Senin, 23 Mei 2016

[Movie] Midnight Special (2016)


Midnight Special
(2016 - Warner Bros.)

Written & Directed by Jeff Nichols
Produced by Brian Kavanaugh-Jones, Sarah Green
Cast: Michael Shannon, Joel Edgerton, Kirsten Dunst, Jaeden Lieberher, Adam Driver, Bill Camp, Scott Haze, Sam Shepard, Paul Sparks, David Jensen


Searching nama sutradaranya di Google, Jeff Nichols ini ternyata lebih banyak bergerak di film independen dengan cerita selalu di pedalaman Amerik non-metropolitan. Cukup menarik ketika dia kali ini membuat sebuah film yang digambarkan sebagai sci-fi, apalagi plotnya melibatkan pengejaran oleh pihak pemerintah. Wah, rame nih kayaknya...eh nyatanya Midnight Special bukan film kejar-kejaran atau alien-alienan Hollywood biasa, karena toh filmnya balik lagi ke drama, dan lagi-lagi menjelajah Amerika yang pedalaman, macam pantura gitulah.

Bisa dibilang Midnight Special itu agak pelit dalam memberikan detil cerita. Sejak awal ceritanya udah menyorot dua pria bernama Roy (Michael Shannon) dan Lucas (Joel Edgerton) sedang dalam perjalanan bersama seorang bocah, Alton Meyer (Jaeden Lieberher) menuju ke suatu tempat. Mereka berjalan sembunyi-sembunyi dan hanya pergi ke tempat orang-orang yang dipercaya, karena mereka dituduh menculik Alton. Mereka kemudian dijadikan buronan oleh pihak berwenang dari pemerintah.

Motivasi dan penjelasan lain mengenai mereka kemudian diungkit sambil jalan selama mungkin separoh durasi film *serius*, lewat berbagai metode, entah dialog antara Roy cs ataupun penyelidikan yang dilakukan agen NSA Paul Sevier (Adam Driver). Kesimpulannya, Alton adalah anak kandung Roy yang kemudian diadopsi orang lain dalam sebuah komunitas religius fanatik. Alton jadi anak yang penting bagi komunitas itu karena memiliki kemampuan ajaib, menyuarakan hal-hal yang harusnya ia tidak tahu sehingga dianggap pewahyuan, tapi dia cuma bisa keluar rumah kalau nggak ada matahari. Pihak pemerintah ternyata mencari Alton bukan karena diculik, tapi karena dia bisa mengetahui kode-kode pemerintah yang seharusnya rahasia. Sampai suatu ketika Roy memutuskan melarikan Alton, sementara Alton sendiri memang menyatakan merasa terpanggil untuk pergi ke suatu tempat, dan mencari dari mana sebenarnya kekutan ajaibnya itu.

Buat gw Midnight Special adalah treatment yang menarik untuk genre ini. Meskipun lingkupnya sederhana, pengungkapan-pengungkapan cerita dilakukan dengan adegan-adegan yang lumayan antik, contohnya yang berkesan buat gw adalah saat Alton dapat 'wahyu' lalu Roy menunjukkan Alton sebenarnya menangkap sebuah sinyal radio, atau saat Alton berada di ruang pemeriksaan dan memanipulasi berbagai alat yang ada di sana. Pretty much apa pun yang berhubungan dengan kekuatan Alton itu ditunjukkan dengan menarik, soalnya nggak serba CGI.

Tapi harus diakui bahwa mengikuti Midnight Special agak butuh energi. Laju lambat dan detail cerita yang dieman-eman itu bisa aja bikin bosan sampai kesal yang nonton. Nggak ada penjelasan yang benar-benar komplit disampaikan dalam satu waktu, semua informasinya tercecer di berbagai adegan, dan penonton musti jeli untuk mengumpulkan itu jadi satu informasi yang utuh sebelum babak pamungkas film ini, agak pe-er sih ya. Untungnya sih buat gw film ini nggak menyingkirkan humor dan saat ada adegan kejar-kejaran kendaraan itu juga cukup seru, cuma memang porsinya nggak banyak. 

Satu lagi hal yang buat gw film ini jadi lebih menarik adalah tentang metafora yang gw tangkap bernada spiritual. Menarik bahwa sosok Alton mengingatkan gw pada cerita Yesus, yang diharapkan jadi penyelamat bagi orang-orang komunitasnya saja, padahal ada maksud lain yang lebih besar dan belum dipahami termasuk oleh orang-orang terdekatnya, serta konsep bahwa dia bukan berasal dari 'dunia' ini. Gw juga terkelitik pada gambaran bahwa dunia spiritual ya memang sifatnya alien alias tidak seperti yang dikenal atau dibayangkan oleh manusia yang ada di 'sebelah' sini. Untuk bagian ini, gw kasih jempol deh,

So, Midnight Special mungkin belum spesial buat gw, yah karena masih agak berat untuk mengikuti laju dan cara bertuturnya yang perlu kesabaran. Tapi dari konsep ceritanya gw suka, emang sesuatu yang cukup beda, dan paling nggak filmnya bisa menunjukkan visi sutradaranya sekalipun musti ada kompromi sana-sini--adegan kejar-kejaran bombastis harus ada dong hehe. Interesting-lah pokoknya.





My score: 7/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar