Minggu, 11 Januari 2015

[Movie] Paddington (2014)


Paddington
(2014 - StudioCanal)

Written & Directed by Paul King
Story by Hamish McColl, Paul King
Based on the character Paddington Bear created by Michael Bond
Produced by David Heyman
Cast: Ben Whishaw, Sally Hawkins, Hugh Bonneville, Nicole Kidman, Peter Capaldi, Julie Walters, Jim Broadbent, Madeleine Harris, Samuel Joslin, Imelda Staunton, Michael Gambon


Gw nggak yakin sejak kapan dan bagaimana gw kenal sama Paddington Bear. Mungkin dia ada di salah satu suvenir yang pernah gw liat di toko pernak-pernik, or something, pokoknya cukup familiar buat gw walaupun samar-samar. Tapi, rupanya dia adalah salah satu tokoh literatur anak yang cukup dikenal di negara Inggris, dan menular ke beberapa produk dan merchandise, sampai akhirnya sekarang diangkat jadi film bioskop dengan production value yang nggak main-main. 

Di masa sekarang ini, menampilkan sosok beruang kecil yang memakai baju dan berperilaku layaknya penduduk London mungkin terlalu sederhana untuk diangkat ke layar lebar. Tapi, film Paddington versi live action-campur-animasi ini rupanya punya "rencana". Yaitu, menjadikan film ini sebagai duta budaya Inggris hahahahaha. Well, kalau menonton film ini pasti bisa ngerti apa maksudnya. Dengan menggunakan sosok Paddington si beruang yang Inggris-enthusiast, film ini jadi sangat menonjolkan (dan mungkin mengolok-olok sedikit) kebiasaan orang Inggris yang ingin dipelajarinya. Dari basa-basinya, gesturnya, sopan santunnya, juga kelakarnya. Menurut gw itu adalah highlight yang supermenyenangkan dari film ini. Dan tentu saja pemandangan kota London, if that's still your cup of tea even after all those Sherlocks and Harry Potters and Downton Abbeys.

Kalau soal cerita mungkin sekilas standar film keluarga ya. Ada beruang bertualang sendirian dari hutan Peru ke tempat impiannya London, ketemu sebuah keluarga yang mau menampung tapi ada penolakan tapi ya of course di akhir film mereka akan saling menerima. Dan to shake things up ada pihak yang ingin berbuat jahat sama si beruang. Tapi, pinternya film ini adalah betapa mereka self-conscious bahwa cerita yang mereka bangun itu standar banget. Makanya, film ini memainkannya dari segi penyampaian yang jadi dibuat lebih fun dan rada ngeledek diri sendiri. Unsur fantasi bahwa ada beruang bisa ngomong di kota London gampang aja dibangun dengan kalimat, "Ada beruang, jangan-jangan dia sales." XD. Dari humor slapstik hingga pelesetan kata-kata, tawa pun kayak nggak habis hingga akhir. Mulai dari Paddington yang mempraktikkan 46 cara orang Inggris mengungkapkan cuaca hujan, hingga ke "turn our backs".

Menyenangkan sekali menonton Paddington. Film ini penuh dengan humor, yang sebagian besar sangat berhasil memancing gw tertawa. Beberapa mungkin terlalu maksa (Hugh "Lord Grantham" Bonneville in drag? Really?), dan kayaknya film ini banyak cameo komedian lokal Inggris yang mungkin akan lebih kena kepada orang sono juga atau pemerhati kultur pop Inggris. Tetapi, dengan kemasan yang smart dan pacing yang lincah, juga digarap dengan semangat dan kehangatan yang tulus soal arti keluarga, film ini sangat mudah dinikmati. Semudah para aktornya yang sangat santai dalam membawakan karakter masing-masing, dan semudah kita bisa sayang sama si Paddington Bear yang kiyut dan edorebel.

Bear left.




My score: 7,5/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar