Kamis, 26 Januari 2017

AJIRENJI MINDSTREAM REVIEWS 8th ANNIVERSARY


8 years! Eight! Delapan tahun! Nge-blog memang sudah bagaikan hal rutin buat gw, tapi setiap kali sampai di tanggal 26 Januari, selalu kepikiran dan heran juga kok betah aja bisa lanjut sampai sekian dan sekian tahun, setiap tahunnya. Hari ini Ajirenji Mindstream Reviews telah berusia 8 tahun, selama itu juga gw berusaha mengisinya dengan ulasan film dan tulisan-tulisan lainnya, disertai pasang surut semangat dan jenjang-jenjang cara menulis (walau peningkatannya mungkin nggak pesat-pesat amat), dan telah menjadi sebuah konstan di antara lika-liku perjalanan kehidupan gw *eaa*. Dalam postingan anniversary sebelumnya kayaknya gw sudah mengisahkan bahwa lewat blog ini gw bisa menemukan banyak hal, new friends, new opportunities, terutama mendekatkan pada passion gw terhadap film. Makanya, itu kayak berefek balik bikin gw semakin ingin terus memelihara blog yang basically merupakan corong opini pribadi gw ini.

Di postingan kali ini gw terdorong untuk melihat kembali sekaligus curhat apa yang telah terjadi di tahun kedelapan kemarin, karena 2016 adalah tahun yang aneh, termasuk bagi diri gw pribadi. On the up side, tahun lalu menandakan blog ini (akhirnya) mencapai 1 juta klik ^_^. Kalau melihat umur blognya, angka ini receh banget sih emang, tetapi mengingat kontennya sendiri nggak serius-serius amat, nggak terlalu banyak, dan cara menampilkannya pun nggak ditata sesuai strategi pemancing klik, I'm still proud. Tahun lalu juga terjadi sebuah highlight yang terkait dengan tulis-menulis tentang film, ketika gw diberi kesempatan berkontribusi sebuah artikel budaya di majalah Esquire Indonesia edisi September 2016. Gw senang bisa mencurahkan sedikit hasil pengamatan gw tentang situasi perfilman Indonesia, khususnya perkara promosi yang udah cukup lama juga ingin gw bagikan. Saya juga terbuka lho untuk kontribusi tulisan lagi jika ada yang mau nawarin *eh =P*.

Di luar itu, setahun kemarin gw bilang aneh karena banyak yang terjadi buat gw, dari yang remeh seperti liburan di tiga kali ke tiga kota berbeda tanpa benar-benar direncanakan demikian =P, sampai yang krusial seperti harus undur dari my most favorite job ever di sebuah media film karena satu dan lain hal--I currently contribute for Slate.id though =). Tapi the weirdest part mungkin adalah saat bergabung di tim panitia penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) 2016. Kalau mengikuti blog ini sejak tahun 2009, mungkin bisa mengira-ngira kenapa ini gw sebut aneh. Dari awalnya gw cuma bisa nonton FFI di TV dan selalu mencak-mencak baik karena hasilnya maupun kemasan acaranya, kemudian meliput langsung acaranya saat masih jadi wartawan, dan akhirnya kemarin sampai bisa terlibat langsung--well, more or less. Oh ya, karena ini pula gw kemarin skip membuat postingan FFI, bukan apa-apa, lagi lelah aja, heuheu. Now, I won't tell you details from this experience, not here, and not ever *sori ya =P*, yang bisa gw bilang adalah pengalaman aneh ini sebuah privilege yang nggak akan gw lupakan sebagai seorang penggemar film, terutama di bagian ketemu nama-nama besar perfilman Indonesia in one big occasion. Mungkinkah suatu saat gw akan ke step selanjutnya dengan...emm...meraih Piala Citra? Here's to the fools who dream =)).

Baiklah, mungkin segitu dulu curhat ngalor ngidulnya. Yang pasti di tahun yang baru dan terutama mendekati umur blog ke satu dekade, mohon doa restu dan dukungannya ya agar gw bisa semangat untuk tetap posting di blog ini, dan postingannya juga semakin baik. Mohon maaf jika selama delapan tahun ini ada hal-hal yang tidak berkenan di blog ini, juga maaf belakangan jarang banget balas komentar *malu*, ini no excuse banget sih, tetapi gw bertekad akan lebih sering lagi berinteraksi dengan pengunjung lewat kolom komentar. Gw kepikiran juga untuk merombak tampilan blog ini sih, pengen juga di-kini-kan supaya yang mengunjungi juga enak, mudah-mudahan bisa terwujud di tahun ini atau tahun depan ya, sementara gw perbarui header-nya aja dulu =D. 

Terima kasih, terima kasih, terima kasih. Semoga ini jadi tahun yang baik buat kita semua. Cheers.



PS: Sekiranya review gw agak lambat terbitnya di blog ini, silahkan cek review singkat serta skor dari gw lebih cepat di Indonesian Film Critics (idfilmcritics.com) yach ;-)

9 komentar:

  1. Selamaaaat...semoga selalu dan tetap eksis. Gak kayak blog sebelah itu tuuuh...Kayaknya memang harus dipercantik ya tampilannya meski konten tetep yang utama. Dan semoga terkabul impian meraih Piala Citra. Untuk kategori apa sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas support-nya selalu suhu Soeby-yang-blognya-pindah-ke-instagram =)
      Piala Citra ngimpinya mungkin Penulis Skenario atau Sutradara, tapi kayaknya paling cocok Penyinyir Terbaik ya =P

      Hapus
  2. Nggak terasa ya sudah 8 tahun berkecimpung sebagai movie blogger. Selamat, kakaaaa. Terima kasih buat ulasan-ulasan kocaknya selama ini yang selalu menghibur dan menginspirasiku. Semangat terus yaaaa!

    Dan semoga impiannya meraih Piala Citra tercapai. Amin. Tapi sebelumnya mungkin mau bawa pulang Piala Maya dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur nuwun sanget mas CineTariz nan membahana. Terima kasih dukungan semangatnya *terharu*

      Aku mungkin maunya menang penghargaan luar negeri dulu *terhalu* =D

      Hapus
  3. wah udah 8 tahun!!?? saya aja masih 4 tahun belum genap mas, hehe.. btw boleh tukeran link gak? http://beautyrockin.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, sila ditunggu ya tukaran linknya, segera =)

      Hapus