Selasa, 21 Oktober 2014

[Movie] The Judge (2014)


The Judge
(2014 - Warner Bros.)

Directed by David Dobkin
Screenplay by Nick Schenk, Bill Dubuque
Story by David Dobkin, Nick Schenk
Produced by Susan Downey, Robert Downey Jr., David Dobkin,
Cast: Robert Downey Jr., Robert Duvall, Vincent D'Onofrio, Vera Farmiga, Jeremy Strong, Billy Bob Thornton, Dax Shepard, Leighton Meester, Alex Krumholtz, Balthazar Getty


Premis dasar The Judge ini cukup common di film-film drama Hollywood. Hubungan anak (Robert Downey Jr.) dan ayah (Robert Duvall) yang kurang akur (untuk alasan yang baru kita ketahui kemudian) dipaksa duduk bersama-sama karena sebuah peristiwa--kali ini tentang si ayah yang dituduh sengaja tabrak lari seseorang. Ditambah lagi ada lapisan kisah seorang yang sukses kariernya di kota yang kembali lagi ke kampung halamannya yang di pedalaman dan kolot yang dulu justru ingin ditinggalkan. Well, jangan samakan pedalaman sono sama di sini lah ya--di sono biar 'pedalaman' tapi udah ada convenience store 24 jam =p. Tapi ya kira-kira begitulah idenya.

Dengan segala ke-common-an itu, juga dengan style akting Downey yang nggak berubah dari Iron Man dan Sherlock Holmes, The Judge ini....yaaa *nada meninggi*...nggak istimewa banget sih. Okelah, film ini menambah kompleksitas dengan banyaknya karakter--si Downey ini punya kakak pegawai biasa dan adik yang berkebutuhan khusus. Plus kompleksitas dari karakter-karakter utamanya sendiri--si Downey lagi mau cerai sama istrinya dan menemukan cem-ceman baru yang adalah teman lama, juga dengan si ayah yang adalah seorang hakim ternyata punya penyakit. Again, kompleksitas yang sudah akrab kalau kita sering nonton film atau serial TV Amerika. Plot The Judge ini bahkan gw bilang bisa diangkat jadi salah SATU episode serial legal drama di TV. Dan kalimat itu adalah cara gw menyindir durasi film ini yang hampir 2,5 jam =.=. 

Lalu kenapa juga film ini harus ditonton? Hmm, gw ragu juga sih. Tapi, poin paling oke dari film ini ada dua hal. Pertama, akting oom Duvall yang keren sekalipun tampak effortless. Tidak meledak-ledak, tetapi justru bisa bersinar lebih terang dari Downey, kalau menurut gw. Kedua, adalah sinematografi dari the ever-cool Janusz Kaminski. Kayaknya sulit dipercaya seorang Kaminski yang jadi langganan Steven Spielberg bisa berbuat banyak untuk film "drama keluarga biasa" seperti ini, but he did a wonderful job. Gambar tangkapan doi yang keren-keren (dengan ciri khas "berpasir" karena pakai film seluloid) jadi alasan terkuat gw untuk menyaksikan film ini hingga akhir.

Selebihnya, well, film ini nggak jelek sih sebenarnya, cuma dibilang istimewa ya enggak. Sisi tentang hubungan ayah dan anaknya tersaji cukup natural dan mengharukan, agak predictable tapi masih punya effect. Jika Anda punya soft spot sama drama hubungan orang tua dan anak (dewasa), film ini cukup bisa bikin sesenggukkan. Demikian pula beberapa dialog yang witty dan tidak klise membuat film ini jadi sedikit lebih segar. Sayangnya sih itu kurang sanggup menggantikan energi yang harus gw habiskan untuk bisa bertahan sama durasinya =.=. 




My score: 6,5/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar