Year-End Note: My Top 10 Songs of 2014 (International)

It's that time of the year again. Tahun baru sudah di depan tanggal 31 Desember *what?* dan saatnya untuk merekap apa saja yang gw sukai dari tahun 2014, dalam hal ini bidang musik dan film. Seperti tradisi yang gw buat sendiri, gw akan memulainya dari senarai lagu yang terbagi dalam tiga kategori: internasional, Indonesia, dan tentu saja Jepang. Just because.

Tanpa perlu belama-lama, mari kita mulai hitungan mundur 10 lagu internasional paling oke versi gw di tahun 2014 ini.



10. "Find You" – Zedd feat. Matthew Koma, Miriam Bryant

Nonton film Divergent tanpa ekspektasi yang berlebih rupanya berbuah cukup manis. Selain filmnya cukup enjoyable, gw juga suka dengan beberapa lagu yang jadi soundtrack-nya. Salah satunya adalah hit EDM dari Zedd ini. Dengan melodi yang asik dan vokal bening crispy dari Matthew Koma dan Miriam Bryant, lagu ini tidak hanya jedang-jedung aja, tapi masih berbentuk "lagu" yang bisa dinikmati.





9. "All About That Bass" – Meghan Trainor

Lagunya lucu-lucu nggak penting. Dan menurut gw sebenarnya lagu motivasi-buat-orang-orang-yang-tertekan-karena-berat-badan ini agak annoying kalau didenger keseringan. Tapi ya, tetep aja nyangkut di ingatan. Dan, lagu ini juga kasih pengetahuan tentang visualisasi audio equalizer: bass itu tebel, treble itu tipis =p.





8. "I Bet My Life" – Imagine Dragons

Pascakesuksesan album perdana mereka, kayaknya ada kecenderungan Imagine Dragons untuk bikin segala sesuatu harus grand dan epic. Soundtrack untuk Transformers 4 kemarin menurut gw failed, tapi mereka bounce back dengan single ini. Penggunaan choir dan unsur folk di lagu bikin angguk-angguk dan tepok tangan setiap didengerin.





7. "Thinking Out Loud" – Ed Sheeran

Katanya lagunya nggombal. Emang sih. Tapi atmosfernya yang lebih soulful dan intimate bikin lagu ini lebih bisa gw nikmati daripada single dia apalah itu yang sebelumnya. Dan sangat catchy. Itu penting.





6. "Final Masquerade" – Linkin Park

Gw yakin nggak banyak yang ngeh kalau Linkin Park ngeluarin album baru tahun ini, boro-boro single-single-nya. Well, mereka memang sudah tak senge-hits dulu, tetapi buat gw sebagai fans, adalah menyenangkan bahwa mereka tetap menjaga kualitas bagaimanapun sambutannya. Single yang satu ini gw senangi bukan cuma karena melodinya catchy, tetapi transisi dari beat slow rock ke  geberan gitar hard rock-nya asik banget. Quite anthemic, really.





5. "La La La (Brazil 2014)" – Shakira feat. Carlinhos Brown

Udahlah, mau Piala Dunia di negara mana juga theme song-nya (entah apa juga fungsi theme song di Piala Dunia =_=) yang paling bener cuma Shakira. Meski awalnya single ini punya lirik berbeda dan "sekuler", tapi ketika dimodifikasi ke versi Piala Dunia sepak bola, pas banget. Ada suasana festive, bikin semangat, dan beat ala Amerika Latin yang lebih kurang gambarin tempat penyelenggaraan Piala Dunia tahun ini di Brazil. Lego.





4. "Stay With Me" – Sam Smith

Lagu ini udah punya cap "hit" sejak kord pertamanya dibunyikan. Sebuah pop ballad indah yang dinyanyikan dengan syahdu dan penuh penghayatan. Lagu ini dengan mudahnya masuk jadi salah satu yang terenak dan terfavorit gw tahun ini.





3. "Boom Clap" – Charli XCX

Tadinya sih agak meremehkan lagu ini karena judulnya corny banget. Tetapi ketika dengerin, eh kecantol. Dengan kemasan musik modern dan melodi yang supercatchy, lagu medium beat tapi bikin semangat ini juga bisa kedengeran romantis. Atau mungkin itu pengaruh video musiknya yang di kanal Amsterdam. Entahlah.





2. "Budapest" – George Ezra

Awalnya sih cuma penasaran, kayak apa sih artis penyanyi yang pake nama belakang sama kayak gw =p. Rupanya, mas-mas yang namanya mirip nama gw ini punya single yang sangat asyik sekali. Simple, baik lirik maupun melodinya, tetapi punya bobot yang membuatnya gampang melekat dan bersarang di benak gw. Gaya vokalnya agak meng-Adele tapi mungkin lebih berat sikit *ya iyalah wong lanang*. Agak country, tapi dikemas rada soul dan R&B. Keren lah.







1. "Lost Stars" – Adam Levine/Keira Knightley

Ada berbagai faktor yang bikinn gw suka lagu ini, dan ini tidak termasuk menonton film Begin Again yang menjadikannya soundtrack utama--karena gw juga belum nonton. Faktor pertama adalah akhirnya bisa denger suara Adam Levine yang santai, nggak serba maksa ngeselin seperti di lagu-lagu Maroon 5 beberapa tahun belakangan ini. Dan faktor kedua adalah (ternyata) salah satu pencipta lagu ini adalah Gregg Alexander (a.k.a. New Radicals dengan hit "Someday We'll Know" dan pernah bikin "The Game of Love"-nya Santana), which make sense. Gayanya yang cenderung datar tetapi ternyata bermain di melodi yang sangat heartfelt, sehingga nggak jadi terkesan datar. Dan, yang bikin lagu ini punya nilai plus adalah ternyata bisa sama enaknya ketika dinyanyikan oleh Keira Knightley. Nothing more to say.

Versi Adam Levine.

Versi Keira Knightley.


Komentar