Sabtu, 11 Juli 2015

My Top 10 Songs Covered by Hata Motohiro

Tanpa bermaksud menjadikan blog ini sebagai situs fans Hata Motohiro, tetapi mumpung ada waktu luang dan bahannya sudah siap, gw mau menggelar senarai baru dari artis Jepang terfavorit gw saat ini itu *ini itu?*. So, gw kayaknya udah berulang kali bilang bahwa mas Hata adalah penyanyi dengan suara yang khas dan bagus sekaligus bisa menciptakan musik yang bernas dan nyaman didengar (zaman sekarang sulit menemukan formulasi yang begini, kebanyakan lebih condong ke salah satu doang). With that voice and range, Hata bisa nyanyikan almost anything, dan dibuktikan sekitar 10 tahun karier profesionalnya Hata juga cukup banyak cover lagu orang. Most of the time, they're as good as Hata's own songs, and many of them are better than the original artists, so to speak.

Bikin rekaman nge-cover lagu orang lain mungkin baru hits di Indonesia belakangan ini, tetapi di Jepang itu udah agak biasa, termasuk merilis album yang semuanya cover-an, baik cover lagu dari artis lokal sampai internasional. Tapi, Hata sendiri belum pernah officially merilis album kumpulan lagu cover-nya, selain dalam bentuk CD berjudul Covers - Hata Motohiro Sings 2007-2010, yang jadi bonus di album ketiganya, Documentary (2010), itu pun yang edisi terbatas. Nah, tapi dari situ gw menyimpulkan bahwa tak hanya Hata suaranya tetap bagus di lagu orang lain, doski juga punya kurasi lagu-lagu cover yang superkece, nggak sembarang terkenal terus di-cover *lirik sinis Sabrina*. Banyak lagu-lagu J-Pop lama yang bagus yang gw nggak tahu, jadi tahu gara-gara dinyanyikan oleh Hata. Jadi, cover-in lagu orang bukannya mengerdilkan reputasinya sebagai artis, malah makin membuktikan musikalitasnya *tsaaah*



Kalau sebelumnya gw udah bikin daftar 21 lagu Hata terbaik versi gw, sekarang gw ingin gelar 10 lagu cover-an Hata terbaik versi gw. Cover-an-nya nggak harus dari album, tapi bisa juga yang direkam untuk B-side di single, album kompilasi atau tribute untuk artis tertentu, atau "sekadar" nyanyi live di konser dan TV yang gw temukan di YouTube. Silakan.




10. なごり雪 (Nagori yuki)
Originally performed by Shouzou Ise (1974)

Melodinya kedengeran banget tembang kenangan khas Jepang dengan nada minor nan syahdu, tapi Hata menyanyikannya tetap dengan niat dan powerful ditemani gitarnya. Lagu ini jadi salah satu lagu cover yang direkam Hata dan masuk di kompilasi Covers - Hata Motohiro Sings 2007-2010.





9. ミルクティー (Milk tea)
Originally performed by UA (1998)

Aslinya lagu pop R&B dibawakan oleh penyanyi wanita, Hata berhasil menyulapnya jadi versi akustik yang intim dan lakik. Ini juga ada di kompilasi Covers - Hata Motohiro Sings 2007-2010.





8. 木綿のハンカチーフ (Momen no handkerchief )
Originally performed by Hiromi Oota (1975)

Ini gw temuin di YouTube, rekaman dari sebuah acara TV di Jepang, dan setahu gw lagu ini belum dibuat Hata dalam bentuk rekaman. Gw sebelumnya pernah mendengar versi lain dari lagu ini, yang memang mendayu-dayu macam lagu oma-oma, tapi di versi ini, jadi terdengar asik dan kekinian, dan suaranya Hata juga terfasilitasi. Oh, versi ini diaransemen oleh the great Seiji Kameda, so that's why.





7. 彼女の恋人 (Kanojo no koibito)
Originally performed byNoriyuki Makihara (1993)

Hata menyumbangkan suaranya untuk sebuah lagu di album kompilasi tribute kepada Noriyuki Makihara berjudul We Love Mackey (2011) *yang dibaca 'maki', bukan...yang lain*. Lagu yang dipilih adalah yang aslinya bernuansa pop upbeat 90's tapi liriknya nelangsa (orang yang ditaksir punya pacar yang adalah sahabatku, anyone?). Sekarang dibikin full band akustik, dan gw suka bahwa Hata bisa masuk dalam nuansa groove dan rada-rada jazz di sini.

*Previewnya nggak nemu di YouTube, jadi silahkan coba di bawah ini*




6. そろそろいかなくちゃ (Sorosoro Ikanakucha) - duet with Takuya Ohashi (Sukima Switch)
Originally performed by Suga Shikao (2000)

Hata dan duo Sukima Switch itu satu manajemen yang bernama Office Augusta, yang (dulu) juga menaungi Suga Shikao. Saling meng-cover di antara mereka cukup lazim, terutama untuk kepentingan konser bersama tahunan mereka. Kali ini, Hata dan Ohashi (vokalisnya Sukima Switch) membawakan salah satu lagu Suga yang cukup simpel tapi maut, dan pas banget dibawakan oleh dua orang ini. Btw, ada juga versi Hata doang di CD Covers - Hata Motohiro Sings 2007-2010.





5. カブトムシ(Kabutomushi)
Originally performed by aiko (1999)

Hata lagi-lagi membuktikan nggak canggung menyanyikan ulang lagu ballad dari artis perempuan tapi berhasil dibawakan dengan penuh penjiwaan ala cowok. Lagu ini dinyanyikan secara live di sebuah acara musik Our Music (Bokura no Ongaku) Fuji TV di Jepang sana (lupa tahun berapa), dan gw sih merasa Hata harusnya bikin versi rekamannya.





4. 晩夏(ひとりの季節) (Banka (Hitori no Kisetsu))
Originally performed by Yumi Matsutoya (1976)

Hata menunjukkan sisi smooth dan empuk di lagu mellow ini, tapi pada saat dibutuhkan, power suaranya pun bisa keluar sempurna. Atmosfernya agak loungy dan bikin adem kalau didengar sambil merem. Lagu ini juga ada di CD Covers - Hata Motohiro Sings 2007-2010.





3. 楓 (Kaede) - duet with Superfly
Originally performed by Spitz (1998)

Dua penyanyi bersuara oke disatukan menyanyikan lagu paling bikin garuk-garuk lantai--karena nadanya tinggi banget nggak turun-turun--dari band pop Spitz. Mereka menyanyikan ini secara akustik di sebuah episode acara musik Our Music (Bokura no Ongaku) Fuji TV (tahunnya lupa) dan bikin gw hook sama suara Hata, suara  Shiho Ochi (aka Superfly), dan sama lagunya sendiri. It's perfect. Di YouTube sekarang adanya versi yang dinyanyikan mereka di acara live tahunan FNS Kayousai 2013 di Fuji TV, yang not as good, tapi yah cukuplah memberi gambaran. They really should make a record for this.





2. Rain
Originally performed by Senri Oe (1988)

Rain mungkin satu-satunya cover-an Hata yang emang di-treat sebagai sebuah lagu rekaman, sementara yang lain biasanya berkonsep akustik atau live band. Alasannya mungkin karena ini jadi lagu ending dari film anime The Garden of Words (Koto no ha no niwa, 2013). Lagu medium beat romantis dengan melodi yang manis, aransemen yang menyejukkan, yang tetap terasa demikian berkat vokal santai Hata yang direkam halus di lagu ini. Lagu ini jadi B-side dari single "Koto no ha", yang juga jadi image song The Garden of Words.





1. エイリアンズ (Aliens)
Originally performed by Kirinji (2000)

Walaupun dari karakter suaranya Hata itu paling pas pada pop ballad atau paling banter rock classic, lagu "Aliens" membuktikan dia juga bisa mengadaptasi melodi dan belokan nada dari lagu-lagu jazzy, ya walaupun tetap disesuaikan dengan karakter suaranya. Dibandingkan lagu aslinya yang nuanced, Hata berhasil mengubahnya jadi performa apik yang lebih berenergi, walau hanya dengan vokal dan gitar akustik. That falcettos and high notes are just crazy. Jika ada track yang paling baik dalam merekam suara Hata, mungkin lagu ini salah satunya, padahal ini direkam dalam format live studio recording yang satu kali take.




Baiklah, itu pilihan lagu-lagu cover dari Hata versi gw. Mana yang paling kamu suka, atau punya rekomendasi lain? Monggo diutarakan di kolom komen di bawah.

1 komentar:

  1. Oh, terus ngereview filmnya kapan lagi, Kak? *kikir kuku*

    #TeamRain

    BalasHapus