Minggu, 22 Oktober 2017

[Movie] Detroit (2017)

Tante Kathryn Bigelow ini sepertinya sedang ambil spesialisasi true story, kemarin sudah Zero Dark Thirty dan sekarang Detroit. Jadi katanya di kota Detroit, AS tahun 1967 terjadi kerusuhan besar-besaran bermotif ras, dan di tengah-tengah itu terjadi sebuah kasus besar yang penyelesaiannya nggak membantu memadamkan konflik bermotif ras di sana. Di sebuah motel terjadi penggerebekan yang cukup lama, ketika kepolisian lokal menginterogasi sekelompok pemuda-pemudi--sebagian besar berkulit hitam--atas dugaan penembakan liar ke arah polisi yang sedang tugas jaga di dekat situ. Film ini lumayan mendetail dalam menuturkan dalam beberapa tahapan: dari latar situasinya, perkenalan beberapa karakter kunci, proses penggerebekan, hingga aftermath-nya di pengadilan dsb.

Dengan penuturannya itu, sebenarnya agak sulit untuk bisa "menikmati" film ini, ketika bagian kebrutalan dan intimidasi polisi terhadap orang-orang yang bahkan belum berstatus tersangka tersebut ditunjukan dalam detail yang panjang dan melelahkan. Disclaimer-nya sih bagian tersebut lebih kepada interpretasi terhadap bukti-bukti yang disampaikan di pengadilan, yang fakta-faktanya masih simpang siur berhubung putusan pengadilannya dianggap kontroversial. Dan lagi, gw belum menangkap apa sebenarnya standing point dari si pembuat film terhadap isu ini, selain menunjukkan bahwa para oknum polisi ini sengaja nggak pakai protokol yang seharusnya karena rasis aja. Cuman, nggak bisa dipungkiri film ini punya banyak momen yang mencekam bahkan emosional, terampil bangetlah pengadeganannya, sehingga tetap bisa terus diikuti. Bolehlah.


Detroit
(2017 - Annapurna Pictures/MGM/Entertainment One)

Directed by Kathryn Bigelow
Written by Mark Boal
Produced by Megan Ellison, Karthryn Bigelow, Mark Boal, Matthew Budman, Colin Wilson
Cast: John Boyega, Will Poulter, Algee Smith, Anthony Mackie, Laz Alonso, Jacob Latimore, Jason Mitchell, Hannah Murray, Jack Reynor, Kaitlyn Dever, Ben O'Toole, John Krasinski, Nathan Davis Junior, David Malcolm Kelley, Peyton 'Alex' Smith, Jeremy Strong
My score: 7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar