WINNERS of the 86th Annual Academy Awards


Perhelatan Oscar tahun 2014 sudah berlangsung kemarin, dan kini saatnya mengoreksi tebakan gw tempo hari. Berikut ini adalah daftar lengkap pemenangnya, yang gw kasih tanda O artinya tebakan gw benar, dan X artinya salah. Huft *sedih*.




best picture
12 YEARS A SLAVE (O)
Hati sih sudah siap kalo salah tebak, ketika kayaknya Gravity yang bakal menang (which is gw bakal seneng banget), tapi yah apa boleh buat.



directing
GRAVITYAlfonso Cuarón (O)
Yeaaaaayy....finally....!! Setelah agak di-underappreciated di film Children of Men


actor in a leading role
Matthew McConaughey, Dallas Buyers Club (X)
Kayaknya ini pertama kalinya semua pemenang SAG Awards menang Oscar. Salah strategi gw...


actress in a leading role
Cate Blanchett, BLUE JASMINE (O)
Gampang ini mah.


actor in a supporting role
Jared Leto, DALLAS BUYERS CLUB (O)
Ini juga gampang.


actress in a supporting role
Lupita Nyong'o, 12 YEARS A SLAVE (X)
Yah, gakpapa lah, bagus kok.


animated feature film
FROZEN (O)
Akhirnya Disney dapet Oscar kategori ini.


cinematography
GRAVITY (O)
Congrats for Emmanuel "Chivo" Lubezki!! Yang seharusnya juga udah menang di The Tree of Life, tapi gakpapa, menangnya bareng Cuarón, great moment.



costume design
Kenapa gw nggak tebak The Great Gatsby?!! Kenapa?! *nyesel*


film editing
GRAVITY (X)
Gakpapa, senang sayah =)


makeup and hairstyling
DALLAS BUYERS CLUB (O)
Yeay bener.


original score
GRAVITY (O)
Yeay, so happy.


original song
"Let It Go" from FROZEN (O)
Yeay. Dan sambutan dari penulis lagunya, Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez lucu dan kompakan gitu.


production design
Kenapa gw nggak tebak The Great Gatsby?!! Kenapa?! *nyesel* *perulangan*



sound editing
GRAVITY (O)
Yaeyalah


sound mixing
GRAVITY (O)
Yaeyalah part 2


visual effect
GRAVITY (O)
Yaeyalah part 3


adapted screenplay
12 YEARS A SLAVE (O)
Yes, bener.


original screenplay
HER (O)
Yes, bener! Dan gw juga suka filmnya =).


foreign language film
THE GREAT BEAUTY, Italy (X)
Yah, salah...


documentary feature
20 FEET FROM STARDOM (O)
Tuh kan apa gw bilang. Opa-opa dan oma-oma Academy nggak mungkin milih yang bikin ngantuk.



documentary short
THE LADY IN NUMBER 6: MUSIC SAVED MY LIFE (X)
Ah damn. Gw lupa ngecek kalo ini film soal World War II holocaust survivor yang selalu jadi favorit Oscar.


animated short film
MR. HUBLOT (X)
Ya meneketehe.


live-action short film
HELIUM (X)
Should've. Guessed. The. One. With. The. Simplest. Title. Damn it!



Score: 16/24 (66,67%)

Jadi...tahun ini gw menyamai rekor terbaik gw seumur hidup di tahun 2009, yaitu tebakan benar hanya 2/3 saja. Tetapi dengan kemenangan Gravity dan Alfonso Cuarón yang signifikan, gw senang dengan hasil Oscar kali ini. Palingan agak nyesek di Best Picture, kirain Gravity bisa dapet juga, secara udah dapet di Directing dan Film Editing, tapi yah...apa bole buat.

Saya berjanji akan belajar lebih keras lagi dalam menebak. Doakan saya ya!

Anyway, untuk upacaranya sendiri menurut gw safe sekali. Lucu sih, Ellen DeGeneres emang menghibur, tetapi overall safe aja, nggak ada surprise. Surprise-nya mungkin ternyata P!nk nyanyinya nggak sambil gelantungan. Atau surprise bahwa John Travolta nggak bisa nyebut nama Idina Menzel dengan benar. Atau surprise bahwa Idina Menzel nyanyi lagu "Let It Go" dari Frozen temponya kejar-kejaran jelek gitu. Well, banyak juga ya suprise-nya, hehe. Pengaturan momen musikalnya kali ini juga oke menurut gw. Pharrell nyanyi "Happy" adalah yang the best di keseluruhan acara. Doi tampilnya di segmen pertama, jadi kesannya yang perform selanjutnya jadi just okay aja...termasuk U2.

Anyhow, The Oscars tetap pantas jadi panutan acara award-award-an yang menghibur tapi nggak ngelantur, dengan tata panggung yang keren, skrip yang baik, dan presenter nominasi yang nggak centil bilang "siapa hayo kira-kira pemenangnya...?". Di TV nasional, siaran tunda (banget) The Oscars 2014 akan ditayangkan jaringan Kompas TV hari Rabu, 5 Maret 2014 jam 22.00. Kenapa baru hari Rabunya, well mungkin kerena bikin teks terjemahannya dan nge-blur belahan-belahan dada wanita di dalamnya butuh waktu =p. Heh, masih mending ada yang nayangin.

Komentar

  1. Reviewnya selalu menyenangkan berasa lgi cerita disamping gw

    BalasHapus

Posting Komentar