Jumat, 23 Mei 2014

[Movie] Locke (2014)


Locke
(2014 - IM Global/Shoebox Films)

Written and Directed by Steven Knight
Produced by Guy Heely, Paul Webster
Cast: Tom Hardy, Olivia Colman, Ruth Wilson, Andrew Scott, Ben Daniels, Tom Holland, Bill Milner


Susah kalau me-review film seperti Locke ini, tanpa mengumbar spoiler. Film ini bener-bener concepted banget untuk ditonton langsung. Kenapa? Dengan konsep "sepanjang film isinya adegan Tom Hardy nyetir di tol sambil nelpan-nelpon orang", ya keseruannya ada pada isi percakapan dalam nelpan-nelpon itu. Nggak ada yang lain. Nggak ada tuh adegan kebut-kebutan, kejar-kejaran, seks, orang minta-minta, no. Daya tariknya cuma dan hanya di isi dialognya. Ke mana dia pergi? Mengapa dia pergi? Mengapa segalanya harus dibicarakan lewat telepon? Ya kalo jawabannya ditulis di review ya udah kelar dong.

Well, mungkin bisa gw kasih set-up-nya sebagai pegangan awal. Tom Hardy adalah Locke, salah satu kepala konstruksi spesialis beton yang sedang dalam proyek penting di sebuah kota. Tapi di malam sebelum hari-H di proyek, tanpa pamit ke rekan kerja atau keluarga, ia nyetir menuju London. Tahu bahwa ia tak bisa melaksanakan tugas yang diembannya, ia pun nelpon beberapa orang, termasuk ke istrinya. Masalahnya, seberapa jujur doski sama orang-orang yang diajak bicara itu.

Mungkin film ini bisa dibilang eksperimental. Dengan hanya satu seting dan satu aktor yang nggak "bergerak", kelihatan banget film ini ingin memaksimalkan akting, juga menguji kemampuan merangkai kata di skenarionya, agar tetap menarik bagi penontonnya. Concept-wise gw suka sama film ini, cukup berani sekalipun berisiko, dan ternyata isinya daily life banget, nggak lebay.

Tapi execution-wise, gw merasa film ini ya...monoton. Bukan dari aktingnya, bukan dari seting-nya, bukan juga dari tata kamera dan editingnya yang susah payah gerak sana-sini biar gambarnya variasi. Tapi bunyi teleponnya itu loh. Baru selesai, kring kring lagi. Baru selesai, kring-kring lagi. Gak putus-putus, kayak gak ada jeda ampe capek nontonnya, padahal filmnya nggak sampe 90 menit. Kring kring lagi *deuh*

Jadi selain akting Tom Hardy--dan akting suara dari aktor-aktor lain, serta "niat baik" dari film ini, sorry to say gw kurang enjoy sama film ini. Kurang enjoy-nya emang nggak penting sih ya, tapi ya mau gimana lagi =p.



My score: 6,5/10


2 komentar:

  1. mas Ajirenji, kapan nih ngeluarin resensi film X-Men: Days of Future Past ???
    hehe, gak sabar nunggu postingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, mohon maaf karena satu dan lain hal review2 saya jadi telat semua, tapi pasti nanti bakal diposting sesuai antrean, hehe. Terima kasih sudah bersabar ya =)

      Hapus