Jumat, 21 Maret 2014

[Movie] Mr. Peabody & Sherman (2014)


Mr. Peabody & Sherman
(2014 - DreamWorks Animation/20th Century Fox)

Directed by Rob Minkoff
Screenplay by Craig Wright
Based on the series produced by Jay Ward
Produced by Denise Nolan Cascino, Alex Schwartz
Cast: Ty Burrell, Max Charles, Ariel Winter, Stephen Colbert, Leslie Mann, Stanley Tucci, Allison Janney, Patrick Warburton, Lake Bell


Studio DreamWorks Animation--yang katanya saingan berat Pixar, saking banyak banget ngeluarin film, gw termasuk orang yang hanya mengikuti "separuh" dari film-film mereka. Mungkin ini disebabkan dulu awal-awal, DreamWorks pernah mengeluarkan Shrek yang keren, tapi juga ngeluarin Shark Tale yang yaelah-gitu-amat. So yeah, gw suka sama masterpiece mereka seperti Kung Fu Panda dan How to Train Your Dragon, dan The Croods tahun lalu juga oke banget, tapi jadi menghindari rilisan mereka yang gw prasangkakan (which seharusnya tidak boleh dilakukan seorang pecinta film *whatever*) cuma buat lucu-lucuan doang. Contohlah Madagascar, Monsters vs Aliens, Megamind, sampe Turbo tahun lalu, apalagi review-review yang gw percaya nggak ada yang bilang mereka "great". Mr. Peabody & Sherman mungkin adalah satu "kecolongan" gw. Ini film yang cukup mahal ternyata, dan cukup ambisius juga, tapi buat gw ini bukan pula karya great dari DreamWorks.

Apa ya...? Filmnya lucu sih lucu, gambarnya juga alus enak diliat, tapi ya udah gitu aja. Menarik sih dengan cerita tentang anjing jenius dan anak manusia berpetualang ke peristiwa-peristiwa penting di masa lalu untuk belajar sejarah secara langsung, bahkan jadi ikrib beut sama Leonardo Da Vinci di abad ke-16. It's suppose to be interesting, dan memang demikian. Cuma buat gw film ini mulai kehilangan arah di--istilahnya--third act, walaupun gw ngerti itu disengaja supaya ramai dan seru dan semua orang nimbrung di satu tempat dalam waktu bersamaan dan melakukan hal-hal absurd. Atau bahkan mungkin sudah kehilangan sejak first act, karena gw tidak melihat kelebihan dari ikatan ayah-anak (angkat) dari Mr. Peabody dan Sherman yang beda spesies itu. Emotional impact-nya hampir nggak ada, dan udah gitu aja.

Tapi kalau cuma cari lucu, ya filmnya emang lucu. Beberapa joke-nya mungkin terlalu pintar--seperti kepintaran Mr. Peabody--tetapi beberapa parodinya sukses bikin gw nyengir, seperti Mr. Peabody yang terlalu pintar untuk berperilaku layaknya "good dog", atau gayanya Da Vinci yang bertengkar dengan si model lukisan Monalisa. Dan visualnya menyegarkan mata, dengan beberapa setting yang dirancang oke, seperti New York modern, Paris zaman Louis XVI, Mesir Kuno, Italia zaman renaisans, sampai Troya. Beberapa selipan pengetahuannya pun menurut gw cukup menarik dan bisa jadi merangsang anak-anak untuk menambah pengetahuan sejarah dunia (kecuali orang tuanya agak-agak anti-Barat dan menolak tulisan sejarah "versi kapitalis" =p). Too bad, sisanya lemah, kebanyakan tetek bengek parodi dan cameo kali ya--which is bukan alasan juga sih jika melihat The Lego Movie bisa mengaturnya dengan baik.



My score: 6,5/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar