Senin, 08 Oktober 2018

My Movie Picks of September 2018

Secara pribadi September kemarin bukan bulan yang semarak dalam hal menonton film buat gw, namun untungnya masih berhasil menemukan yang berkesan. Tiga doang sih, tapi ya okelah, hehe.



1. Aruna & Lidahnya
(2018 - Palari Films)
Dir. Edwin
Cast: Dian Sastrowardoyo, Oka Antara, Nicholas Saputra, Hannah Al Rashid, Ayu Azhari, Deddy Mahendra Desta


Ada perasaan senang setelah kelar nonton film ini, sesuatu yang tidak benar-benar gw persiapkan ketika akan menyaksikan sebuah film arahan Edwin--yang setahu gw lebih sering berkutat di ranah yang lebih edgy dan simbolik, bahkan Posesif tahun lalu juga masih berasa begitu. His latest commercial attempt ini terlihat sebagai hasil kolaborasi dan kompromi yang pas antara menghantarkan cerita jalan-jalan dan pertemanan antar-adult yang ringan penuh canda ria yang kadang konyol dan absurd, sekaligus tetap terasa kedewasaannya. Overall feeling tersebut juga lumayan sukses mengalihkan gw dari ganjalan-ganjalan kecil tentang apa sih sebenernya kerjaan Aruna serta teori konspirasi yang agak terlalu berat buat dijadikan  "hanya" kisah pendamping.
My score: 8/10






2. Crazy Rich Asians
(2018 - Warner Bros.)
Dir. Jon M. Chu
Cast: Constance Wu, Henry Golding, Michelle Yeoh, Gemma Chan, Awkwafina, Ken Jeong, Chris Pang, Sonoya Mizuno, Lisa Lu, Nico Santos, Jing Lusi, Pierre Png, Jimmy O. Yang, Tan Kheng Hua


Potensi menjadi kisah receh ala telenovela Meksiko atau sekadar Meteor Garden versi Hollywood sanggup dipatahkan. Walau dengan premis dasar hubungan cinta yang terhalang keluarga besar, kompleksitas karakternya berhasil memberikan sudut pandang tersendiri--terutama dari tokoh utama ceweknya yang Chinese-American sehingga duduk konfliknya jelas bukanlah karena perbedaan ekonomi. Apakah merepresentasikan kaum jetset berdarah Asia yang otentik? Entahlah. Yang pasti, film komedi romantis ini begitu lancar bercerita, ritmenya asyik, dan sukses memunculkan makna "crazy rich" dan "Asian" dalam suatu persembahan yang terintegrasi, bukan cuma hiasan atau lucu-lucuan doang.
My score: 7,5/10






3. Something in Between
(2018 - Screenplay Films)
Dir. Asep Kusdinar
Cast: Jefri Nichol, Amanda Rawles, Junior Liem, Slamet Rahardjo, Yayu Unru, Naufal Samudra, Febby Rastanty, Amara, Dolly Martin, Djenar Maesa Ayu, Surya Saputra, Denira Wiraguna


Bagi yang masih sabar berharap bahwa kali aja Screenplay Films bisa menghasilkan film drama romantis remaja yang actually 'nggenah', harapan itu semakin nyata ketika Something in Between rilis di bioskop September kemarin. Iya, film ini paling mendekati harapan itu. Tak lagi dijejali dialog-dialog ajaib-maunya-puitis-bawa-bawa-Tuhan, ataupun 'twist' daur ulang dari sekian ratus opera sabun semisal amnesia, kembaran rahasia, sakit-sakit stadium empat ke atas, salah sangka bikin depresi bertahun-tahun, dsb. Film yang ini berjalan sebagaimana roman remaja 'seharusnya', dengan kadar manis, haru, dan lucu secukupnya. Bagian terajaib dari film ini pun masih acceptable, karena memang bermain di ranah fantasy romance. Dengan masih ada kekurangan sana-sini, gw berani bilang ini film roman Screenplay terbaik sejauh ini =).
My score: 7/10



Tidak ada komentar:

Posting Komentar