikal.

Begin Again mungkin adalah versi teromantisasi dari perjuangan seorang artis penyanyi dalam menemukan big break-nya. Sang artis itu adalah Gretta James (Keira Knightley), seorang pencipta lagu yang hampir aja balik ke kampungnya di Inggris sebelum dicegah oleh Dan Mulligan (Mark Ruffalo), produser rekaman independen di New York yang mendengar potensi Gretta sebagai seorang artis. Film ini mengikuti keduanya menghasilkan sebuah album rekaman sendiri meski tanpa modal dan institusi resmi, tapi juga mencakup kehidupan pribadi masing-masing, dan hubungan mereka yang maybe-or-maybe-not menjurus ke kemesraan ini janganlah cepat berlalu.

Right, kalau ditulis jalan ceritanya agak cheesy ya. Belum lagi kalau gw tambahin bahwa Gretta ini baru aja putus cinta gara-gara cowoknya (Adam Levine) kena sindrom rock star, dan rumah tangga Dan sedang bermasalah, hehehe. Tapi, somehow ketika semua itu dijabarkan di layar depan mata gw, nggak kerasa tuh cheesy-nya. Mungkin karena itu digabungkan dengan konsep yang cantik, yaitu bagaimana para artis ini menyampaikan perasaannya lewat musik, baik itu cinta, senang, sedih, maupun marah. Dan bukan dengan cara lagunya sekadar diselipin atau jadi latar belakang. Pengungkapannya bukan secara verbal, tapi dari mereka bikin lagu, mengaransemen lagu, mengusahakan lagu, atau sekadar milih lagu. Adegan dengerin mp3 bareng pakai jack bercabang bisa jadi ide kencan yang brilian lho =D.

As silly as it sounds, film ini benar-benar bisa menerjemahkan bagaimana musik memang bisa jadi "bahasa" yang digunakan para musisi ini. Bagaimana musik dan sisi kehidupan lain dari mereka memang nggak terpisahkan. Film ini menunjukkan bagaimana antusiasme terhadap musik bisa menyatukan orang, dan itu dipresentasikan juga dengan mulus, nggak lebay atau kikuk. Bahkan, kalau gw mau simpulkan, film ini ingin menyampaikan bahwa kecintaan terhadap musik itu bisa lebih besar, lebih berarti, lebih menimbulkan kepuasan, dan lebih abadi daripada hasrat memiliki orang lain *aisssh*. Why? Karena itulah hidup mereka sebagai musisi, sebagai seniman sejati. Walau di dunia nyata nggak semua kayak begitu, tapi gw memandang cerita dan konsep film ini cakep aja untuk diresapi. Bagaimanapun keadaannya, you still have your music.

Mungkin kunci yang membuat semua itu enak dinikmati adalah pendekatan realistis yang dilakukan film ini. Segalanya dibuat sedemikian rupa seperti keseharian, bahkan interaksi dan nada bicara para aktornya pun begitu real. Konon katanya banyak bagian film ini yang dialognya diimprovisasi, which is cukup menjelaskan kenapa akting Adam Levine itu persis saat dia komentarin orang di The Voice, hahaha. Dan yang paling penting adalah film ini membuat gw senang dan sayang sama tokoh-tokohnya, apalagi mbak Keira yang menggemaskan from head to toe plus suara manjanya yang mirip Andrea-nya The Corrs. 

Begin Again adalah sebuah film yang begitu mudah membuat gw terlarut, dari ceritanya, penyampaian ceritanya, performa aktornya, gambarnya, musik-musiknya (hail Gregg Alexander!--abis nonton ini gw jadi dengerin album New Radicals lagi), sampai ke makna filmnya yang puitis hingga ke bagian penutupnya. Film ini juga nyinggung soal industri rekaman yang lamban terhadap perubahan zaman, yang sebenarnya agak klise, seklise bahwa seniman baru bisa bikin karya-karya bagus kalau sakit hati (Glenn Fredly and Adele would understand =p). Tapi, rasanya itu semua terintegrasi dengan indahnya dalam sebuah film musik "romantis" yang adalah Begin Again.




My score: 8/10


1 komentar:

  1. [ Dan: You can tell a lot about a person by what's on their playlist.
    Greta: I know you can. That's what's worrying me ]

    dialog yang bikin gw ngerombak playlist di player mobil takut ketauan istri gw hahaha

    BalasHapus