Rabu, 13 November 2013

[Movie] Thor: The Dark World (2013)


Thor: The Dark World
(2013 - Marvel Entertainment/Walt Disney)

Directed by Alan Taylor
Screenplay by Christopher Yost, Christopher Marcus, Stephen McFeely
Story by Don Payne, Robert Rodat
Based on the comic book series "Thor" by Stan Lee, Larry Lieber, Jack Kirby
Produced by Kevin Feige
Cast: Chris Hemsworth, Natalie Portman, Tom Hiddleston, Anthony Hopkins, Christopher Eccleston, Stellan Skarsgård, Kat Dennings, Jaimie Alexander, Idris Elba, Ray Stevenson, Zachary Levi, Tadanobu Asano, Rene Russo, Adewale Akinnuoye-Agbaje, Chris O'Dowd


Selain The Avengers, gw sampai sekarang belum sampai pada tahap "segitunya" sama film-film dari Marvel yang dunianya saling sambung menyambung dengan sebutan Marvel Cinematic Universe itu. Tetapi, kalau mau diurutkan, film Thor di tahun 2011 adalah yang paling menghibur gw. Sebenarnya nggak "segitunya" banget sih, cuma mungkin karena identitas Thor itu unik daripada superhero lainnya, serta dulu gw nggak terlalu berekspektasi yang gimana-gimana sama filmnya, alhasil, gw merasa filmnya lucu, punya karakter-karakter yang mudah diingat, pokoknya terhibur lah. Nah, sekuelnya tentu tak terhindarkan. Dengan demikian, si Thor jadi superhero Marvel paling eksis karena muncul di tiga film dalam tiga tahun berturut-turut, yaitu Thor di tahun 2011, The Avengers tahun 2012, dan kini Thor: The Dark World di 2013.

Penjelasan sedikit, Thor itu diambil dari tokoh mitologi bangsa Norse (Skandinavia dan sekitarnya), Thor sang dewa petir yang tinggal di khayangan bernama Asgard (serta asal usul nama hari Kamis, Thursday). Tapi, Thor versi Marvel di sini nggak bisa disebut "dewa" juga, mereka lebih ke makhluk sakti yang berumur jauh lebih panjang dari manusia bumi, serta punya kekuatan-kekuatan ajaib. Bisa mati juga, intinya sih gitu. Thor (Chris Hemsworth) adalah putra mahkota kerajaan Asgard, namun tahta itu selalu pengen direbut oleh saudara angkatnya, Loki (Tom Hiddleston) si dewa kejahatan, dan di sisi lain Thor terlalu dalam menambatkan hatinya pada seorang gadis Bumi, Jane Foster (Natalie Portman), sehingga ia masih ragu menerima tahta dari sang ayah, Odin (Anthony Hopkins).

Setelah Loki dipenjarakan karena mengacaukan Bumi di film The Avengers, kerajaan Asgard kedatangan musuh lama, kaum Dark Elves. Sang pemimpin, Malekith (Christopher Eccleston) yang sempat dikalahkan oleh kakeknya Thor bernama Bor *tanpa awalan nge-*, kini kembali bangkit untuk menciptakan kegelapan di The Nine Realms--sembilan dimensi yang saling terhubung yang dikuasai Asgard, termasuk Bumi. Untuk melancarkan rencananya, Malekith membutuhkan sebuah zat kegelapan berkekuatan dahsyat bernama Aether yang tersembunyi entah di mana.

Bagian "entah di mana" adalah aba-aba buat keterlibatan duo fisikawan, Jane Foster dan Dr. Erik Slevig (Stellan Skarsgård), yang sejak di film Thor pertama dan di The Avengers memang meneliti tentang keberadaan dimensi lain dan portal penghubungnya. Dalam sebuah permainan takdir, zat Aether "memanggil" Jane dan masuk ke dalam tubuhnya. Thor pun segera membawa Jane ke Asgard, selain untuk dikenalin ke orang tuanya *cieee*, juga untuk membebaskan Jane dari Aether yang semakin menggerogotinya. Namun, itu juga berarti Jane diincar oleh Malekith. Malekith pun berhasil memorakporandakan Asgard demi mendapatkan Jane dan Aether itu. Melihat musuh yang begitu kuat dan tangguh, Thor pun Loki untuk bersama-sama mengalahkan Dark Elves. Meski awalnya sulit, Loki akhirnya dapat dibujuk. Tetapi aaa-paa-kaah *nada Feni Rose* Loki benar-benar berpihak pada Thor dan kemaslahatan Asgard serta The Nine Realms?

Kalau mau straitght-to-the-point, gw bilang Thor: The Dark World juga masih belum "segitunya", maksudnya nggak sampe bikin gw wow gitu. Jika dikaitkan dengan film Thor pertama, gw juga merasa film yang ini tidak sampai semenghibur itu, khususnya dari segi humor dan karakterisasi. Masih lucu sih, tapi tidak se-unexpected di film pertamanya. Karakter-karakter yang di film pertama cuma "gitu doang" porsinya, di film yang kedua ya tetep "gitu doang". Visual effect-nya pun tidak berkembang signifikan. Tetapi, harus diakui bahwa Thor: The Dark World itu cukup seru dengan lebih banyak adegan perang dan hancur-hancurannya (walaupun klimaksnya agak sedikit chaos ya), serta punya desain visual yang lebih variatif, khususnya pada bentuk rupa kaum Dark Elves. Makeup-nya keren, suka deh.

Tetapi, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, harus diakui secara massal bahwa bintang film ini lagi-lagi dicuri Tom Hiddleston sebagai Loki. Loki, tetap misterius, licik, humornya pahit, tetapi menyimpan emosi campur aduk, semuanya ditampilkan dengan sempurna oleh Hiddleston, dari gestur, tatapan, sampe ke intonasi dan artikulasi ucapannya. Chris Hemsworth malah makin nggak menarik karena tokoh Thor-nya juga tidak mengalami perubahan drastis seperti pada film pertama, biasa aja. In the end of the film, gw jadinya lebih menantikan kelanjutan nasib Loki daripada nasib Thor yang udah nggak bandel lagi itu. Oh, menantikan juga film yang cuplikannya ada di mid-credit film ini, hehe.



My score: 6,5/10

2 komentar:

  1. Ta-daaaaa!

    Kostum & propertinya keren! Gwe suka topengnya prajurit Dark ELves sama rambutnya MaLekith.. Ada yang bisa ajarin gwe bikin kepangan kaya' gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tadaaa. Nanti ke salon aja sambil nunjukkin foto kepangan Malekith =P

      Hapus