Rabu, 08 September 2010

[Movie] Be Kind Rewind (2008)


Be Kind Rewind
(2008 - New Line Cinema)

Written & Directed by Michel Gondry
Produced by Michel Gondry, Julie Fonig
Cast: Jack Black, Mos Def, Danny Glover, Mia Farrow, Melonie Diaz, Sigourney Weaver


Melihat nama Michel Gondry sebagai penggarap film Be Kind Rewind ini, ada sedikit harapan dari gw bahwa film ini bakal setidaknya menyajikan kegilaan visual, sebab sutradara Prancis ini terkenal dengan visual imajinatif yg luar biasa, baik dalam karir awalnya sebagai sutradara video musik (terutama lagu2 Björk...go figure), maupun yg kemudian terbawa dengan sangat apik ketika ia mengarahkan film2, termasuk (satu2nya) yg gw pernah tonton, film romansa unik peraih Oscar, Eternal Sunshine of The Spotless Mind. Harapan miminal itu memang terpenuhi, tapi gw nggak menyangka bahwa hanya itu saja yg bisa gw nikmati ketika aspek2 lain film ini hampir menyentuh batas menjengkelkan.

Be Kind Rewind bercerita tentang Mike (Mos Def) yg dipercayakan sang ayah angkatnya, Mr. Fletcher (Danny Glover) untuk mengurus toko penyewaan kaset videonya selama Fletcher bepergian. Suatu insiden terjadi ketika teman mereka yang ganjil, Jerry (Jack Black) yg terkena setruman tegangan tinggi, diduga kuat mecemarkan medan magnet ke sekitarnya yg menyebabkan seluruh film yg terekam di kaset video di toko penyewaan itu hilang lenyap, yang tentunya akan mengecewakan pelanggan, apalagi Mr. Fletcher kalau dia sampe tahu. Kebingungan, dan ketika stok kaset video udah nggak ada lagi (skarang jamannya DVD man), Mike dan Jerry sepakat untuk menimpa kaset video yg terhapus, dan me-reka ulang adegan2 filmnya yang dibuat dan diperankan oleh mereka sendiri dengan peralatan seadanya. Bermula dari Ghostbusters, rupanya video mereka sukses dan diminati bahkan sampe penduduk luar kota. Mike dan Jerry pun harus berusaha lebih keras untuk me-reka ulang (istilah mereka: sweded) lebih banyak film lagi, dari Rush Hour 2, Robocop, The Lion King (!), Men In Black, sampe King Kong, dan banyak lagi yg lain ..tapi sampai kapan, ketika Mr. Fletcher hampir pulang dan pihak penyelidik hak cipta mendatangi mereka...?

Eehmm...ya, kira2 begitu ceritanya. Sebenarnya premisnya cukup menarik, apalagi didukung oleh aktor2 yang berkelas lah. Cuman, gw rasa penceritaan Be Kind Rewind ini berantakan sekali, nggak jelas. Mau kasihan, mau ketawa, mau simpati, mau kagum, nggak bisa gw. Apalagi penampilan Jack Black yang oh my goodness sangat2 menyebalkan dan bikin risih membuat gw makin kesal sama film ini. Ada beberapa sub-plot yang cukup menarik tetapi pada eksekusinya menurut gw kurang enak rangkaiannya. Apa maksud film ini pun gw nggak paham, interaksi antar aktornya pun kayak gak nyambung dan kebingungan, atau justru gw yg nggak nyambung dan kebingungan, mungkin sistem otak gw juga terkontaminasi magnet Jerry. Oh, well...

Namun di luar itu, visual unik khas Michel Gondry tetep bisa dinikmati di sini. Bagaimana cara Mike, Jerry dan kawan2 berusaha membuat ulang adegan2 film terkenal dengan keterbatasan peralatan dan situasi memang luar biasa kreatif (dan tanpa CGI tentu saja), dan inilah satu2nya hal yg bisa dinikmati sepanjang film ini, entah itu mobil dari karton/kertas, bikin adegan malam hari tapi syuting siang hari pake kamera mode negatif dengan muka ditutupi kertas fotokopian wajah mereka *nice*, dan masih banyak lagi. Sektor art direction-nya masih patut diberi cendol *emangnya kaskus hehe*. Hanya itu. Sisanya, film ini jauh dari kata "oke", buat gw setidaknya. Kekacauan plot dan tingkah polah overacting dari Jack Black sayangnya menganggu usaha gw untuk menyukai Be Kind Rewind. It's seems like I ain't that kind *aihsokbahasainggris*.



my score: 4,5/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar