Sabtu, 27 September 2014

[Movie] The November Man (2014)



The November Man
(2014 - Solution Entertainment Group/Relativity Media)

Directed by Roger Donaldson
Screenplay by Michael Finch, Karl Gajdusek
Based on the novel "There Are No Spies" by Bill Granger
Produced by Beau St. Clair, Sriram Das
Cast: Pierce Brosnan, Luke Bracey, Olga Kurylenko, Will Patton, Bill Smitrovich, Amila Terzimehic, Caterina Scorsone, Lazar Ristovski, Mediha Musliovic, Eliza Taylor


Selain superhero komik, cerita bapak-bapak tua jagoan juga kini jadi tren untuk diangkat jadi film. Mulai dari Liam Neeson di Taken, lalu opa-opa di The Expendables, dan sekarang giliran Pierce Brosnan si mantan James Bond yang ingin piece of the pie. So, doi bersama rumah produksi miliknya Irish DreamTime mengambil sebuah seri novel spionase dengan tokoh utama bernama Peter Devereaux berjulukan November Man, dan The November Man ini menjadi percobaan pertama yang diangkat ke layar lebar, mungkin dengan harapan bisa jadi franchise baru. Yah, ngharep aja boleh dong.

Gw nggak bisa menghindari perbandingan The November Man dengan peran Brosnan sebagai Bond yang dulu-dulu, tetapi untunglah perbandingannya nggak terlalu gimana gitu. The November Man itu bisa dibilang lebih riil, violent, dan lebih "gahar" dari Bond-nya Brosnan, sedikit lebih badass. Tapi apakah filmnya lebih bagus, hmmm...itu beda soal.

Menurut gw, The November Man ini ribet sekali dari segi plot karena harus meng-cover terlalu banyak isu. Ada soal Devereaux yang mantan agen CIA diburu oleh CIA walaupun dipercaya salah satu anggota CIA untuk menyelidiki suatu kasus, lalu ada pula plot persaingan Devereaux dengan mantan murid terbaiknya--yang kemudian berkembang jadi muridnya coba-coba explore agar bisa sebaik Devereaux, lalu penyelidikan kasus yang berkaitan dengan calon presiden Rusia yang menyembunyikan kejahatan perang di masa lalu, lalu ada agen rahasia Rusia yang ikut mencari apa yang Devereaux cari, belum lagi ada persinggungan dengan keluarganya Devereaux. Mau inget-inget detail ceritanya juga udah males gw.

Dan satu hal yang bikin kesal adalah penokohan dan pilihan tindakan tokohnya Olga Kurylenko yang membingungkan, udah hampir terlihat keren tetapi tiba-tiba di satu titik jadi goblok. Okelah mungkin maksudnya karakternya terhalangi oleh traume abuse bertahun-tahun, tapi caranya film ini nunjukinnya tuh...ah, geblek banget lah. Bener-bener let down setelah nunggu-nunggu cukup lama apa peran penting si mbak Olga di film ini. Hih.

Anyway, seperti gw singgung tadi, sisi aksi film ini lumayan berdarah-darah juga, jadi bisa sedikit mengangkat tingkat ke-enjoyable-an film ini. Dan nilai plusnya lagi bisa sedikit bisa lihat negara yang jarang gw lihat di film-film mainstream, dalam hal ini kota Beograd di Serbia. Akting para pemainnya juga nggak jelek, melihat Brosnan lebih galak dari Bond apalagi dari Remington Steele *eaa tua beut* lumayan menyegarkanlah.




My score: 6/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar