My Top 10 "BLEACH" TV Anime Theme Songs

Sebagai oknum yang sempat rajin nonton anime "Bleach" semasa kuliah, gw baru tau loh kalo serial anime yang tayang di Jepang sejak tahun 2004 ini baru saja ditamatkan pada akhir Maret 2012 lalu. Heeee...padahal cerita di komiknya masih berlanjut. O well, entah ada pengaruhnya atau enggak, beberapa minggu ini gw kembali tertarik untuk meneruskan pembacaan komik "Bleach" yang sempat terhenti 2 tahunan lalu entah karena apa. Jadi, lagi lumayan demam lagi nih sama "Bleach" yang gw sangat sukai desain karakter dan karakterisasinya ini, sampe akhirnya gw pun terdorong bikin postingan blog yang berhubungan sama kisah kreasi manga-ka Tite Kubo ini (bacanya: tai-to ku-bo, gayak pisan =.=).

Kali ini gw akan membahas dan membuat senarai mengenai lagu-lagu tema dari serial animenya, itu loh, lagu-lagu yang mengiringi opening dan closing title tiap episodenya. Tidak seperti serial animasi di negara lain (baca: Amerikah) yang biasanya dilengkapi "lagu tema yang harus menyebut judul film dalam lirik lagunya secara kekanak-kanakan", serial anime di Jepang, terutama yang mainstream, seringkali menjadi media promosi artis-artis pop yang lagunya "dititip" di bagian opening dan closing title. Yep, lagu-lagunya tuh lagu "betulan" yang sebenarnya dapat berdiri sendiri, nggak harus berhubungan dengan isi filmnya, bahkan belum tentu diciptakan khusus untuk filmnya. Entah siapa yang memulainya, sepengetahuan gw dulu serial anime "Rurouni Kenshin" sudah melakukan ini, "membiarkan" beberapa slot opening dan closing title-nya untuk diisi oleh lagu dari artis-artis "sekuler" alias bukan dari dunia musik-khusus-anime. Contoh lain yang paling terkenal antara lain "Naruto", "Detective Conan", dan "Fullmetal Alchemist", yang sama seperti "Bleach" serinya sangat panjang sehingga lagu-lagu opening dan closing-nya kerap berganti-ganti.


Lagu-lagu opening dan closing serial "Bleach" seluruhnya adalah milik artis-artis yang label-nya di-induk-i oleh Sony Music Japan (sama kayak "Naruto" dan "Fullmetal Alchemist"), baik artis baru (saat itu) maupun yang sudah senior. Hingga serial animenya berakhir di episode 366 dalam rentang tayang 7½ tahun, terhitung ada 15 lagu untuk opening dan 30 lagu untuk closing. Hitungannya, satu opening song itu usia tayangnya kira kira 6 bulan (lebih kurang 25 episode), sedangkan untuk closing song 3 bulan (lebih kurang 12 episode). Jadi total ada 45 lagu (silahkan lihat di wiki ini untuk tahu selengkapnya). Terus terang salah satu faktor yang dulu sempat membuat gw betah nonton serial "Bleach" adalah lagu-lagu temanya yang sebagian besar memang enak menurut selera gw. Malah kayaknya gw perlu berterimakasih pada serial "Bleach" yang telah turut membantu memperluas khazanah per-J-Pop-an gw, karena ada beberapa artis yang tadinya gw nggak tau jadi kenal gara-gara anime ini.

Kalau menurut gw, pilihan lagu tema "Bleach" memang terbilang menarik, mungkin paling menarik daripada anime-anime lainnya yang gw tahu. Dari yang pop, rock, alternative, ballad, hip-hop, R&B, bahkan reggae, musik-musik yang asik deh, yang bila didengarkan nggak bikin malu dianggap kekanak-kanakan karena memang lagu-lagunya adalah lagu-lagu serius yang jauh dari kesan itu. Nah, mumpung serialnya sudah ditamatkan (sementara?), lumayan sah lah kalau gw membuat senarai lagu tema "Bleach" terfavorit gw dari 45 lagu yang ada, baik itu dari opening maupun closing dari serial televisinya (tidak termasuk yang movie), gw ambil 10 teratas. Kriterianya ya preference saja, yang paling catchy, yang paling nggak ngebosesin, yang paling asik musiknya, namun yang pasti penilaiannya lebih berat ke lagu versi utuhnya, bukan lagu versi pendek yang tampil di animenya, karena gw menilainya sebagai lagu mandiri. Mungkin gw udah nggak nonton animenya sejak episode 210, tapi gw masih tetep bisa denger lagu-lagu temanya, jadi sudah cukup fair, nggak ada alasan lagi "suka karena terbiasa". Kalo ternyata gak ada lagu-lagu yang lebih baru di 10 teratas, ya itu masalah selera, bukan karena gw blum pernah denger *alesan*.

Baiklah, berikut 10 lagu tema serial anime "Bleach" terfavorit gw. Bankai!!




My Top 10 "BLEACH" TV Anime Theme Songs


10. "HANABI" - Ikimonogakari (いきものがかり)
- 7th closing song (episodes 75-86); 2006
Single kedua dari Ikimonogakari yang saat itu masih pendatang baru. Sebuah departure yang cukup signifikan dari single perdana mereka yang sangat slow, lagu ini lebih bersemangat dan unik dengan tambahan bunyi harmonika. Vokalnya Kiyoe mantep di sini.

versi TV


versi utuh





9. "happypeople" - Skoop On Somebody
- 4th closing song (episodes 39-52); 2005 
Karena yang dengar lagu ini akan ikut terjerumus jadi "happy people" =)

versi TV


versi utuh





8. "Velonica" - Aqua Timez
- 9th opening song (episodes 190-214); 2009
Sebelumnya, dari single-single-nya yang lebih ke laid back pop-rock dengan lirik panjang berentetan, gw gak yakin Aqua Timez bisa menggunakan potensi rock-nya. Lagu ini mematahkan keraguan gw, Aqua Timez sukses menyajikan lebih banyak unsur rock yang fast-paced dan seru, meski tanpa meninggalkan ciri khas mereka...ya lirik panjang berentetan itu.

versi TV


versi utuh





7. "My Pace" (マイーペース) - SunSet Swish
- 6th closing song (episodes 64-74); 2006
Sebenarnya karena lagu ini lucu aja sih, baik melodi, irama, maupun liriknya. Hitotsu &^#$%!^%&^ ii. Futatsu ^$!%*%!*&( ii. Mitsu !^%$*^@ ii. My Pace $#!&^%@(* ii. =P

versi TV


versi utuh





6. "After Dark" (アフターダーク) - ASIAN KUNG-FU GENERATION
- 7th opening song (episodes 144-167); 2007
Eh curang ya? Enggak kok. Bukan karena gw nge-fans, tapi emang lagu ringkas nggak neko-neko dari AKG ini memang salah satu lagu pembuka "Bleach" yang terbaik, yang ter-catchy, dan yang terseru. Kalo gw curang pasti udah gw taruh di nomer 1...

versi TV


versi utuh





5. "Thank You!!" (サンキュー!!) - Home Made Kazoku (HOME MADE 家族)
- 2nd closing song (episodes 14-25); 2005
Lagu rap/sung yang groovy, adem sekaligus asik juga untuk goyang, bunyi instrumen sama penekanan vokalnya pas banget. Ini contoh lagu yang asik ketika didenger pertama kali, dan tetap sama asiknya ketika didengarkan lagi bertahun-tahun kemudian.

versi TV


versi utuh





4. "*~Asterisk~" (*~アステリスク~) - ORANGE RANGE
- 1st opening song (episodes 1-25); 2005
Mungkin karena ini yang pertama, jadi ada kesan yang lebih mendalam, tapi kalo enggak memang bagus, rasanya kesannya tidak akan semendalam itu. Menurut gw unsur pop, disco, elektronika dan rap dari ORANGE RANGE ini berpadu unik dan menghasilkan musik yang asik. Versi utuh/single-nya memang agak berbeda dari versi TV-nya, gw sih lebih suka versi utuh yang lebih rancak. Enak lah pokoknyah.

versi TV


versi utuh





3. "Rolling star" - YUI
- 5th opening song (episodes 98-120); 2007
Single ini sekaligus menunjukkan YUI siap untuk memainkan sesuatu yang berbeda daripada lagu pop balada bergitar yang biasanya ia bawakan. Lagu pop catchy yang unsur rocknya lumayan kenceng, agak gahar dan dramatis, dengan vulnerability khas YUI yang membuat lagu ini tetap manis tapi nggak menye-menye. Aransemennya bagus.

versi TV


versi utuh





2. "MOVIN!!" - Takacha (タカチャ)
- 8th closing song (episodes 75-86); 2006
Lagu yang juga lucu sekaligus bikin semangat. Ada perpaduan elektronik, reggae dan hip-hop, begitu menyenangkan dengan lirik-lirik dan hook yang sangat catchy, serta pembawaan Takacha yang sangat ceria tapi nggak cuwawakan. Putarlah lagu ini pagi-pagi dan niscaya Anda akan tambah semangat. Movin', movin'!

versi TV


versi video musik


versi utuh












1. "Gallop" (ギャロップ) - pe'zmoku
- 16th closing song (episodes 180-189); 2008
This is the coolest one! Secara musikalitas, lagu ini yang paling gila di antara 45 lagu tema "Bleach" yang lain. Ada rock, ada ska, ada jazz, semua menyeruak secara bersamaan menghasilkan bunyi-bunyian dan melodi dalam irama dinamis yang sulit diabaikan begitu saja. Pantas saja, pe'zmoku sendiri adalah grup kolaborasi dari pe'z, band jazz cadas kontemporer instrumentalia, dengan vokalis/gitaris folk Suzumoku. Sebuah lagu dahsyat dari sebuah kolaborasi yang ogah main aman.

versi TV


versi utuh






Demikianlah 10 lagu tema serial anime TV "Bleach" terfavorit saya. Please kindly share juga favorit kalian bilamana berkenan =).


Komentar

Posting Komentar