[Movie] Ju On 4: The Final Curse (2015)


呪怨 ザ・ファイナル (Ju On: The Final)
Ju On 4: The Final Curse
(2015 - Showgate/Universal)

Directed by Masayuki Ochiai
Screenplay by Masayuki Ochiai
Produced by Toshinori Yamaguchi, Mikihiko Hirata
Cast: Airi Taira, Ren Kiriyama, Nonoka Ono, Yurina Yanagi, Miyabi Matsuura, RIMI, Kai Kobayashi, Misaki Saisho, Nozomi Sasaki, Kanan Nakahara


Konon katanya film horor Asia, khususnya Jepang itu serem banget dan lebih serem dari Hollywood walau mungkin kalah serem dari yang lokal (which of course, really really arguable). Gw nggak bisa membenarkan atau menyalahkan "pepatah" itu, karena seperti yang Anda semua ketahui, gw jarang banget nonton horor, let alone horor Jepang. Tapi, gw tahu bahwa itu cukup benar untuk film Ringu (atau The Ring, 1998), film horor yang cuma modal set, aktor sedikit, dan make up setan tapi udah bisa bikin kengerian paripurna. 

Lalu di awal hingga pertengahan dekade 2000-an datang Ju On yang katanya seseram Ringu. Katanya. Waktu nonton dulu, gw akui sih seremnya emang seram. Tapi, gw nggak suka karena konsepnya itu nggak jelas dan terlalu random. Soal satu tempat, lalu setiap orang yang ke sana akan diteror sampai ke manapun, dan orang-orang yang berinteraksi dengan orang itu akan kena teror dan seterusnya. Tanpa alasan, pokoknya mereka sial aja. Dan, anehnya teror yang ujung-ujungnya merenggut nyawa korbannya itu nggak langsung aja gitu pas korbannya lengah tapi musti pake acara teasing dulu beberapa kali baru deh dieksekusi sekian adegan kemudian tanpa alasan yang jelas kenapa harus begitu. Setannya pun nggak ada rules, apakah nembus tembok atau enggak, bisa berubah wujud atau nggak, ngebunuhnya pun metodenya apa, apakah bisa diusir atau enggak, apakah korbannya punya ciri tertentu atau nggak. Buat gw, the whole consept of this story adalah excuse yang stupid supaya menimbulkan adegan seram.

Tapi ya ternyata pada seneng aja tuh sama film ini sampe franchise-nya bertahan lama. Nah, kebetulan gw berkesempatan nonton Ju On: The Final Curse yang katanya sih ditekankan pada kata "final"-nya itu, bahkan judul Jepangnya lebih vulgar lagi, The Final. Ini sebenarnya lanjutan dari reboot yang dirilis tahun sebelumnya, Ju On: The Beginning of the End yang menceritakan ulang asal-usul pasangan setan ibu dan anak Kayako dan Toshio yang gengges itu, tapi gw belum nonton jadi gw nggak bisa bandingkan dengan yang ini. Tapi, yang bisa gw pastikan dari The Final Curse ini adalah...franchise ini masih se-nggakjelas dan se-random yang gw ingat. 

Seriously, nggak ada hal baru yang ditawarkan di film ini, cuma pengulangan-pengulangan dari yang lama dengan korban-korban baru yang dimainkan oleh para pemain nggak terkenal dengan seadanya. Bahkan kayaknya film ini lebih bodoh dari pendahulunya. Terornya semain random, penyajian non-linearnya kacau, dan adegan terornya pun masih dengan cara klasik "korban tertegun dan membeku melihat setan dan sekalipun setan menghampirinya dengan kecepatan 10 m per jam tapi korban lebih memilih menggunakan energinya untuk teriak atau ngoceh dari pada bangkit dan lari". Semua kayak gitu. Dan soal teasing-teasing tadi, ya masih kayak gitu. Wih serem banget, serem banget--eh--nggak jadi deing setannya udah ilang lagi, ketemu entar lagi deh ya. Begok.

Apakah film ini menguak lebih dalam Kayako dan Toshio? Nope. Apakah karakternya lebih menarik dan simpatik? Boro-boro. Bahkan judul "final" itu harusnya masuk dalam modus penipuan karena konklusi film ini yang bikin gw pengen gigit busa kursi. Untunglah polesan gambarnya nggak bikin filmnya terkesan cheap, dan kalau nyarinya serem-sereman, film ini masih bisa mengeksekusinya. Tapi ya, serem-serem nggak ada isi gitu. 




My score: 5,5/10

Komentar