Minggu, 05 April 2015

[Movie] Shaun the Sheep Movie (2015)


Shaun the Sheep Movie
(2015 - StudioCanal/Aardman Animation)

Written & Directed by Mark Burton, Richard Starzak
Produced by Julie Lockhart, Paul Kewley
Cast: Justin Fletcher, John Sparkes, Omid Djalili


Shaun the Sheep Movie mungkin adalah treatment terbaik dari sebuah acara TV populer yang masih on-going. Prinsipnya sih ini just another adventure of Shaun and the gang, sebagaimana setiap episode Shaun the Sheep di TV, tetapi dibuat lebih panjang dan lebih besar skalanya. Of course, akan sangat masuk akal jika maksud dan tujuan itu diwujudkan dengan petualangan ke kota besar.

Jadi ceritanya Shaun dkk udah jenuh sama keseharian mereka di peternakan, sehingga suatu hari mereka ingin mengerjai si Peternak dengan membuatnya tidur lebih cepat di sebuah karavan. Sayangnya, mereka tak mengantisipasi bahwa karavan itu bisa bergerak, sehingga sebuah kecelakaan menyebabkan Peternak meluncur sampai ke Big City, dan kena amnesia. Shaun harus bertanggungjawab mencari sang Peternak, tetapi di kota ada seorang penangkap hewan liar yang akan dengan senang hati meringkus hewan-hewan yang bekeliaran di jalan.

Gw sebenarnya bukan penggemar Shaun the Sheep yang gimana gitu, cuma gw emang selalu menikmati ketika kebetulan nonton acaranya di TV. Rasanya pengen memuji banget humor yang disampaikan--yang gayanya antara cerdas banget dan nggak penting =D--yang emang bikin cengar-cengir, dan bagaimana itu bisa disampaikan tanpa dialog. Semua itu perfectly dipertahankan di versi movie-nya, sekalipun kisahnya lebih panjang. Itu prestasi lho. Filmmaker-nya pun bisa cukup memberi value lebih. Bukan hanya dengan visual yang lebih kaya (lebih banyak animasinya karena di perkotaan banyak orang), dan sebuah kisah kejar-kejaran yang slapstick (namanya juga kartun), tetapi juga dengan disuntikkannya unsur hati di sana. Siapa yang sangka bahwa kedekatan dan rasa saling memiliki dari Shaun dan Peternak yang harus terhalang oleh amnesia bisa begitu menyentuh.

Biar begitu, film ini juga nggak terlalu berusaha terlalu keras untuk jadi menyentuh atau deep atau whatever, dan gw rasa itu yang bikin film ini tetap semenyenangkan serialnya. Buntut-buntutnya tetep aja ada kekonyolan khas Shaun dkk yang emang klimaks, dan tentu saja ada si babi-babi gangstas itu =D. Overall mungkin film ini nggak termasuk brilian banget, tetapi dengan tetap mempertahankan unsur fun dari materi aslinya, itu sudah cukup kok.




My score: 7/10

1 komentar:

  1. Gw juga bukan fans Shaun the Sheep, tapi entah kenapa begitu film ini tayang perdana, gw langsung ngelenggang gitu aja ke bioskop. Padahal waktu itu saingannya film Jackie Chan, tapi karena gw emang lagi butuh hiburan komedi, akhirnya lebih milih film ini. Dan terbukti, film ini menghibur banget! Haha..

    BalasHapus