Rabu, 18 Oktober 2017

[Movie] Bad Genius (2017)

Katanya sih nyontek di sekolah itu hal yang (hampir) semua orang pernah melakukan, malah kadang udah kayak nggak berasa salah gitu. Macam buang sampah sembaranganlah, ngelanggar hukum dan berdampak buruk tapi dianggap yaudahsik. Dan, menurut pengalaman gw, itu juga dijadikan "alat" transaksi pergaulan, biar dianggap temen. Semakin gencar pihak sekolah membuat metode anticontek, semakin siswa-siswi lebih kreatif dalam cari cara mencontek--dan kenapa energi kreativitas itu tidak disalurkan untuk cari cara supaya bisa ingat pelajaran akan selalu jadi misteri. Anyway, rupanya itu bisa dijadikan sebuah sajian film yang menarik dalam Bad Genius. Si jenius di ini bukan hanya jenius dalam pelajaran, tetapi dalam mengambil kesempatan. Didorong oleh teman-teman sekelasnya di SMA, ia membuka bisnis contekan dengan metode unik. Teman senang, dia untung, sama-sama lulus. Tawaran yang lebih tinggi pun dijabanin, sekalipun risiko dan taruhannya juga makin besar. Tapi, mau sampai kapan?

Mungkin karena model sistem pendidikan formal di Thailand dan Indonesia mirip-mirip, jadi gampang banget terhubung sama film ini. Apalagi dibikin kayak film-film laga perampokan gitu, ada tim dengan tugas masing-masing dan semua dipepet waktu. Sensasi kegelisahan saat nggak bisa jawab pertanyaan dan berusaha cari contekan saat pengawas sedang lengah bisa di-capture dengan bagus di sini. Seru banget, dan kok ya bisa kepikiran bikin sesuatu yang kita anggap "biasa" menjadi tontonan yang menghibur. Untungnya, film ini nggak terus mengglorifikasi kehebatan mencontek dan bagaimana itu jadi duit. Gw cukup setuju dengan konklusi film ini, bahwa hal yang kita pikir hanya akan kita lakukan di satu periode saja dan tuntas, ternyata akan tetap berdampak pada kelanjutan hidup kita apa pun itu bentuknya #cieebijak.


ฉลาดเกมส์โกง (Chalard Games Goeng)
Bad Genius
(2017 - GDH)

Directed by Nattawut Poonpiriya
Written by Nattawut Poonpiriya, Tanida Hantaweewatana, Vasudhorn Piyaromna
Produced by Jira Maligool, Vanridee Pongsittisak, Suwimon Techasupinan, Chenchonnee Soonthonsaratul, Weerachai Yaikwawong
Cast: Chutimon Chuengcharoensukying, Chanon Santinatornkul, Teeradon Supapunpinyo, Eisaya Hosuwan, Thaneth Warakulnukroh, Sarinrat Thomas
My score: 7,5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar