[Movie] Alien: Covenant (2017)

Walau gw bukan pengikut franchise Alien, gw termasuk dalam kelompok yang kepincut sama Prometheus (2012), film yang memang dikonsepkan sebagai prekuel seri Alien, tetapi memberi sentuhan berbeda dengan suntikan pertanyaan-pertanyaan filosofis yang menurut gw lumayan cocok diterapkan dalam sebuah kisah fiksi ilmiah. Menurut gw film itu sudah cukup oke berdiri sendiri, sehingga gw agak ragu apakah keberadaan Alien: Covenant sebagai sekuelnya sekaligus jembatan mendekati kisah di seri Alien, memang benar-benar perlu gw tonton. Well, ternyata setelah ditonton gw cukup terkesan karena ramuan antara horor, thriller, sci-fi, dan again sentuhan filosofisnya--walau kali ini nggak seberat Prometheus, menurut gw dituturkan dengan menarik.

Mungkin yang agak berbeda adalah unsur horor dan serangan alien-nya makin terasa menyeramkan, serta temanya makin jelas tentang "creation", tentang ciptaan yang mencipta, yang bertumpu pada karakter David (Michael Fassbender). Yah mungkin ada yang menganggap film tentang survival orang-orang yang terancam dimusnahkan nyawanya oleh sel-sel alien nggak perlulah dibikin mikir-mikir amat, tapi buat gw itulah yang membuat Prometheus dan Alien: Covenant lebih dari sekadar ngeri-ngerian--dan btw opa Ridley Scott masih belum kehilangan taji buat menata adegan yang bikin deg-degan, kerennn. Gw mungkin nggak setercengang seperti saat pertama nonton Prometheus, dan pula sayangnya Alien: Covenant nggak punya karakter-karakter baru yang interesting enough untuk bisa bikin peduli, selain daripada David dan kloningan versi lebih barunya, Walter yang sudah di-set-up sejak Prometheus, juga susunan karakternya yang pasang-berpasang tetapi melambangkan kesetaraan. Di luar itu, film ini adalah follow up yang cukup mampu melanjutkan ide-ide yang dilempar di Prometheus, dalam presentasi yang tetap menarik. Itu buat gw lho ya, nggak tahu deh kalau buat yang udah ngikutin seri Alien sejak awal...


Alien: Covenant
(2017 - 20th Century Fox)

Directed by Ridley Scott
Screenplay by John Logan, Dante Harper
Story by Jack Paglen, Michael Green
Produced by Michael Schaefer, Ridley Scott, Mark Huffam, David Giler, Walter Hill
Cast: Michael Fassbender, Katherine Waterston, Billy Crudup, Danny McBride, Demián Bichir, Carmen Ejogo, Jussie Smollett, Callie Hernandez, Amy Seimetz, Nathaniel Dean, Alexander England, Benjamin Rigby, Uli Latukefu, Tess Haubrich, James Franco, Guy Pearce
My score: 7,5/10

Komentar