Minggu, 05 April 2015

[Movie] The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water (2015)


The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water
(2015 - Paramount/Nickelodeon Movies)

Directed by Paul Tibbit, Mike Mitchell
Screenplay by Jonathan Aibel, Glenn Berger
Story by Stephen Hillenburg, Paul Tibbit
Based on the series "SpongeBob SquarePants" created by Stephen Hillenburg
Produced by Paul Tibbit, Mary Parent
Cast: Tom Kenny, Antonio Banderas, Bill Fagerbakke, Mr, Lawrence, Clancy Brown, Carolyn Lawrence


SpongeBob adalah perlambang dari segala keanehan yang bisa ditampung dalam sebuah kreasi kartun, tapi jatuhnya tetap lucu. I mean, konsep si SpongeBob aja uda aneh banget, dia harusnya spesies porifera tapi bentuknya malah kayak spons Scotch yang buat nyuci piring. Gw cukup jarang nonton kartunnya, tapi dari beberapa kali nonton gw udah cukup familiar sama tokoh-tokohnya dan gag masing-masing--Patrick yang ultra-oon, Squidward yang sinis, Mr Krab mata duitan, Sandy yang lincah, Plankton yang cerdas tapi sial terus, juga Gary si siput mengeong *geleng-geleng*. Yang gw nggak terlalu sangka adalah para kreatornya ternyata masih punya amunisi untuk nampilin gags dari tokoh-tokoh ini untuk konsumsi layar lebar.

The SpongeBob Movie: Sponge Out of Water berkisah tentang seorang "bajak laut" bernama Burger Beard (Antonio Banderas) yang mencuri resep rahasia dari burger terkenal di kota bawah laut Bikini Bottom, Krabby Patty. Restoran Krusty Krab pun panik, karena tidak bisa lagi membuat Krabby Patty--berhubung si selalu-ceria SpongeBob sebagai tukang masaknya tidak menghapalnya karena, err, setia *wth*, maka timbul kekacauan di Bikini Bottom yang jadi brutal layaknya chaos di film-film dystopian future lengkap dengan penduduk bakar ban dan pakaian nge-punk *ngakak dulu sebentar*. SpongeBob dkk, termasuk si rival utama Mr. Krab, Plankton harus merebut kembali resep Krabby Patty, sekalipun itu harus naik ke daratan.

Seperti film pertamanya, The SpongeBob SquarePants Movie di tahun 2004, film ini kembali menggunakan resep Krabby Patty sebagai penggerak plot (dan usaha Plankton untuk mencurinya). Cuma mungkin bedanya film ini lebih banyak memasukkan unsur parodi, plus menambahkan adegan "live action" yang lebih banyak, sekitar 30 persen. Honestly, I laugh my ass off gara-gara gags yang ditampilkan di sini, mulai dari "perang perkenalan" Plankton vs Krab, sampai parodi-parodi yang menyentuh tema post-apocalypse, si Sandy jadi ilmuwan gila yang suka ngomong sendiri kayak di film-film sci-fi, time travel, long journey ala The Lord of the Rings, aksi superhero, bahkan T-Rex. Yang gw suka adalah, meskipun humor dan gags-nya itu seperti kacau-kacauan dan bodoh-bodohan, tetap ada kecerdasan di baliknya, because that makes a good parody.

Buat gw SpongeBob Movie yang ini adalah sebuah hiburan yang mungkin memang gw butuhkan akhir-akhir ini. Dan bagusnya film ini dibuat dengan value yang sangat baik dan rapih. Ada perkenalan kembali karakter-karakternya yang pas sehingga penonton newbie pun nggak akan terlalu bertanya-tanya, timing humor yang oke, jenis humor yang cukup komplet dan cerdas (tetep ada slapstick-nya kok, jadi anak-anak masih bisa nikmati), animasinya bagus, dan yang terpenting--dan terlucu--adalah film ini tidak merusak kisah-kisah keseharian SpongeBob yang sudah dan akan tayang di TV, dan caranya ngehek banget sih. Sayangnya buat gw, adegan "live action" yang jadi klimaksnya agak terlalu formulaic dan tidak selucu menit-menit sebelumnya ketika masih animasi 2D, tapi memang cukup seru dan menggelegar, jadi ya sudahlah. Well, mungkin butuh belasan tahun untuk bisa bikin film sebesar ini untuk tokoh SpongeBob dkk, dengan humor dan cerita yang gila tapi nggak kelepasan dan nggak melelahkan. 




My score: 7/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar