Senin, 27 Februari 2017

WINNERS of the 89th Oscars

Tanpa disangka-sangka rebek banget Oscars tahun ini. Kali ini bukan persoalan film apa atau siapa dapat berapa piala, atau siapa yang "layak", tetapi ada sebuah human error terjadi di pembacaan kategori pamungkas, Best Picture, yang more or less akan jadi skandal baru yang dibahas di pemberitaan film sampai beberapa hari ke depan. Hollywood dan Oscar dengan segala kemegahan, keglamoran, dan prestisenya, untuk pertama kalinya (?) mengalami peristiwa salah amplop pemenang. Salah amplop lho! SALAH AMPLOP! Baru sadarnya pas isinya udah dibacakan, bahkan, sudah pidato kemenangan. Mending kalau ternyata pemenangnya dari film yang sama, lha ini enggak.

What the hell actually happened mungkin baru bisa dikupas nanti-nanti. Beberapa orang mungkin akan mentertawakan ini, tetapi buat gw ini menyedihkan, baik yang pihaknya keliru disebut (La La Land) karena jelas dipermalukan, maupun yang sesungguhnya menang (Moonlight) yang selebrasinya jadi nggak sentosa karena teralihkan oleh kekacauan ini. Bagus kalau dua pihak ini akur, tapi ini 'kan juga bikin dua pembaca amplopnya--aktor-aktris senior Warren Beatty dan Faye Dunaway, pihak akuntan publik (penghitung hasil suara voting) yang konon nyerahin langsung ke pembaca amplopnya, dan penyelenggara acaranya secara keseluruhan juga kena noda malu. Para pemenang mau sukacita haha-hihi juga nggak enak hati. Ini Oscar lho. Acara mahal, disaksikan jutaan orang di ratusan negara, live. And we think FFI is the only one that stinks. Semoga ini bukan drama rekayasa, karena itu justru akan lebih memalukan. Good job for making Oscars being actually fussed about again =_=.



Baiklah kita langsung ke pokok bahasan. Dari segi tebak-tebakan pemenang, setelah tahun lalu memecahkan rekor pribadi 19 dari 24 benar, tahun ini gw kembali ke prestasi rata-rata, terima kasih kepada sejumlah kejutan terutama di kategori teknis. Seperti biasanya, banyak film nomine Oscar yang belum gw tonton jadi gw nggak bisa memberi komentar apakah gw setuju dengan hasil voting Academy kali ini--walau, again, siapa kita atur-atur award orang 'kan, tapi gw senang juga bahwa lebih dari 50 persen pemenang Oscar tahun ini udah gw tonton, jadi PR-nya gak terlalu banyak heuheu.

Yuk kita cek satu persatu tebakan gw dengan hasil Oscar yang diumumkan 27 Februari 2017 pagi tadi waktu Indonesia, tanda (O) artinya gw bener dan (X) artinya gw salah.




best picture
MOONLIGHT (X)
Di luar bagaimana piala di kategori ini diberikan, gw termasuk surprised film ini berhasil mendapat poin tertinggi dari anggota Academy, apalagi melihat film ini nggak selalu menang penghargaan utama di ajang pra-Oscar yang matters seperti SAG (Screen Actors Guild), PGA (Producer's Guild of America), hingga DGA (Directors Guild of America) Awards, dan hanya berjaya di Writers Guild Awards. Tetapi, seperti yang gw pernah sebut di postingan sebelumnya, film ini termasuk kuat lobi politiknya perihal diversity--filmnya tentang perjalanan hidup seorang pemuda kulit hitam gay dari keluarga kurang harmonis, sehingga mungkin banyak menarik perhatian anggota Academy, dan akhirnya berhasil menerima piala. Jujur gw sedih La La Land kesayangan gw kalah di sini (dan bahwa tebakan gw salah =D), kalahnya kayak begitu lagi caranya. Tapi, gw belum nonton Moonlight jadi belum bisa menentukan sikap mendukung atau gimana sama kemenangan ini. Saat ini gw lebih merasa kasihan momen kemenangan mereka yang sepatutnya dirayakan karena cukup bersejarah--filmnya berbujet murah banget, deretan pemerannya semua berkulit hitam, dan pemenang Best Picture pertama yang menyorot tema LGBT--menjadi sangat, sangat awkward gara-gara SALAH AMPLOP!



directing
Rumus untuk kategori sutradara (dicerminkan DGA Awards) memang jarang banget gagal. Dan pemenangnya film ini =')).



actor in a leading role
Casey Affleck, MANCHESTER BY THE SEA (O)
yea bener.



actress in a leading role
Emma Stone, LA LA LAND (O)
yea bener lagi.



actor in a supporting role
Mahershala Ali, MOONLIGHT (O)
yea bener lagi lagi.



actress in a supporting role
Viola Davis, FENCES (O)
yea bener lagi lagi dan lagi =).



animated feature film
ZOOTOPIA (O)
Senang karena menang dan karena filmnya gw suka juga.



cinematography
LA LA LAND (O)
Sehari sebelum Oscar gw sempat nonton Silence dan jadi berharap emang akan jadi pleasant surprise di sini. Tetapi, ternyata yang menang La La Land and of course I'm totally fine with that.
Salah satu kategori yang diumumkan di awal acara yang bikin kaget juga, berhubung pesaingnya cukup berat-berat. Btw, ini Oscar pertama yang diraih oleh franchise Harry Potter lho.



film editing
Salah tapi nggak apa-apa, ternyata Academy masih care sama filmnya Mel Gibson ini. I accept.



makeup and hairstyling
Surpriiiiiiisee =))) . Sebagai salah satu dari (sedikit?) orang yang senang dan menikmati film ini, I can't be happier to brag "Suicide Squad is an Oscar-winning movie". Makan noh heters muahahahahahahahaha.



original score
LA LA LAND (O)
Gw kata juga apa, nggak ada yang bisa escape dari musiknya film ini, yang benci sekalipun nggak bisa =).



original song
"City of Stars", LA LA LAND (O)
yeaa



production design
LA LA LAND (O)
yeaaaa



sound editing
ARRIVAL (X)
Gw lupa mempertimbangkan bawa film sci-fi juga sering jadi favorit di kategori sound. I'm happy with this result though.



sound mixing
HACKSAW RIDGE (X)
Dugaan meleset, tapi nggak apa-apalah filmnya oke.



visual effects
ye 'kan.



adapted screenplay
MOONLIGHT (O)
bullseye.



original screenplay
MANCHESTER BY THE SEA (O)
bullseye.



foreign language film
THE SALESMAN (Iran) (O)
Wah ternyata bener. Piala Oscar kedua untuk Iran di kategori yang sama setelah film A Separation (2011), dan dari sutradara yang sama, Asghar Farhadi, yang urung hadir di acara sebagai respons atas "pencekalan" pemerintahan Donald Trump terhadap orang-orang dari Iran dan beberapa negara mayoritas muslim lainnya. Farhadi titip pidatonya sama dua orang antariksawan Amerika berdarah Iran. Burrrnnnn.



documentary feature
O.J.: MADE IN AMERICA (X)
damn, harusnya pilih yang paling populer aja.



documentary short
THE WHITE HELMETS (X)
Tumben yang menang bukan soal holocaust. Film ini tentang tenaga kesehatan berjibaku di kecamuk perang Suriah. Produsernya dari Inggris bernama Joanna Natasegara, kayak orang sini ya namanya, haha.



animated short film
PIPER (O)
sip.



live-action short film
SING (X)
Bukan film animasi itu ya, tapi film pendek dari Hungaria. Berhubung ini kategori bioskop ya meneketehe kalau ternyata salah tebak, asal nggak SALAH AMPLOP 'kan. =p





Sebagaimana gw sebut tadi, hasil tebakan gw tahun ini rata-ratalah, benar 15 dari 24 kategori, jadi sekitar 60 persen. Yah, nggak cupu-cupu bangetlah *bela diri*.

Gw sebenarnya termasuk senang dengan Oscars tahun ini, baik hasilnya maupun persembahan acaranya. Tahun ini surprisingly termasuk Oscar yang cukup unpredictable hasilnya, terutama di kategori teknis dan Best Picture-nya, sehingga sekalipun nggak sesuai tebakan maupun harapan, jadi lebih seru. Gw juga suka sama semua performance musik untuk para yang nomine Best Original Song tanpa kecuali--di-kick-off dengan rancak oleh Justin Timberlake untuk lagu "Can't Stop the Feeling" dari Trolls di awal acara banget, lalu penampilan Lin-Manuel Miranda & Auli'i Cravalho untuk Moana, Sting untuk dokumenter Jim: The James Foley Story, dan John Legend yang ambil alih dua lagu ternominasi dari La La Land, so that's nice. Gw juga ternyata menikmati pembawaan host-nya, Jimmy Kimmel, yang punya ciri khas kombinasi antara santai, lempeng, dan usil di saat bersamaan, plus jagoan banget dalam mengatasi situasi scandalous di akhir acara dengan tetap menghidupkan suasana. Dan ongoing jokes tentang "perseteruan"-nya dengan Matt Damon--bermula dari acara talk-show-nya, Jimmy Kimmel Live *nge-YouTube gih* ternyata nggak basi pas dibawa di acara ini. Kimmel rupanya pas banget untuk bawain Oscar, my favorite in modern times along with Whoopi Goldberg and Ellen DeGeneres.

The thing is, Oscar tahun ini bisa saja jadi penyelenggaraan yang keren, dari kemasan acara maupun dari barisan pemenangnya yang "ceritanya" cerminkan sikap politik Hollywood saat ini (Moonlight, The Salesman, O.J.: Made in America, The White Helmets, etc.), tapi kadung dihiasi kekacauan memalukan di akhir banget jadinya yang keingat ya bakal itu aja. Shame.

Jadi begitulah. Congratulations for all winners. Cheers.

2 komentar:

  1. Kalau Suicide Squad saya udah ngira bakal menang... toh, alasan pertama ya saingannya ringan banget, masa lawannya Star Trek Beyond (yang menurut gw sih agak pasaran make up dan hairstyling nya) apalagi A Man Called Ove???? Dan untuk FantastiC Beasts and Where to Find Them memang bisa unpredictable... padahal lawannya adalah Jackie dan La La Land (FFJ dan Allied diluar arena), wihhh congrat buat H.P. series... dan untuk kategori best acting, tanpa menonton filmnya kita sudah tahu siapa yang bakal juara....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat =). Kalau kategori akting mungkin karena ajang award-nya lebih banyak jadi lebih terbaca polanya ya, hehe

      Hapus