Rabu, 22 Januari 2014

[Movie] Devil's Due (2014)


Devil's Due
(2014 - 20th Century Fox)

Directed by Matt Bettinelli-Olpin, Tyler Gillett
Written by Lindsay Devlin
Produced by John Davis
Cast: Zach Gilford, Allison Miller, Sam Anderson, Roger Payano, Vanessa Ray


Yup, lagi-lagi gw nonton film horor, tentu saja di luar keinginan gw, hehe. Dan menurut gw kata "lagi-lagi" itu tidak hanya berlaku bagi gw nonton film-film horor dalam waktu yang berdekatan, tetapi kenyataan bahwa Devil's Due ini punya banyak kesamaan dengan film horor yang gw tonton sebelumnya, Paranormal Activity: The Marked Ones. Sampe gaya penuturan found-footage-nya segala. Gw bahkan nggak habis pikir gimana itu para distributor Hollywood merilis dua film dengan isi dan bentuk serupa dalam waktu berdekatan kayak gini dan masing-masing berharap sukses dan nggak dibanding-bandingkan *terus inget Deep Impact dan Armageddon*.

But anyway, gambaran singkat dari Devil's Due adalah Rosemary's Baby in found-footage style. Gambaran ini sedikit banyak sudah membongkar film ini secara luar dalam, udah jelas arahnya ke mana karena udah nggak ada lagi yang musti dirahasiakan. Kalaupun nggak tau tentang Rosemary's Baby, dari judul, poster, dan promo Devil's Due ini pun udah ketahuan isinya gimana. Film ini tentang kehamilan seorang wanita namun ternyata bayinya adalah iblis, lalu selama hamil sang ibu berkelakuan aneh dan punya kekuatan-kekuatan yang ngeri, dan ada hubungannya dengan ritual-ritual klenik oleh sekelompok orang dengan lambang-lambang khas mereka. Jadi kenapa coba harus ditonton?

That is a good question. Kenapa harus ditonton? Gw bilang sih film ini nggak harus ditonton *ngatur*. Wong udah tau ceritanya entar kayak gimana, endingnya kayak gimana. Gaya found-footage pun lama-lama jadi usang (ini sih karena terlalu berdekatan nonton film sejenis), dan beneran deh penataan kameranya saking "realistis"-nya sampe bikin gw mual dan gelegekan berulang-ulang. Atau karena pas nonton gw duduk agak depan. Atau karena emang lagi maag atau masuk angin. Apapun itu, gw merasa nggak nyaman menyaksikan film ini. Emang sih, nggak selamanya sudut pandang film ini memakai satu kamera dari satu tokoh doang, kepake juga beberapa kamera CCTV yang untungnya lebih stabil, mirip sama yang dilakukan film Chronicle. Tapi, ya kalau mau nonton harap diwanti-wanti aja bagian ininya. 

Gw pun bingung mau bilang sukanya sama film ini apa. Ceritanya terlalu familiar, terlalu jelas bahkan sebelum nonton filmnya, gambarnya nggak enak, dan sebagai film horor dia nggak serem. Ngagetin pun enggak. Apa mungkin teknik found-footage sudah tidak lagi menambah kengerian film horor? Gw nggak bisa jawab, karena bukan pemerhati horor. Atau mungkin tujuannya emang bukan supaya serem? Terserahlah. Tapi gw akui filmnya sendiri cukup pintar membawa gw untuk tetep ngikutin ceritanya sampe tahu ending-nya dibuat seperti apa. Udah bisa kira-kira tapi tetep penasaran, boleh jugalah caranya si yang bikin film.



My score: 5/10

4 komentar:

  1. januari ini gue belum berniat ke teater buat nonton, dan sekarang tibanya gue niat, googling film yang justru derekomendasikan ternyata reviewnya gak begitu oke. jadi urung *nunduk. haha oke deh. *googling lagi, gak tertarik film indo T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak perlu terpaku sama pendapat saya. seperti saya bilang, walau agak basi, tapi kalau udah nonton, Devil's Due ini tetep bikin penasaran sampai akhir =)

      Hapus
  2. hahaha...film sampah. Ngabisin waktu 1,5 jam hanya untuk film ini. Bad Recomendation.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, yah emang kurang istimewa sih ya.

      Hapus