Rabu, 08 Agustus 2018

My Movie Picks of July 2018

Lanjut ke bulan selanjutnya, sepertinya gw lagi dalam fase ketika mood sedang sulit untuk di-uplift dengan menonton film-film terbaru. Dan, iya, gw percaya menilai bagus tidaknya sebuah film kadang tergantung juga pada situasi diri saat itu. Di "ampas" masa liburan kayak bulan Juli ini gw cukup berharap sama beberapa rilisan bioskop, tetapi akhirnya jadi sering cari "pelarian" ke film-film lama yang belum gw tonton via home video. Inti curhatan tadi sebenarnya hanyalah jangan terlalu kaget sama rekapan gw untuk bulan Juli ini, hehe. Semoga yang di bulan baru lebih exciting lah ya.






1. Gone Girl
(2014 - 20th Century Fox)
Dir. David Fincher
Cast: Ben Affleck, Rosamund Pike, Carrie Coon, Tyler Perry, Kim Dickens, Patrick Fugit, Neil Patrick Harris, Missy Pyle, Emily Ratajkowski, Casey Wilson, Sela Ward


Dan akhirnya kesampaian juga menonton film yang sangat hype pada masanya ini--tapi batal rilis di bioskop Indonesia konon gegara yang punya film nggak mau filmnya ada yang dipotong/disunting demi sensor secuil pun. Gayanya sang sutradara seperti biasa seakan mengalir saja tanpa kehebohan, tetapi menyaksikan adegan demi adegan tanpa mampu teralihkan, serta munculnya ketegangan dan keresahan di adegan yang "kayak nggak ada apa-apa", membuktikan ada keahlian yang dilakukan tak kasatmata. Memadukan kisah kriminal dengan drama rumah tangga namun tidak jatuh jadi opera sabun, ide liar sang pemilik cerita sukses disajikan sebagai film yang begitu memikat, dihiasi dialog-dialog witty dan akting berkelas yang membuatnya tidak sesuram kedengarannya.
My score: 8/10





2. Three Billboards Outside Ebbing, Missouri
(2017 - Fox Searchlight)
Dir. Matthew McDonagh
Cast: Frances McDormand, Sam Rockwell, Woody Harrelson, Caleb Landry Jones, Peter Dinklage, Lucas Hedges, Abbie Cornish, John Hawkes, Željko Ivanek


Meski dipicu oleh sebuah kasus kriminal tak terselesaikan--hingga ibu sang korban kukuh menuntut keadilan, film ini rupanya ingin lebih mengupas karakter-karakternya yang bisa dibilang terjebak dalam keadaan, ataupun terjebak oleh keputusan mereka sendiri. Kalau disarikan ceritanya agak sedih karena berisi tokoh-tokoh bernasib tragis, tapi untungnya film ini menyajikannya dengan dark humour, dialog ngocol, dan pilihan-pilihan adegan yang menghentak.
My score: 7,5/10





3. Mission: Impossible - Fallout
(2018 - Paramount)
Dir. Christopher McQuarrie
Cast: Tom Cruise, Henry Cavill, Rebecca Ferguson, Simon Pegg, Ving Rhames, Alec Baldwin, Angela Bassett, Sean Harris, Vanessa Kirby, Michelle Monaghan, Wes Bentley


Franchise Mission: Impossible *iya, ada titik dua di tengah* sepertinya mau memakemkan gaya penuturan action spionase yang nggak banyak ngomong tapi berbicara lewat situasi, satu hal yang sukses besar di episode sebelumnya, Mission: Impossible - Rogue Nation (2015). Fallout sendiri gw tangkap seperti semacam rangkuman berbagai elemen lima film sebelumnya, entah itu pengulangan tema, setting, hingga pengulangan karakter dari film sebelumnya yang gw sangka udah beres eh rupanya ceritanya ini lanjutan langsung dari Rogue Nation jadinya muncul lagi, hehe. Meski Fallout tetap seru banget, gw merasa Rogue Nation, yang dalam memori gw masih lebih fresh, masih jadi favorit pribadi. Ya daripada M:I-2, ye 'kan =p.
My score: 7,5/10





4. Ant-Man and the Wasp
(2018 - Marvel Studios)
Dir. Peyton Reed
Cast: Paul Rudd, Evangeline Lilly, Michael Douglas, Michelle Pfeiffer, Laurence Fishburne, Walton Goggins, Hannah John-Kamen, Michael Peña, Judy Greer, Bobby Cannavale, Abby Ryder Forston.


Kalau ditimbang-timbang dengan film-film Marvel lainnya, Ant-Man (2015) adalah yang paling nggak dibebankan dengan misi menyelamatkan seluruh jagat raya, sehingga munculnya pun appropriately lebih ceria, ringan, dan paling menyenangkan. Sekuel-nya ini menurut gw masih dengan pembawaan yang sama, bahkan kini dengan jalan cerita yang lebih tidak klise, dan masih sama lucunya. Namun, sisi lain dari kesamaan tersebut adalah jadinya film ini nggak terasa sesegar kemunculan pertamanya. Untunglah kehadiran mbak Evangeline sebagai The Wasp memang exciting, hehe *penggemar sejak Lost*.
My score: 7/10





5. Buffalo Boys
(2018 - Infinite Studios/ Screenplay Infinite Films)
Dir. Mike Wiluan
Cast: Ario Bayu, Yoshi Sudarso, Pevita Pearce, Tyo Pakusadewo, Reinout Bussemaker, Happy Salma, Daniel Adnan, Mikha Tambayong, Donny Damara, El Manik, Zack Lee, Sunny Pang, Alex Abbad, Mark 'Conan' Stevens


Okay, apakah ini film terbaik di luar sana? Bukan. Akan tetapi, sebagai sebuah laga fantasi, film ini tetap sebuah "ke-ngaco-an" yang menyenangkan, mewujudnyatakan imajinasi tentang petualangan ala wild west yang dimuat-muatin dalam setting Indonesia zaman kolonial. Upaya keras dalam memproduksi film ini terlihat jelas: adegan-adegan laganya keren, look-nya mahal berasa nonton film luar negeri, Sudarso sukses berbahasa Indonesia tanpa aksen aneh-aneh, dan yang paling gw salut adalah para aktor elit Indonesia di sini berhasil mengujarkan lines mereka dengan artikulatif dan beremosi sekalipun susunan kalimatnya ketahuan banget asalnya ditulis tidak dalam bahasa Indonesia. Gw perlu taruh film ini di senarai, karena harus diingat lagi bahwasanya Indonesia bisa banget memproduksi (atau ko-produksi) film berskala mancanegara seperti ini...tinggal masalah mau (kasih modal) atau nggak =D.
My score: 7/10




Tidak ada komentar:

Posting Komentar