Minggu, 04 Maret 2018

Tebak-Tebakan Pemenang The 90th Oscars

Kalau tradisi tahunan pastilah gw usahakan untuk bikin =). Hello again, y'all, gak berasa udah awards season lagi di Hollywood, dan udah deket banget sama perhelatan Piala Oscar ke-90. Yah, emang beneran nggak berasa sih kalau film-filmnya banyak yang kurang dikenal di sini hehehe. But anyway, gw tetap akan bikin tebak-tebakan pemenang Oscar tahun ini yang murni spekulasi semata, secara film-film yang katanya unggulan belum gw tonton--mostly karena belum/tidak edar di sini. Sama seperti tahun lalu, pemetaan spekulasinya berdasarkan hasil ajang-ajang penghargaan pra-Oscar, baik itu pilihan para kritikus maupun sejumlah profesi perfilman di Amerika Serikat. Ingat, pendapat dan penilaian pribadi gw (or all of us) yang jelata ini nggak ada pengaruhnya. Siapa gw untuk bilang "layak" atau "nggak layak" atau "harusnya anu yang menang", acara acaranya mereka, ye nggak? Ambil fun-nya ajalah.

Okeh, berikut adalah tebakan versi gw, nanti hasilnya akan dicek setelah hasilnya keluar hari Senin, 5 Maret 2018 pagi Waktu Indonesia Barat. Apakah gw masih mampu menyamai rekor tebakan gw di Oscar ke-88? Hmm, ragu sih.



best picture
THREE BILLBOARDS OUTSIDE EBBING, MISSOURI

Awards season kali ini adalah salah satu yang cukup sulit karena hampir nggak ada satu frontrunner utama, maksudnya satu film yang menang di mayoritas semua ajang penghargaan. Kali ini semua agak terbagi. Lebih ribet lagi adalah sistem voting Best Picture dalam beberapa tahun belakangan yang bukan lagi berdasarkan suara terbanyak, melainkan preferential voting--setiap kertas suara ada lebih dari satu pilihan terbaik yang diurutkan berdasarkan ranking. Singkat cerita, misalnya satu film dapat nomor satu yang terbanyak pun belum tentu bisa menang kalau jumlahnya nggak memenuhi standar tertentu, jadi harus diolah lagi dengan film yang dipilih di nomor dua, dst dst. 

Makanya ada pemenang Best Picture seperti 12 Years a Slave (86th Oscar), Spotlight (88th Oscar), dan paling gong fenomenal hempas nyata adalah Moonlight (89th Oscar tahun lalu). Kesamaan mereka semua adalah berhasil dapat Best Picture kendati nggak dapat total piala terbanyak dalam tahun masing-masing. 12 Years dapat 3, Spotlight total cuma 2, Moonlight total 3, beda jauh sama total yang diraih secara berturut-turut Gravity (7 piala), Mad Max: Fury Road (6 Piala), dan *gasp* La La Land (6 piala). Jadi, piala terbanyak belum tentu dapat Best Picture. Gitu.

Nah, kalau dari ajang penghargaan pra-Oscar, kandidat yang paling memungkinkan untuk Best Picture adalah Three Billboards Outside Ebbing, Missouri *ctrl+c* *biar kalau harus nulis lagi nggak perlu capek* dan The Shape of Water. The former yang memang pure drama sering menang kategori film terbaik dalam beberapa bulan ke belakang (Golden Globe, Screen Actors Guild, 2 piala di British Academy Film Award/BAFTA), sedangkan the latter yang roman fantasi sering dipuji teknisnya (menang di Critics' Choice, Producers Guild of America, Directors Guild of America). Meskipun belum nonton dua-duanya, gw akan senaaaaang sekali jika The Shape of Water yang menang karena gw memang penggemar sang sutradara Guillermo del Toro. Namun, di antara dua ini, gw condong pada *ctrl+v* Three Billboards Outside Ebbing, Missouri yang lebih memungkinkan karena nggak terlalu ber-gimmick dan sepertinya menonjol di cerita dan performances. Tapi lagi, dengan sistem voting yang agak ribet itu, we'll never really know.

pleasant surprise: The Shape of Water


directing
THE SHAPE OF WATER
Directors Guild of America (DGA) Awards sudah memilih jadi tinggal ikutin saja. Go Guillermo!!


actor in a leading role
Gary Oldman, DARKEST HOUR
Untuk kategori akting, tahun ini termasuk aman untuk menebak karena ajang penghargaan besar punya favorit yang percis cis sama. Dari Golden Globe, Critics Choice, eh diikutin juga di Screen Actors Guild (SAG) Awards dan bahkan BAFTA. Jadi, silly aja sih kalau ngeyel nebak yang lain, heuheu.


actress in a leading role
Frances McDormand, THREE BILLBOARDS OUTSIDE EBBING, MISSOURI
idem


actor in a supporting role
Sam Rockwell, THREE BILLBOARDS OUTSIDE EBBING, MISSOURI
idem


actress in a supporting role
Allison Janney, I, TONYA
idem


animated feature film
COCO
Duh, of course Pixar will win yet another Oscar. Hehe, kidding, filmnya emang bagus dan layak sih. But, you know, kalau Brave aja bisa menang...


cinematography
BLADE RUNNER 2049
Belum kapok juga gw menebak sinematografer senior nan canggih Roger Deakins akhirnya menang Oscar setelah belasan kali dinominasikan hanya untuk kemudian disalip sama yang lain, hahaha. Gw nggak tahu lagi deh, tapi tebakan ini sekaligus doa semoga ini benar kejadian. Amin.

pleasant surprise: The Shape of Water


costume design
PHANTOM THREAD
Wild guess, hanya karena filmnya soal perancang busana =P.

pleasant surprise: Beauty and the Beast


film editing
DUNKIRK
Walau awalnya bikin bingung, harus diakui editing film ini cukup inovatif dalam menyajikan ceritanya, dan kayaknya akan mendorong voters Oscar untuk milih ini.

pleasant surprise: obiously, Baby Driver =)


makeup and hairstyling
DARKEST HOUR
Kali ini para nomine makeup-nya nggak ada yang cetar-cetaran, tetapi lebih ke seberapa riil dalam mengubah rupa pemerannya. My bet on the flawless Winston Churchill makeup.


original score
THE SHAPE OF WATER
Nebak aja sih, buat melengkapi feeling gw filmnya akan menang banyak Oscar tapi nggak Best Picture haha.


original song
"This Is Me", THE GREATEST SHOWMAN
Seringkali pemenang kategori ini agak random *uhuk Sam Smith*. Akan membantu kalau nominenya ada yang berasal dari unggulan Best Picture, tetapi popularitas juga kayaknya punya peranan. Buat gw, hasilnya benar-benar 1:5, semua punya peluang. Tapi kalau mau yang crowdpleasing dan bisa mudah ditemukan di luar filmnya, maka "This Is Me" mungkin akan menang.


production design
THE SHAPE OF WATER
nebak aja =).


sound editing
THE SHAPE OF WATER
Tahun ini nomine Sound Editing dan Sound Mixing sama persis dan kemungkinan akan bikin voters makin bingung apa bedanya dua kategori ini heuheuhu. Asumsi gw, piala di dua kategori ini akan diraih oleh film yang sama. Demi setidaknya bisa nebak salah satu dengan benar, gw akan tebak dua judul berbeda *jenius, isn't it =p*.

pleasant surprise: BABY DRIVER


sound mixing
DUNKIRK
See what I did there? ;)

pleasant surprise: BABY DRIVER


visual effects
WAR FOR THE PLANET OF THE APES
Gw menjagokan dua film Apes sebelumnya di kategori ini dan keduanya keliru. Dan somehow gw kekeuh menebak efek visual luar binasa dari Apes akan menang Oscar, paling nggak di film ketiga. Sama seperti opa Roger Deakins di sinematografi, biarlah tebakan ini sekaligus jadi doa. Amiinnn.

pleasant surprise: STAR WARS: THE LAST JEDI


adapted screenplay
CALL ME BY YOUR NAME
Kans terbaik dari film roman antarbatang ini ada di kategori ini, dan kayaknya bakal dapet sih.


original screenplay
GET OUT
Get Out adalah film yang sangat menarik. Itu menurut gw. Tapi, film ini 'kan di US jadi representasi equality dan diversity yang lagi digembar-gemborkan selama beberapa tahun terakhir, sehingga memberi piala pada film ini bisa jadi gestur yang dirasa tepat. I don't mind at all.


foreign language film
A FANTASTIC WOMAN (Chile)
Nebak aja. Gw agak ragu Loveless yang menang secara US lagi agak sensi sama Rusia *cocoklogi*.


documentary feature
FACES PLACES
well, kita sudah masuk kategori-kategori nebak random jadi ya pasrah aja saya mah. ^_^;


documentary short
HEAVEN IS A TRAFFIC JAM ON THE 405
^_^;


animated short film
NEGATIVE SPACE
^_^;


live-action short film
MY NEPHEW EMMETT
^_^;






Begitulah tebakan gw. Mari buktikan hasilnya pada Senin, 27 Februari 2017 jam 7 pagi WIB, setidaknya di linimasa, huhuhu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar